Tips Desain Kartu Nama untuk Hasil Cetak Terbaik

Tips Desain Kartu Nama untuk Hasil Cetak Terbaik

Kartu nama menjadi salah satu tool bisnis yang sering digunakan oleh para profesional maupun bisnis untuk memperkenalkan bisnis atau perusahaannya. Meski kartu nama kini sudah terlihat jadul, kartu nama ini tetap menjadi hal penting yang sangat berguna bagi para profesional untuk membuka percakapan bisnis hingga meninggalkan kesan profesional bagi lawan bicara atau penerima kartu nama.

8 Contoh Kartu Nama Sesuai Kebutuhan Masing-Masing

Agar tidak hanya menjadi selembar kertas kecil, Anda harus bisa memberikan desain kartu nama yang menarik, sehingga penerima kartu akan terkesan dan senang hati untuk menyimpannya. Tapi tahukah Anda bagaimana desain kartu nama yang baik dan bisa memberikan kesan bagi penerimanya? Di bawah ini adalah tips desain kartu nama yang bisa memberikan kesan berkelas dan sayang untuk dibuang.

Berikan Informasi yang Jelas

Ukuran kartu nama yang kecil sering membuat perusahaan harus memilih informasi penting yang harus dimasukkan di dalam kartu nama. Anda sebagai pemilik perusahaan atau profesional harus bisa menentukan informasi apa saja yang akan ditulis pada kartu nama. Di mana, informasi tersebut harus dibuat sejelas mungkin sehingga mempermudah orang ketika ingin menghubungi Anda. Jadi, pastikan Anda memasukkan informasi penting saja seperti nama, jabatan, alamat email, nama atau logo perusahaan, alamat, nomor telepon kantor, handphone, dan situs perusahaan.

Gunakan Desain yang ‘Clear’ & Tidak Penuh

Agar kartu nama yang Anda buat terlihat lebih menarik dan membuat penerima menyimpannya, pastikan Anda membuat desain visual yang menarik. Anda bisa coba menambahkan gambar yang merepresentasikan profesi atau bisnis Anda. Misalnya, jika Anda menjalankan usaha travel, maka cantumkan icon wisata yang sedang tren, atau jika Anda adalah seorang pengusaha bakery, Anda bisa menambahkan elemen baking.

Namun, pastikan Anda tidak menutup sisi kartu nama dengan full desain. Cobalah buat desain yang ‘clean’, simple, dan minimalis agar tetap terkesan profesional. Beri ruang kosong atau white space agar desain kartu nama tidak terlalu penuh. Usahakan juga Anda tidak mencetak sisi belakang agar mempermudah Anda atau penerima kartu untuk memberikan tambahan informasi penting yang belum tercetak.

Pilih Bahan Berkualitas

Selain desain dan tampilan kartu nama, tekstur dan bahan kartu nama juga sering diperhatikan penerima kartu nama. Semakin baik kualitasnya, semakin bagus juga kesan yang diberikan Anda atau perusahaan di mata orang lain.. Biasanya kertas terbaik untuk kartu nama adalah jenis kertas linen. Meski harganya lebih mahal, tetapi bisa memberikan hasil cetak dengan kualitas terbaik. Selain kertas, Anda juga bisa memanfaatkan banyak bahan berkualitas seperti plastik mika, kayu, atau lempengan besi tipis. Namun, perlu diketahui semakin bagus bahan yang Anda gunakan, semakin besar juga biaya yang harus Anda keluarkan. 

Baca Juga: Jenis Kertas untuk Cetak Kartu Nama Bisnis Berkualitas

Perhatikan Warna yang Dipilih

Desain kartu nama tidak luput dari pemilihan warna. Ketika Anda ingin mendesain kartu nama, cobalah untuk hindari penggunaan warna yang terlalu banyak, Anda cukup menggunakan satu warna atau kombinasi dua atau tiga warna saja. Karena semakin banyaknya warna yang Anda gunakan, semakin orang malas melihat atau membacanya.

Bukan hanya itu, kartu nama dengan penggunaan banyak warna juga bisa meninggalkan kesan kurang baik dan membuat bisnis terlihat kurang profesional. Jika Anda menjalankan bisnis di dunia seni, Anda bisa membuat kartu nama dengan gradasi warna dan latar belakang yang menampilkan sisi seni Anda. Namun, ketika Anda adalah seorang public figure, Anda bisa membuat kartu nama dengan karikatur yang menarik. Cobalah pikirkan ide-ide unik yang bisa membuat orang untuk melihat dan menyimpan kartu nama Anda.

Tentukan Jenis Font yang Digunakan

Font dalam kartu nama juga menjadi elemen penting yang harus Anda perhatikan ketika ingin membuat desain kartu nama bisnis. Ada banyak jenis font yang bisa Anda pilih dan gunakan untuk membuat kartu nama, namun pastikan Anda tidak menggunakan lebih dari 2 font. Anda bisa coba menggunakan maksimal 2 font, satu font untuk headline dan satu font lainnya untuk body copy atau teks informasi. Pilih juga font yang mudah dibaca, sehingga membuat penerima kartu nama tidak sulit menerima informasi yang ingin Anda berikan pada kartu nama. Perhatikan juga ukuran font dan warna font yang akan Anda gunakan. 

Baca Juga: 13 Font untuk Kartu Nama yang Cocok untuk Desain Apapun

Itulah beberapa tips desain kartu nama yang bisa Anda perhatikan ketika ingin membuat dan mendesain kartu nama. Setelah Anda berhasil membuat desain kartu nama sesuai dengan apa yang diinginkan, Anda bisa mencetaknya dengan mudah, dari mana saja dan kapan saja lewat kartunama.net.

Namun, bagi Anda yang kesulitan membuat desain kartu nama sendiri, di kartunama.net, Anda bisa memilih berbagai macam template yang sudah disediakan dan bisa disesuaikan dengan bisnis yang Anda jalankan. Selain mempermudah desain dan pembuatan kartu nama, di kartunama.net Anda juga tidak perlu khawatir masalah kualitas cetak kartu nama yang akan didapatkan. Karena, kartunama.net menggunakan bahan dan mesin cetak yang berkualitas. Jadi tunggu apalagi? Buktikan sekarang juga dengan mencetak kartu nama bisnis Anda sekarang juga di kartunama.net.

0 responses