Strategi Marketing yang Efektif untuk Meningkatkan Penjualan

Strategi Marketing yang Efektif untuk Meningkatkan Penjualan

Marketing selalu identik dengan cara memasarkan atau mempromosikan suatu produk dengan tujuan meningkatkan penjualan, serta mendapat keuntungan. Kedua hal tersebut merupakan hal penting yang perlu dilakukan demi kegiatan bisnis yang berjalan dengan lancar. Namun, untuk memastikan penjualan yang terus meningkat bukanlah hal yang mudah. Sebagai pemilik bisnis, Anda harus memiliki standar kualitas produk maupun pelayanan produk, serta mengerti strategi marketing yang tepat. Karena, kemampuan marketing adalah hal penting untuk bisnis, jika tidak ada marketing yang efektif produk Anda belum tentu terjual dengan waktu yang cepat. Di bawah ini, kartunama.net akan memberikan beberapa strategi marketing efektif yang bisa diterapkan untuk bisnis Anda.

Pilih Lokasi yang Strategis

Lokasi adalah hal yang perlu Anda perhatikan saat membuka bisnis atau cabang baru. Usahakan memilih lokasi yang strategis, agar bisnis Anda dapat diakses oleh pelanggan lebih terbuka. Seperti strategi Holland Bakery yang membuka outletnya di jalan yang padat dan lalu lalang orang sangat tinggi.

Menentukan Target Pasar

Bisnis maupun perusahaan harus memiliki target pasar yang ingin dituju. Jika tidak adanya target pasar yang jelas, Anda akan bingung dalam menyebarkan promosi produk nantinya. Seperti contohnya, promosi yang dilakukan untuk meningkatkan penjualan make up. Maka, strategi marketing yang Anda lakukan yaitu melakukan promosi kepada perempuan. Jika target yang Anda tetapkan salah, maka akan berdampak buruk terhadap penjualan. Lain hal, jika Anda sudah melakukan riset terhadap pasar Anda, kemungkinan penjualan Anda meningkat dan keuntungan semakin tinggi.

Menggunakan Media Sosial

Di era digital saat ini, media sosial menjadi salah satu strategi marketing yang efektif. Karena, saat ini hampir semua orang menggunakan media sosial sebagai alat untuk berkomunikasi. Oleh sebab itu, karena biaya yang sangat murah dan memiliki pasar yang tinggi, membuat beberapa perusahaan berlomba untuk memiliki media sosial mereka. Masing-masing dari perusahaan memasarkan produk mereka dan menawarkannya melalui media sosial karena tingkat terjualnya produk melalui media sosial sangat tinggi. 

Buat Promosi yang Menarik

Saat ini hampir semua bisnis membuat promo untuk bisnisnya. Bentuk promosi yang biasa ditawarkan ke konsumen yaitu berupa potongan harga, diskon grosir, promo ulang tahun, dan sebagainya. Promo-promo ini tentu menguntungkan, baik untuk pelanggan maupun perusahaan. Secara tidak langsung, pelanggan yang menggunakan promo Anda akan terus melakukan pembelian pada produk yang Anda jual. Misalnya, Anda memiliki bisnis minuman, dan Anda membuat promo “pembelian minimal Rp35.000 gratis 1 minuman”. Dengan adanya promosi tersebut, pelanggan maupun calon pelanggan Anda tentu akan penasaran untuk membeli produk Anda.

Selain promosi diskon berupa potongan harga, Anda juga bisa melakukan promosi word of mouth. Tidak dapat dipungkiri, promosi melalui mulut ke mulut akan lebih dipercaya oleh orang-orang, dan dapat menyebar lebih cepat. Maka, lakukanlah promosi secara rutin dengan begitu Anda akan mendapatkan pelanggan baru setiap harinya.

Menjaga Loyalitas Pelanggan

Setelah memiliki banyak pelanggan, Anda perlu menjaga loyalitas pelanggan Anda. Hal ini bisa dilakukan dengan memberikan informasi mengenai promo terbaru bisnis. Maka, pastikan Anda memiliki alamat e-mail atau informasi kontak pelanggan Anda, agar memudahkan Anda dalam melakukan follow up lanjutan.

Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa pelanggan tetap cenderung lebih tertarik dan lebih cepat mengambil keputusan untuk membeli produk Anda, daripada pelanggan baru. Maka dari itu, menjaga hubungan baik dengan pelanggan tetap adalah hal penting yang harus dilakukan, agar loyalitas pelanggan terjaga.

Berkolaborasi dengan Influencer

Di era digital saat ini, Anda harus memanfaatkan media sosial sebagai strategi marketing bisnis Anda. Salah satunya yaitu dengan melakukan kolaborasi menggunakan influencer di media sosial. Untuk melakukan kolaborasi dengan influencer, Anda bisa mengirimkan produk Anda untuk direview oleh influencer. Karena, sebuah review dari influencer adalah salah satu strategi marketing untuk meningkatkan kredibilitas brand dan Anda akan mendapatkan kepercayaan dari para target audiens.

Memberikan Pengalaman Baru

Anda dapat memberikan pengalaman baru kepada pelanggan yang telah menggunakan atau membeli produk Anda sebagai strategi marketing Anda. Contohnya, jika Anda memiliki sebuah restoran, Anda bisa mengajak pelanggan untuk memasak bersama. Dengan begitu, orang-orang mungkin akan membicarakan produk Anda.

Memberikan Kartu Nama

Meski terlihat simpel dan tidak memiliki dampak langsung, memberikan kartu nama kepada pelanggan, klien, ataupun pembeli potensial bisa membantu Anda meningkatkan citra positif perusahaan, sekaligus membantu mereka menghubungi Anda dengan mudah. Media marketing yang satu ini sangat penting dibawa ketika Anda berencana untuk mengunjungi calon pelanggan ataupun klien. Jika saat itu mereka belum tertarik, dengan memberikan kartu nama di pertemuan pertama, memungkinkan mereka untuk menemukan dan menghubungi Anda ketika mereka sudah memiliki kebutuhan akan produk Anda.

Banyak strategi marketing yang bisa Anda lakukan setiap harinya. Seperti yang disebutkan di atas bahwa memberikan kartu nama juga sebuah strategi marketing yang efektif untuk dilakukan. Maka, pastikan kartu nama Anda tersedia saat Anda ingin memberikan pada pelanggan. Jangan khawatir, jika Anda belum memiliki kartu nama atau kehabisan stok kartu nama. Anda bisa membuatnya secara online di kartunama.net dan bisa tiba di hari yang sama. Dengan kartunama.net Anda bisa memilih desain kartu nama yang sesuai keinginan Anda, atau Anda bisa membawa desain kartu nama Anda sendiri. Buat kartu nama bisnis Anda sekarang juga hanya di kartunama.net.

0 responses

  1. […] Baca Juga: Strategi Marketing yang Efektif untuk Meningkatkan Penjualan […]