Peluang Bisnis Kekinian, Cocok Bagi Generasi Milenial

Sebelum memulai pembahasan, apakah Anda sudah mengetahui apa itu generasi milenial? Ya, generasi milenial ini biasa disebut generasi Y yang berisi orang-orang kelahiran tahun 1985 hingga 1995. Saat ini generasi milenial sudah mulai mendominasi di berbagai pekerjaan dan organisasi. Biasanya, generasi milenial ini cenderung lebih aktif dan memiliki pola komunikasi yang terbuka, serta tidak dapat dipisahkan dengan teknologi. Hal ini dikarenakan, generasi milenial tumbuh dengan perkembangan teknologi yang setiap hari terus berkembang.

Kini teknologi sudah semakin canggih, sebelumnya seseorang yang ingin mengirim surat butuh waktu berhari-hari untuk sampai dan dibaca penerimanya. Namun, sekarang sudah banyak aplikasi yang memudahkan komunikasi yang dapat diakses dengan satu sentuhan saja. Adanya kemajuan teknologi yang berkembang secara pesat ini membuka banyak kesempatan untuk Anda yang ingin memulai bisnis kecil tanpa mengeluarkan modal besar. Apalagi, untuk generasi milenial yang sudah terbiasa dengan teknologi sejak masa kecilnya, maka membuat bisnis dengan memanfaatkan teknologi bukan hal yang sulit untuk para milenial. Untuk Anda generasi milenial yang ingin memiliki bisnis, berikut beberapa bisnis kekinian yang cocok untuk milenial.

Fotografi

Jika Anda memiliki hobi bahkan passion di bidang fotografi, maka membuka bisnis fotografi adalah hal tepat. Saat ini, banyak orang yang membutuhkan jasa fotografi, baik untuk bisnis mereka, pekerjaan, maupun pribadi seperti halnya foto keluarga, foto pre wedding, dan sebagainya.

Untuk memulai bisnis ini, Anda hanya perlu kamera pribadi dan insting estetika fotografi. Maka dari itu, mulailah buat portfolio fotografi Anda dengan beberapa objek yang memang menjadi fokus bisnis fotografi Anda nantinya. Contohnya, ketika Anda ingin membuka jasa fotografi makanan, maka Anda dapat mengambil objek foto makanan dari beberapa angle untuk dijadikan portfolio. Lalu, Anda dapat mengunggah hasil foto Anda di media sosial sebagai tempat hasil karya Anda disimpan. Jika sudah dipublikasi melalui media sosial, tentu banyak orang yang akan tahu jasa yang Anda tawarkan, dan membuka peluang untuk Anda dihubungi dengan restoran yang membutuhkan jasa Anda.

Tour Guide

Bagi Anda yang tinggal di dekat area pariwisata pasti sudah tidak asing lagi bukan dengan tempat-tempat favorit di sekitar? Hal ini bisa jadi kesempatan untuk Anda melakukan bisnis. Banyak orang yang melakukan perjalanan ke tempat wisata yang masih kebingungan dengan lokasi yang akan mereka kunjungi. Maka, Anda bisa menawarkan jasa untuk menjadi guide para turis untuk berkunjung ke beberapa tempat wisata yang menarik. Selain bisa jalan-jalan sambil menemani orang, Anda bisa mendapat penghasilan besar tanpa harus mengeluarkan modal besar.

Baca Juga: 7 Strategi Bisnis Tour dan Travel yang Perlu Dipersiapkan

Untuk menjadi seorang tour guide, Anda hanya memerlukan skill public speaking yang cukup mumpuni, pengetahuan tentang area-area yang akan dikunjungi, dan juga sejarah menarik yang bisa Anda ceritakan kepada para pengunjung untuk membuat perjalanan wisata menjadi semakin menarik dan bermanfaat.

Content Creator

Bisnis kekinian satu ini sangat digandrungi dan tidak asing oleh generasi milenial, karena bisnis ini cukup mudah untuk dijalankan dan membutuhkan modal yang tidak banyak. Untuk menjadi seorang influencer atau content creator, Anda hanya perlu membuat konten yang menarik, baik dalam bentuk video maupun tulisan. Pekerjaan ini dapat dijadikan bisnis yang cukup menguntungkan karena jika Anda sudah memiliki pengikut dan engagement yang bagus, maka Anda bisa jadi dilirik para brand atau partnership untuk diajak bekerjasama dalam melakukan promosi. Selain itu, jika Anda memiliki bisnis sendiri, Anda dapat mempromosikan bisnis Anda dalam akun tersebut tanpa mengeluarkan uang promosi di tempat lain. Untuk menjadi seorang content creator dengan konten yang menarik, Anda dapat memulainya hanya bermodal gadget dan ide-ide yang menarik.

Jasa Titip (Jastip)

Kini traveling tetap bisa dapat pemasukan hanya dengan menawarkan jasa titip atau yang lebih dikenal jastip. Jasa titip merupakan salah satu bisnis kekinian yang dapat dilakukan oleh milenial, biasanya jasa titip ini menawarkan barang-barang yang tidak dijual di Indonesia. Bisnis jasa titip ini membutuhkan modal relatif kecil, namun tetap bisa meraup keuntungan yang cukup banyak. Selain itu, untuk pemasarannya cukup sederhana, Anda bisa menawarkan melalui media sosial atau teman-teman Anda sendiri.

Fashion Stylist

Maraknya OOTD (Outfit Of The Day) membuat para milenial memiliki selera fashion yang beragam. Untuk Anda yang menyukai fashion dan memiliki kemampuan sebagai fashion stylist, maka ini waktunya menunjukkan kemampuan Anda.

Kini banyak brand fashion lokal dari para desainer lokal yang membutuhkan penata gaya untuk memotret model agar foto produknya semakin menarik dan dapat menambah nilai jual. Sehingga, peran fashion stylist kini cukup penting dan bisa Anda jadikan bisnis kekinian bagi generasi milenial. Untuk memulai bisnis kekinian ini Anda hanya butuh membuat portfolio foto yang pernah Anda lakukan, jika belum ada Anda bisa mulai dengan memotret teman atau diri Anda dengan gaya yang diatur oleh Anda sendiri.

Itulah beberapa bisnis kekinian yang bisa Anda lakukan dan cocok untuk para milenial, namun walaupun bisnis yang dilakukan terbilang kecil, Anda tetap harus terlihat profesional dalam bekerja. Selain dengan kecakapan bekerja, untuk terlihat profesional Anda dapat membuat kartu nama bisnis Anda sendiri. Dengan memiliki kartu nama sendiri, Anda akan dinilai lebih profesional dan tepercaya oleh klien atau pembeli Anda.

Baca Juga: Peran Kartu Nama untuk Meningkatkan Personal Branding bagi Freelancer

Selain itu, kartu nama ini bisa Anda bagikan ke klien atau konsumen, yang mana tidak menutup kemungkinan kartu nama tersebut disimpan, atau diberitahu oleh orang-orang terdekatnya. Maka, memiliki kartu nama adalah hal penting yang perlu dimiliki. Namun, jika Anda belum memiliki kartu nama sendiri atau kehabisan, buatlah kartu nama Anda segera.

Kini, membuat kartu nama dapat dilakukan secara online melalui website, sehingga Anda tidak perlu khawatir ketika Anda kehabisan kartu nama. Dengan kartunama.net, Anda dapat memilih desain kartu nama yang sesuai keinginan Anda, atau Anda bisa membawa desain kartu nama Anda sendiri. Buat kartu nama bisnis Anda sekarang juga hanya di kartunama.net.