7 Peluang Bisnis yang Bisa Dimanfaatkan Menjelang Hari Kartini

7 Peluang Bisnis yang Bisa Dimanfaatkan Menjelang Hari Kartini

Setiap tanggal 21 April Indonesia memeringati Hari Kartini. Pada tanggal tersebut masyarakat Indonesia merayakan sekaligus memberi penghargaan terhadap perjuangan para wanita Indonesia. Hari Kartini juga merupakan hari lahir perempuan hebat bernama Raden Ajeng Kartini yang mampu menjadi inspirasi bagi perempuan Indonesia lainnya untuk mampu sebagai wanita kuat dan mandiri. Banyak kemeriahan yang dapat ditemukan saat Hari Kartini. Seperti, sekolah yang menyelenggarakan upacara hingga perlombaan khusus. Dari hal tersebut, daripada Anda hanya melihat kemeriahannya saja, Anda bisa memanfaatkan momen tersebut sebagai peluang bisnis. Berikut beberapa peluang bisnis yang bisa dimanfaatkan menjelang Hari Kartini.

Jasa Penyewaan Pakaian Adat

Di Hari Kartini, ada banyak perayaan yang akan ditemui baik di lingkungan rumah, sekolah, kantor, dan lainnya. Perayaan ini biasanya diisi oleh kartini masa kini, mulai dari anak-anak, remaja, hingga dewasa. Bahkan, beberapa sekolah ataupun instansi kerap kali diminta menggunakan pakaian adat untuk mencerminkan wanita yang mencintai budaya. Bukan hanya wanita saja, namun laki-laki juga ikut berpartisipasi dalam perayaan ini.

Namun, tak semua orang memiliki pakaian adat masing-masing. Karena, seperti yang diketahui pakaian adat mematok harga yang cukup mahal, dan kuantitas pemakaiannya juga jarang. Maka, tak banyak orang yang akan membeli sendiri pakaian adat. Namun, mereka cenderung menyewa pakaian adat di waktu yang diperlukan saja. Maka, penyewaan pakaian adat merupakan salah satu peluang bisnis yang bisa Anda lakukan untuk menambah penghasilan.

Jasa Rias Wajah (Make-Up Artist)

Setelah mengenakan pakaian adat, tidak sedikit pasti para Kartini muda ingin terlihat lebih cantik lagi. Maka, dibutuhkan sedikit riasan wajah yang akan membuat tampilannya lebih menawan lagi. Beberapa orang mungkin sudah cukup repot dengan menyiapkan keperluan acara, sehingga tidak ada waktu untuk merias wajah sendiri. Selain itu, tak semua orang pandai merias wajah. Untuk Anda yang memiliki kemampuan di bidang ini, manfaatkanlah momen ini menjadi peluang bisnis Anda. Selain mendapat penghasilan lebih, Anda juga bisa meningkatkan skill Anda dalam rias wajah.

Baca Juga: Strategi Marketing yang Efektif untuk Meningkatkan Penjualan

Jasa Foto

Untuk Anda yang memiliki kemampuan di bidang fotografi, tidak ada salahnya Anda memanfaatkan Hari Kartini dengan menjual jasa memotret. Karena, biasanya setelah berpakaian adat lengkap dengan riasan wajah yang menawan, orang-orang akan mengabadikan momennya melalui foto-foto terbaik. Untuk memiliki foto terbaik, maka dibutuhkan fotografer yang mampu menangkap setiap momen. Maka bagi Anda yang memiliki kemampuan foto jangan sia-siakan peluang bisnis satu ini.

Pembuatan Piala

Biasanya Hari Kartini identik dengan kontes dan perlombaan. Mulai dari lomba mewarnai, menggambar, kontes pakaian adat dan riasan wajah, membaca puisi, hingga lomba menulis, dan masih banyak lagi. Dari perlombaan tersebut tentunya ada pemenang yang diapresiasi dengan diberi hadiah, salah satu hadiah biasanya diberi piala. Adanya kegiatan perlombaan di Hari Kartini bisa jadi salah satu alternatif peluang bisnis yang menguntungkan.

Dekorasi

Saat perayaan Hari Kartini banyak orang yang membutuhkan dekorasi untuk mendukung perayaannya agar berjalan dengan sesuai konsep. Jika Anda sudah menggeluti bisnis dekorasi ini, pasti akan merasakan pesanan yang banyak bahkan overload. Namun, jika Anda masih memikirkan bisnis apa yang dapat dilakukan menjelang Hari Kartini. Maka, menjadi vendor dekorasi adalah peluang bisnis yang bisa Anda manfaatkan. Selain itu, mengingat perayaan bukan hanya Hari Kartini saja, namun ada banyak perayaan-perayaan yang membutuhkan dekorasi. Bisnis ini bisa Anda jadikan bisnis jangka panjang yang menguntungkan.

Parsel

Kini memberi parsel pada hari besar dan perayaan menjadi salah satu tradisi masyarakat Indonesia. Biasanya parsel ini dapat ditemukan pada perayaan Idulfitri, Tahun Baru, Natal, ulang tahun, menjenguk orang sakit, dan juga pada hari Kartini. Adanya perayaan-perayaan tersebut, Anda dapat memanfaatkannya sebagai peluang bisnis parsel. Selain itu, ketika Anda membuat bisnis parsel, pastikan bisnis Anda berbeda dan diminati. Dengan mengkreasikan parsel yang biasanya berisi makanan atau buah-buah, Anda bisa menggantinya dengan baju, kosmetik, skin care, sepatu, dan barang-barang yang biasa dibutuhkan wanita.

Setelah Anda menentukan barang apa yang akan diisi dalam parsel, jangan melupakan tampilan parsel Anda. Buatlah tampilan menarik dengan beberapa tema pilihan, seperti rustic, shabby chic, dan sebagainya. Semakin unik parsel yang Anda buat, maka semakin banyak pula yang minat dengan parsel Anda.

Makanan dan Minuman

Salah satu yang paling sering dicari saat adanya perayaan, yaitu bisnis makanan dan minuman. Hal ini bisa Anda manfaatkan sebagai peluang bisnis dengan menjual makanan atau minuman di dekat lokasi perayaan. Usahakan jual cemilan berupa kue basah atau es buah. Untuk memulai bisnis ini, Anda tidak perlu membuka waralaba makanan atau minuman, Anda bisa langsung membeli barang di pasar. Jika Anda ingin lebih menguntungkan, Anda bisa membuatnya sendiri jika Anda memiliki kemampuan membuat masakan.

Itulah beberapa peluang bisnis yang bisa Anda terapkan menjelang hari Kartini. Jika Anda menjalankan bisnis dengan sungguh-sungguh, dan terus berkembang setiap harinya. Maka, pastikan bisnis Anda, menjadi bisnis yang profesional. Agar bisnis Anda terlihat lebih profesional, maka buatlah kartu nama bisnis Anda sendiri. Selain itu, kartu nama dapat Anda gunakan sebagai media promosi bisnis ke orang yang Anda temui nantinya. Dengan kartu nama lah kamu bisa mendapatkan pelanggan dengan mudah. Kini, Anda bisa membuat kartu nama sendiri dengan mudah dan cepat melalui online. Segera konsultasikan kartu nama Anda dengan kartunama.net. Dapatkan kartu nama bisnis Anda dengan desain kualitas baik hanya di kartunama.net.

0 responses