Perhatikan Materi & Desain yang Digunakan Sebelum Membuat Kartu Nama Perusahaan

Kartu nama adalah hal penting yang harus dimiliki oleh pebisnis guna untuk media promosi dan membangun relasi dalam bisnis. Dengan memiliki kartu nama, tentu membuat Anda terlihat sebagai seorang profesional. Selain itu, kartu nama juga dijadikan sebagai tanda pengenal dengan orang yang baru saja Anda kenal. Bahkan dengan memiliki kartu nama, bukan hanya Anda yang akan dikenal oleh banyak orang, tapi bisnis Anda juga akan mendapatkan kesempatan untuk lebih dikenal banyak orang.

Dengan memiliki kartu nama, Anda bisa menjalankan bisnis secara efektif dan mudah untuk mendapatkan relasi dengan memberikan kartu nama tersebut. Kartu nama merupakan hal penting yang harus dibawa kapanpun. Bagi Anda yang belum memiliki kartu nama dan ingin membuatnya, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar mendapatkan kartu nama bisnis yang sesuai dengan keinginan Anda. Simak selengkapnya di bawah ini.

Tentukan Materi yang Tepat

Mengingat bentuknya yang kecil, materi yang dimasukkan dalam kartu nama haruslah ringkas, informatif dan mudah dibaca. Materi umum yang biasanya dimasukkan saat membuat kartu nama yaitu berupa nama perusahaan, logo serta slogan, produk yang dijual, nama pemilik kartu, jabatan, alamat perusahaan, kontak yang bisa dihubungi, email, website, scan lokasi. Itulah materi yang biasanya tertera pada kartu nama, namun Anda tidak wajib untuk menampilkan informasi itu semua.

Dalam sebuah kartu nama sebaiknya Anda tidak memasukkan kata-kata maupun gambar yang tidak ada hubungannya dengan bisnis. Hal ini dilakukan untuk menjaga tampilan kartu nama tetap bersih dan elegan. Apabila, kartu nama Anda terlalu banyak tulisan dan gambar akan menimbulkan kesan tidak fokus dan tidak adanya profesionalisme bisnis.

Membuat Desain Kartu Nama

Setelah isi materi kartu nama sudah ditetapkan, hal penting lainnya yaitu membuat desain kartu nama. Desain terdiri dari berbagai unsur grafis mulai dari garis, warna, bidang, tekstur, dan ukuran. Selain itu, penggunaan gambar berupa foto dan jenis font juga termasuk dalam unsur desain.

Jika dilihat perkembangan tren desain saat ini, desain yang bagus biasanya simple dan minimalis, tidak terlalu banyak warna dan gambar namun tetap informatif. Kini dengan mudah Anda dapat mencari referensi desain kartu nama yang sesuai dengan keinginan Anda melalui internet. Agar kartu nama bisnis Anda tercetak sesuai keinginan Anda, ada baiknya perhatikan hal-hal ini ketika Anda berencana membuat desain kartu nama.

a. Bentuk Kartu Nama

Bentuk standar kartu nama biasanya persegi panjang, namun Anda tetap bisa bereksplorasi dengan bentuk lain seperti bentuk menyerupai produk, flora, fauna atau bentuk sesuai dengan selera Anda. Walaupun menggunakan bentuk unik, pastikan ukuran keseluruhan tidak lebih dari ukuran standar kartu nama yang ada.

b. Ukuran Kartu Nama

Ketika Anda membuat kartu nama bisnis, gunakanlah ukuran standar atau yang pas dimasukkan dalam dompet kartu. Karena biasanya kartu nama dibuat untuk ditumpuk dengan kartu nama lain, dan akan baru dibuka ketika mitra potensial Anda ingat bahwa Anda pernah bertemu dengan mereka. Maka, sesuaikan kartu nama Anda dengan ukuran standar yang mudah disimpan, biasanya ukuran standar kartu nama sekitar 88 x 53 mm dan 90 x 55 mm. Ukuran tersebut merupakan ukuran yang ideal dan pas untuk disimpan di kantong, dompet, dan tidak akan berantakan ketika ditumpuk.

Baca Juga: Etika Bertukar Kartu Nama yang Benar

c. Jenis dan Ukuran Font

Hindari menggunakan font yang rumit bentuknya, karena akan sulit untuk dibaca. Pilihlah font/huruf dasar seperti serif atau font lain yang mudah dibaca, font yang sederhana akan lebih mudah menyampaikan informasi. Selain itu, usahakan tidak menggunakan lebih dari tiga jenis font, agar penampilan kartu nama terkesan rapi dan profesional. Untuk ukuran font rata-rata yang bisa digunakan adalah 6-12 pt. Namun hal ini tergantung dengan jenis font yang dipakai dalam membuat kartu nama.

d. Penggunaan Gambar

Jika dalam kartu nama terdapat gambar, biasanya hal tersebut digunakan untuk menarik perhatian. Gambar di sini bisa berupa foto produk, gambar ilustrasi, maupun gambar logo. Penempatan gambar ini bisa sebagai gambar utuh atau dijadikan sebagai latar belakang kartu nama. Namun, biasanya kartu nama yang bagus hanya menggunakan gambar logo perusahaan saja. Hal ini dikarenakan untuk mempermudah konsumen dalam mengenal dan mengingat bisnis yang Anda tawarkan.

e. Penggunaan Warna

Warna yang bisa digunakan dalam kartu nama yaitu warna yang serasi antar warna lainnya, tidak terlalu kontras. Atau bisa juga warnanya memiliki kesesuaian dengan logo yang digunakan. Gunakanlah warna yang sederhana namun tetap menampilkan kesan istimewa saat melihat.

f. Tata Letak

Desain kartu nama saling terkait dengan tata letak, dengan meletakkan semua elemen yang ada agar terlihat harmonis, dengan proporsi yang pas, dan mampu memberi penekanan pada objek yang ditonjolkan. Pengaturan tata letak dalam membuat kartu nama bisa dibuat secara menyeluruh, baik depan maupun belakang. Karena, tak jarang kartu nama dibuat dua sisi. Biasanya bagian belakang dimanfaatkan untuk gambar produk, atau logo perusahaan dan peta lokasi mini. Dengan memanfaatkan semua sisi kartu nama ini akan menunjang efektivitas penyampaian pesan.

Itulah beberapa hal yang harus Anda perhatikan ketika ingin membuat kartu nama bisnis. Dengan memerhatikan beberapa hal di atas, Anda bisa memiliki kartu nama yang lebih berkualitas dan juga bisa membuat bisnis Anda lebih memiliki kredibilitas di mata pelanggan maupun rekan bisnis lainnya.

Bagi Anda yang ingin membuat kartu nama yang berkualitas dengan mudah, kapan dan di mana saja, Anda bisa membuatnya melalui online di kartunama.net. Hanya di kartunama.net, Anda bisa dengan mudah membuat kartu nama sesuai dengan desain yang Anda miliki ataupun menggunakan template yang sudah disediakan. Hanya dalam waktu 2 jam, kartu nama Anda sudah siap dikirim ke lokasi. Segera buat kartu nama di kartunama.net sekarang!