7 Strategi Bisnis Tour dan Travel yang Perlu Dipersiapkan

Beberapa tahun belakang ini, traveling menjadi tren di kalangan masyarakat. Salah satu alasan naiknya tren traveling yaitu karena perkembangan teknologi dan media sosial. Hal ini dikarenakan, setiap orang akan selalu berbagi kesenangan di media sosialnya saat melakukan traveling. Tentu adanya hal tersebut bisa menjadi peluang bisnis yang menarik. Meskipun tren traveling bersifat dinamis, namun kebutuhan akan kegiatan perjalanan seperti liburan, gathering, umrah, dan wisata lainnya akan tetap ada peminatnya. Walaupun setiap bisnis pasti tidak selalu lancar, tapi tak sedikit pula yang membuka bisnis tour dan travel menghasilkan keuntungan yang tak bisa dibilang sedikit. Sehingga, untuk membuka bisnis tour dan travel sebenarnya cukup aman untuk dijalani selama Anda memiliki strategi bisnis yang tepat.

Apalagi, kini bisnis tour dan travel cukup mudah untuk dilakukan di zaman berteknologi ini, semua hal bisa dilakukan melalui smartphone dan teknologi lainnya. Bisnis yang berbasis pada teknologi, juga menjadi tren yang akan lebih dipilih oleh konsumen. Maka, untuk memulai bisnis travel ini, Anda harus mempersiapkan segala sesuatunya dengan benar. Berikut beberapa strategi bisnis yang bisa Anda siapkan ketika memulai bisnis travel.

Tentukan Jenis Usaha Travel

Ada banyak jenis bisnis untuk travel yang bisa Anda pilih untuk ditekuni. Seperti, bisnis tiket pesawat terbang, tiket bus, tiket kereta api, sewa kendaraan, pengurusan visa dan paspor, pemesanan kamar hotel, perjalanan ke destinasi pariwisata, dan lainnya. Mengapa Anda harus memilih salah satunya? Karena, dengan begitu, Anda akan fokus dengan pilihan tersebut, dan akan lebih muda untuk mempelajari hal-hal yang diperlukan untuk membangun bisnis tersebut.

Tentukan Nama Brand

Membuat nama brand dari travel Anda adalah langkah awal untuk menjalankan bisnis. Pastikan, Anda membuat nama atau brand usaha yang mudah diingat, mudah dilihat, dan mudah didengar namun tidak pasaran. Hal ini dikarenakan agar calon konsumen Anda mudah mengenali dan menghafal nama bisnis travel Anda. Semakin Anda membuat nama yang mudah diingat, maka semakin gampang diterima oleh banyak orang, dengan begitu akan membantu Anda dalam menjalankan strategi pemasaran.

Jangan lupa juga untuk mendaftarkan nama brand yang telah Anda tentukan. Dengan mendaftarkan merek bisnis pada Hak Kekayaan Intelektual (HKI), maka Anda memiliki kuasa secara hukum atas nama dan logo dari bisnis Anda. Hal ini dilakukan, karena tidak menutup kemungkinan, suatu saat nama dan logo akan ditiru oleh pihak lain. Jika sewaktu-waktu ada yang menggunakan nama dan logo bisnis tersebut dan Anda sudah mendaftarkan sebelumnya, maka Anda bisa menggugatnya secara hukum.

Membuat Profil Bisnis

Sebagian orang mungkin berpikir bahwa profil bisnis hanya membuang waktu saja, dan tidak dibutuhkan. Padahal, dengan membuat profil bisnis Anda akan semakin mengenali bisnis yang akan dimulai juga dapat memetakan arah perkembangannya. Selain itu, profil ini nantinya bisa digunakan untuk mempromosikan bisnis travel Anda. Hal ini bisa dilakukan dengan cara, memasukkan di website, media sosial, brosur dan alat promosi lainnya. Maka, mulailah buat profil bisnis yang memikat, dalam profil tersebut jelaskan mengenai bisnis Anda, keunggulan, dan apa yang bisnis Anda tawarkan, dengan begitu konsumen bisa memiliki alasan mengapa harus memilih bisnis Anda untuk perjalanan wisatanya.

Membuat Penawaran Menarik

Untuk menarik calon konsumen, Anda perlu membuat penawaran yang dapat menarik minat konsumen. Anda bisa membuat penawaran menarik, dengan melihat contoh tawaran-tawaran yang pernah dibuat oleh para pesaing. Lalu, Anda bisa memodifikasi penawaran tersebut sesuai dengan bisnis Anda, dan pastikan Anda memberikan penawaran yang tidak dimiliki oleh pesaing.

Semakin banyak alternatif penawaran, maka calon konsumen Anda juga memiliki pilihan dan pertimbangan yang dapat diambil. Penawaran ini bisa berupa, potongan harga, paket rombongan akan mendapatkan harga lebih murah, gratis dokumentasi, paket hemat berupa beberapa tujuan atau destinasi, dan lain sebagainya. Selain itu, dengan mengamati pesaing Anda juga bisa menggali ide-ide kreatif dengan mempelajari karakter konsumen. Ketika Anda mengenali konsumen dengan baik, maka Anda bisa membuat penawaran yang lebih menarik lagi.

Memperluas Kerja Sama Bisnis

Dengan selalu menjalin kerjasama dengan banyak pihak, bisa menjadi cara untuk memperkenalkan keberadaan bisnis travel Anda. Untuk itu, mulailah menawarkan kerjasama dengan pihak yang berhubungan dengan bisnis Anda. Seperti contohnya, pengelola tempat wisata, tempat makan, jasa transportasi, pemerintah daerah, bahkan pebisnis travel lainnya.

Ada banyak rekanan yang bisa Anda ajak bekerjasama dengan sistem komisi atau bahkan kerjasama saling menguntungkan untuk kedua belah pihak. Tentunya, peluang kerjasama ini sangat membantu Anda dalam menjalankan bisnis travel. Maka saatnya membuka diri dengan menjaring konsumen sendiri.

Baca Juga: 5 Poin Penting yang Harus Diperhatikan dalam Membangun Networking

Berikan Pelayanan Terbaik

Untuk memberikan pelayanan terbaik, Anda bisa mulai sejak konsumen menghubungi bisnis Anda untuk mencari informasi. Lakukanlah dengan memberikan respon cepat, jawaban jelas dan informatif. Saat Anda memutuskan membuka layanan 24 jam, pastikan karyawan Anda siap memberi respon pada konsumen setiap waktu. Dengan menyelesaikan persoalan yang dialami konsumen atas bisnis Anda, akan menjadi penentu kepuasan konsumen, dan konsumen akan lebih yakin dengan travel Anda.

Pelayanan yang baik adalah kunci keberhasilan sebuah bisnis. Dengan adanya layanan yang baik, maka konsumen akan memberikan testimoni yang baik pula. Selain itu, konsumen bisa saja merekomendasikan bisnis travel Anda pada kerabat dekat mereka. Anda bisa juga melakukan dokumentasi setiap aktivitas perjalanan, dan mintalah kesan dari konsumen atas perjalanan yang Anda sediakan, hal ini bisa dijadikan sebagai alat pemasaran.

Menyiapkan Sarana Promosi Bisnis

Untuk mendapatkan hasil serta keuntungan yang optimal, Anda harus menyiapkan promosi apa yang akan dilakukan. Berikut beberapa sarana promosi yang dapat Anda terapkan dalam bisnis travel.

a. Website

Di era teknologi yang serba online ini, banyak orang yang mencari informasi melalui internet sebelum memutuskan untuk mengunjungi sebuah toko. Maka dari itu, kini website menjadi sala satu strategi bisnis yang perlu dimiliki suatu bisnis. Bukan hanya menumbuhkan rasa percaya calon konsumen saja, namun adanya website akan membuka peluang tawaran kerjasama dari berbagai pihak. Maka, buatlah website bisnis yang profesional, nyaman dikunjungi, bisa dikunjungi 24 jam, informatif, dan dapat menunjukkan identitas bisnis travel Anda.

b. Media Sosial

Buatlah akun media sosial untuk bisnis travel Anda. Manfaatkanlah media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, YouTube, dan lainnya untuk memudahkan calon konsumen menemukan dan mengetahui secara menyeluruh mengenai jasa dan promo menarik yang Anda tawarkan melalui media sosial. Dengan menggunakan media sosial adalah kesempatan untuk bisnis menjangkau konsumen di luar kota atau daerah. Bahwasannya, calon konsumen yang berpotensi biasanya tersebar di kota lain. Maka, pastikan Anda mengelola akun media sosial secara teratur, dan membangun komunikasi yang baik dengan calon konsumen.

c. Iklan Online

Agar bisnis travel Anda mampu menjangkau orang banyak, Anda perlu mulai memikirkan strategi bisnis dengan beriklan secara online untuk mempromosikan bisnis travel Anda. Untuk memasang iklan secara online, bisa melalui layanan Facebook Ads atau Google Ads. Selain itu, biaya yang perlu dikeluarkan untuk iklan online termasuk sangat terjangkau, bahkan bisa menyesuaikan bujet iklan yang Anda miliki, namun tetap bisa membidik konsumen dengan spesifik.

d. Kartu Nama

Saat ini bisnis travel cukup menguntungkan untuk dijalankan, karena banyak orang yang membutuhkan liburan untuk menghilangkan penat dari rutinitas sehari-hari. Walaupun, merintis bisnis memang bukan perkara mudah, namun dengan strategi bisnis yang disebutkan di atas cukup membantu Anda untuk memulai bisnis traveling. Salah satunya strateginya yaitu memiliki kartu nama bisnis.

Dengan memiliki kartu nama, bisnis Anda akan terlihat lebih profesional. Selain itu, Anda dapat membagikan kartu nama tersebut di setiap kesempatan. Seperti, ketika pertemuan keluarga, seminar, perkumpulan komunitas, dan kesempatan lainnya. Hal ini dilakukan bukan hanya agar bisnis travel Anda dibicarakan, namun juga tidak menutup kemungkinan kartu nama akan membawa Anda ke peluang kerjasama bisnis.

Apabila Anda belum memiliki kartu nama atau kehabisan stok kartu nama. Tidak perlu khawatir, Anda bisa membuatnya secara online di kartunama.net dan akan tiba di hari yang sama. Dengan kartunama.net Anda bisa memilih desain kartu nama yang sesuai keinginan Anda, atau Anda bisa membawa desain kartu nama Anda sendiri. Buat kartu nama bisnis Anda sekarang juga hanya di kartunama.net.