Pemilihan Bahan Terbaik dalam Membuat Kartu Nama

Kartu nama kini menjadi hal penting yang harus dimiliki baik untuk karyawan maupun pelaku bisnis. Hal ini dikarenakan, kartu nama memiliki fungsi yang sangat bermanfaat untuk membangun relasi dan memperkenalkan bisnis. Selain itu, adanya kartu nama akan memudahkan Anda untuk memberikan informasi kontak Anda maupun perusahaan yang dapat dihubungi oleh orang lain. Maka, penting untuk Anda memiliki kartu nama yang terlihat profesional serta menarik orang untuk membaca secara lengkap.

Untuk membuat kartu nama yang dapat memberikan daya tarik bagi orang yang menerimanya, bukan hanya memperhatikan desainnya saja. Namun, Anda perlu mempertimbangkan jenis kertas yang digunakan sebelum Anda mencetak kartu nama tersebut. Karena, pada hakikatnya ada banyak jenis kertas yang bisa digunakan, serta memiliki karakteristik, yang dapat Anda sesuaikan dengan bujet ataupun selera Anda. Bagi Anda yang masih belum mengenal jenis-jenis kertas untuk kartu nama, berikut kartunama.net jabarkan jenis kertas yang bisa Anda pilih sebelum mencetak kartu nama Anda.

Baca Juga: Perhatikan Materi & Desain yang Digunakan Sebelum Membuat Kartu Nama Perusahaan

Saat memilih bahan untuk kartu nama, Anda akan dihadapi oleh banyak pilihan jenis kertas yang bisa digunakan untuk mencetak kartu nama, ada yang teksturnya halus, kasar, dan lainnya. Selain bahannya, Anda juga perlu mempertimbangkan penggunaan bahan untuk menghasilkan citra visual pada media yang digunakan. Ada beberapa teknik yang bisa digunakan, seperti untuk kertas bisa dengan digital print, sablon huruf timbul, cetak offset dan lainnya. Untuk lebih jelasnya lagi, berikut jenis bahan kartu nama yang bisa Anda gunakan.

Art Paper

Permukaan art paper ini biasanya licin, halus, dan mengkilap. Memiliki ketebalan yang beragam, mulai dari 85 gr, 100 gr, 115 gr, 120 gr, hingga 150 gr. Permukaan art paper yang dilapisi membuat art paper tidak mudah menyerap cairan. Dengan begitu, jika terkena tinta pulpen, tinta aka lambat mengering sehingga bisa membuat kotor kartu nama Anda.

Art Carton

Karakteristik art carton hampir sama dengan art paper, namun biasanya art carton lebih tebal. Ketebalan art carton mulai dari 190 gr, 210 gr, 230 gr, 260 gr, 310 gr, 400 gr. Permukaan art carton juga cukup licin dan mengkilap, sehingga sulit untuk ditulisi dengan pulpen. Jika Anda menginginkan kartu nama yang bisa mencatat sesuatu, bahan ini kurang tepat bagi Anda. Biasanya, pencetakan kartu nama dengan bahan ini diberikan finishing berupa laminasi glossy dan doff.

Blues White (BW)

Blues white atau yang lebih akrab disebut BW merupakan jenis kertas yang halus namun tidak dilapisi seperti art paper dan art carton. Blues white mirip dengan kertas manila, tidak mengkilap, kaku, tetapi dapat ditulisi. Blues white hanya bisa dicetak satu sisi.

Linen Jepang

Salah satu kertas lokal yang biasanya digunakan untuk membuat piagam. Kertas ini memiliki tekstur bergaris dan berwarna putih. Bahan ini akan sangat cocok untuk membuat kartu nama Anda, karena memberi kesan eksklusif dan tidak berlebihan.

Linen Holland

Bahan yang merupakan kertas impor, yang memiliki kemiripan dengan linen jepang, namun warna linen holland lebih putih dan lebih tebal. Bahan ini memiliki tekstur garis-garis berwarna putih sama seperti linen jepang. Namun, tekstur pada linen holland akan terlihat lebih jelas.

Splendorgel

Memiliki permukaan yang halus dan berwarna putih terang, sehingga hasil cetakan menjadi sangat terang dan jelas. Maka, untuk Anda yang ingin membuat kartu nama dengan blok warna, cobalah bahan splendorgel.

Nettuno

Bahan yang cukup artistik karena memiliki tekstur seperti serat kayu. Banyak yang menyukai bahan ini karena keunikan teksturnya. Nettuno akan sangat cocok untuk Anda yang ingin membuat kartu nama yang minimalis.

Mohawk Option

Mohawk option adalah bahan impor yang merupakan bahan daur ulang dari kertas-kertas bekas. Mohawk option memiliki ketebalan 104 gr, 118 gr, 176 gr, 216 gr, dan 243 gr. Permukaan jenis kertas ini sangat halus, dan biasanya tidak dilapisi, sehingga mohawk option memiliki daya serap tinta yang tinggi. Jenis bahan ini bisa dicetak 2 sisi. Hasil dari cetakan menggunakan kertas ini sangat bagus, sehingga banyak para desain grafis yang menyukai jenis ini.

Setelah mengetahui bahan terbaik dalam membuat kartu nama, apakah Anda sudah menentukan akan membuat kartu nama dengan bahan apa? atau Anda masih bingung?. Jangan khawatir,  Anda dapat konsultasikan langsung kartu nama Anda dengan tim profesional kartunama.net. Selain itu, Anda dapat membuat kartu nama secara online di kartunama.net hanya dalam 2 jam kartu nama Anda akan tiba di tangan Anda. Ada banyak pilihan desain kartu nama yang bisa dipilih, atau Anda bisa membawa desain kartu nama sendiri. Tunggu apalagi? Buat kartu nama bisnis Anda sekarang juga hanya di kartunama.net. Yuk, perluas relasi untuk mendapatkan kesempatan kerjasama lebih besar dengan memiliki kartu nama bisnis.

0 responses