5 Poin Penting yang Harus Diperhatikan dalam Membangun Networking

Networking adalah salah satu kunci keberhasilan sebuah bisnis, terutama bagi bisnis yang masih merintis dari bawah. Dengan adanya networking bisnis yang baik, seorang pengusaha atau pemilik bisnis bisa memiliki relasi yang luas dan koneksi di dunia bisnis pun semakin bertambah. Hal ini tentu akan memberikan kredibilitas bagi Anda sebagai pemilik bisnis, sehingga relasi ataupun pemilik bisnis lain bisa menaruh kepercayaan pada bisnis Anda. Lalu bagaimana cara membangun networking bisnis yang baik? Di bawah ini adalah beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan ketika ingin melakukan networking bisnis.

Bergabung di Komunitas Bisnis

Salah satu tips sukses melakukan networking bisnis adalah dengan memperbanyak perkenalan antara sesama pengusaha ataupun pemilik bisnis. Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk memperluas kenalan atau networking, misalnya saja dengan mengikuti seminar, workshop, atau berbagai acara lain yang memungkinkan Anda bertemu banyak orang dari latar belakang yang berbeda. Ketika Anda telah bergabung didalamnya, cobalah membangun relasi dengan para anggota atau peserta lainnya, hal ini memungkinkan Anda untuk mendapatkan rekan kerja atau bahkan pelanggan di kemudian hari.

Saling Mendukung Satu Sama Lain

Salah satu manfaat lain dalam bernetworking adalah bisa saling tukar pendapat dan juga pikiran ketika terjadi masalah. Sebuah networking yang baik pasti bisa saling menguntungkan, misalnya saja ketika Anda sedang menghadapi masalah, anggota lain atau relasi Anda pasti akan memberikan solusi. Bukan hanya itu, Anda juga bisa memberikan solusi kepada rekan bisnis yang sedang mengalami masalah. Untuk mendapatkan manfaat ini, tentu saja Anda dan rekan bisnis Anda harus berkomitmen untuk saling memberi dukungan. Dengan saling membantu, secara otomatis Anda dan rekan bisnis tentu bisa memperoleh kedekatan.

Lakukan Sharing Knowledge

Setiap orang pasti memiliki keahliannya masing-masing. Bagi Anda yang memiliki keahlian tertentu dan sangat menguasainya, Anda bisa membagikan pengetahuan ataupun ilmu tersebut kepada pebisnis lainnya. Anda bisa mulai dengan memberikan workshop ataupun menjadi salah satu pembicara di seminar bisnis. Jangan pernah khawatir dan takut, karena tidak ada sharing yang membuat rugi. Jika Anda masih belum terlalu percaya diri untuk mengisi workshop atau seminar, Anda bisa mulai dengan menulis di forum pebisnis atau sharing melalui akun social media pribadi. Hal ini tentu juga membuat Anda lebih dikenal, sekaligus meningkatkan personal branding bagi diri Anda.

Tingkatkan Komunikasi Bisnis

Komunikasi menjadi salah satu hal penting yang mempengaruhi keberhasilan bisnis sekaligus networking Anda. Dengan membangun komunikasi yang baik dengan rekan atau partner bisnis, hubungan bisnis Anda bisa menjadi lebih baik. Hal ini tentu akan mempengaruhi keberhasilan bisnis itu sendiri. Cobalah mulai dengan melakukan basa basi di awal komunikasi Anda, misalnya dengan menanyakan hobi, profesi, kegiatan bisnis, dan sebagainya. Hal penting yang harus diperhatikan ketika menjalankan komunikasi bisnis adalah dengan bersabar menjaga hubungan baik.

Tukar Kartu Nama

Hal terakhir yang harus Anda perhatikan ketika melakukan networking adalah membuat rencana tindak lanjut sebelum pembicaraan diakhiri. Salah satu hal penting yang harus Anda lakukan di sini adalah dengan bertukar kartu nama dengan rekan bisnis Anda tersebut. Meski terlihat sederhana, kartu nama merupakan media penting yang menjadi identitas Anda untuk memperluas jaringan bisnis. Saat berkenalan dengan rekan bisnis yang baru ditemui, jangan pernah lupa memberikan kartu nama. Meski terlihat sederhana, kegiatan ini bisa memberikan dampak yang besar.

Di mana, di dalam kartu nama ada berbagai informasi yang mempermudah rekan bisnis menghubungi Anda di kemudian hari. Jadi pastikan Anda selalu membawa kartu nama ketika ingin memperluas networking bisnis.

Baca Juga: Mengenal 5 Jenis Finishing Kartu Nama

Bagi Anda yang belum memiliki kartu nama ataupun kehabisan kartu nama, kini Anda bisa dengan mudah membuat kartu nama hanya dalam hitungan menit dan bisa sampai ke lokasi Anda hanya dalam waktu 2 jam dengan membuatnya secara online melalui kartunama.net. Bukan hanya itu, dengan kartunama.net, Anda juga bisa memilih desain kartu nama sesuai dengan bisnis Anda ataupun membuatnya sesuai dengan desain kartu nama yang telah Anda miliki. Jadi tunggu apalagi? Buat kartu nama bisnis Anda sekarang juga di kartunama.net sekarang juga dan jangan biarkan networking Anda sia-sia.