5 Standar Ukuran Kartu Nama di Seluruh Dunia

5 Standar Ukuran Kartu Nama di Berbagai Negara di Dunia

Salah satu tools marketing dan promosi yang paling dibutuhkan dalam berbisnis adalah kartu nama. Di mana, dengan adanya kartu nama, Anda sebagai pebisnis bisa dengan mudah melakukan networking, bertukar informasi, sekaligus melakukan promosi bisnis. Dengan adanya kartu nama juga, pelanggan bisa dengan mudah menghubungi bisnis ketika mereka membutuhkan. Biasanya, kartu nama ini memiliki berbagai informasi mulai dari nama lengkap, alamat bisnis, website, nomor telepon dan handphone, email, hingga informasi penting lainnya tentang bisnis.

Baca Juga: 5 Contoh Kartu Nama Sesuai Kebutuhan Masing-Masing

Di era digital seperti saat ini, banyak juga pemilik bisnis yang memanfaatkan fitur QR Code yang bisa mengarahkan penerima kartu nama langsung ke informasi menarik lain seperti alamat website, hasil karya, dan sebagainya.

Ketika Anda mencetak kartu nama, selain memerhatikan jenis kertas, Anda juga harus mengetahui ukuran kartu nama yang ideal yang cocok Anda berikan kepada partner bisnis atau pelanggan. Bukan hanya kertas yang memiliki banyak jenis, ukuran kertas untuk mencetak kartu nama ini ternyata juga beragam. Biasanya ini semua bisa disesuaikan dengan apa yang Anda inginkan atau sesuai standarisasi percetakan.

Baca Juga: Jenis Kertas untuk Cetak Kartu Nama Bisnis Berkualitas

Selain itu, ukuran kartu nama juga bisa dibedakan berdasarkan negara. kartu atau juga sesuai keinginan si pembuat kartu nama. Ukuran kartu nama bahkan bisa dibedakan berdasarkan negara-negaranya. Di bawah ini kartunama.net akan menjabarkan beberapa ukuran kartu nama yang bisa Anda pilih dan ideal untuk diberikan ke partner Anda.

Indonesia

Ukuran Standar Nasional Indonesia adalah 9 x 5.5 cm atau 90 x 55 mm. Meski telah ada standarnya, Anda tetap bisa mencetak dengan ukuran lain. Karena standar ini tidak menjadi keharusan bagi Anda yang ingin mencetak kartu nama. Selain digunakan di negara Indonesia, ukuran ini juga digunakan untuk ukuran standar kartu nama di negara lain seperti Australia, Denmark, New Zealand, Taiwan, Vietnam, India, Swedia, dan negara lainnya. Jadi, apakah kartu nama yang sekarang ada pada Anda sudah sesuai SNI?

Jepang

Di negara Jepang, ukuran standarnya hanya berbeda 1 mm dengan ukuran standar Indonesia, yaitu 91 x 55 mm. Karena hanya berbeda sedikit, biasanya kartu nama standar Jepang dan Indonesia tidak akan terlihat perbandingannya. Untuk membuktikannya, Anda bisa coba cek partner bisnis Anda asal negara Jepang. Saat ini banyak sekali orang Jepang yang bekerja atau melakukan bisnis di negara tercinta Indonesia.

Benua Asia

Meski Indonesia berada di benua Asia, ternyata ukuran kartu namanya tidak sama dengan negara di beberapa benua Asia. Meski berbeda, perbedaan ukuran negara Indonesia dengan negara di benua Asia hanya lebih pendek 1 mm, yaitu 90 x 54 mm. Kartu nama dengan ukuran ini bisa Anda temukan di negara Singapura, Hongkong, Tiongkok, dan Malaysia. Ukurannya hampir sama dengan standar Indonesia, sehingga ketika dicetak, Anda juga tidak akan memerhatikan perbedaan kedua ukuran kartu nama negara ini.

Benua Eropa

Negara di benua Eropa memiliki standar ukuran kartu nama seperti kartu kredit, yaitu 85 x 55 mm. Di mana, standar kartu kredit internasional harus memiliki sudut melingkar dengan ketebalan tertentu. Kartu nama dengan standar Eropa ini bisa Anda temukan di negara seperti United Kingdom, Belanda, Swiss, Belgia, Portugal, Turki, Italia, Prancis, Spanyol, dan negara Eropa lainnya.

Benua Amerika

Benua Amerika juga memiliki standar tersendiri untuk ukuran kartu namanya yaitu 51 x 89 mm atau 2 x 3.5 inchi. Bukan hanya di benua Amerika, kartu nama ini juga sering digunakan di negara lainnya seperti Sri Lanka, Republik Ceko, Bulgaria, Mexico, Korea Selatan, Finlandia, Rusia, Afrika Selatan, Argentina, Brazil, Kroasia, Polandia, dan masih banyak lagi, khususnya Amerika Latin.

Itulah beberapa ukuran standar yang bisa jadi acuan sekaligus alternatif bagi Anda yang ingin mencetak kartu nama bisnis. Meski tidak ada aturannya untuk mencetak kartu nama dengan ukuran standar di atas, Anda tetap bisa memerhatikan tingkat kenyamanannya, terutama ketika harus membawa kartu nama tersebut dan ketika akan diberikan kepada pelanggan ataupun partner bisnis.

Di mana, kartu nama yang terlalu besar akan mempersulit Anda ketika memberikan kartu nama, sedangkan kartu nama terlalu kecil juga akan sulit dibaca. Sehingga, pesan atau informasi yang ingin disampaikan tidak bisa diterima dengan baik. Hal ini tentu akan memengaruhi kredibilitas bisnis sekaligus Anda sebagai pemilik bisnis. 

Bagi Anda yang masih bingung menentukan jenis kertas ataupun ukuran kartu nama, Anda bisa melakukan konsultasi secara langsung dengan tim kartunama.net. Selain melakukan konsultasi, kartunama.net juga bisa menyediakan berbagai pilihan template kartu nama yang bisa Anda gunakan secara gratis. Setelah Anda menentukan desain yang dipilih dan mengisi seluruh informasi di dalam kartu nama, Anda juga bisa mencetaknya dengan mudah di kartunama.net.

Dengan kartunama.net, Anda tidak perlu keluar rumah atau kantor hanya untuk mencetak, karena semuanya bisa dilakukan kapan dan di mana saja secara online. Jadi tunggu apalagi? Cetak kartu nama bisnis Anda sekarang juga di kartunama.net.

0 responses