Cara Memulai Bisnis Kue Kering Bagi Pemula Menjelang Lebaran

Semakin hari bisnis kuliner Indonesia semakin inovatif dan berkembang dengan baik. Kini peluang untuk menjalankan bisnis kuliner di Indonesia sangat menjanjikan dan berpotensi menghasilkan keuntungan yang cukup baik. Apalagi, makanan termasuk kebutuhan pokok manusia, dan orang-orang memiliki kebiasaan yang gemar mencicipi makanan untuk menghilangkan rasa penasaran, atau sekadar memanjakan lidah.

Bukan hanya bisnis kuliner hidangan berat saja yang berpotensi besar. Namun, kue kering juga memiliki potensi di pasar kuliner Indonesia. Hal ini dikarenakan, permintaan konsumen cukup tinggi, apalagi jika sudah menjelang puasa hingga lebaran. Biasanya, saat menjelang lebaran banyak permintaan yang masuk untuk kue kering, sehingga omset bisnis akan meningkat juga. Apalagi, ternyata memulai bisnis kue kering tidak membutuhkan modal yang besar, yang penting adalah keterampilan memasak. 

Untuk Anda yang tertarik mencoba memulai bisnis kue kering, ada beberapa tips yang harus Anda lakukan sebelum memulai bisnis. Berikut beberapa tips memulai bisnis kue kering menjelang Idulfitri.

Tentukan Jenis Kue Kering

Ada berbagai macam kue kering yang tidak mungkin Anda buat semua jenisnya. Biasanya, pemilihan kue kering bisa disesuaikan dengan kemampuan Anda, mudah atau sulitnya sebuah resep, tren kue kering yang sedang banyak dicari, dan harga jual yang terjangkau. Maka, pilih jenis kue kering yang ingin Anda produksi. Selain itu, Anda juga bisa memodifikasi dan menambahkan hal unik yang berpotensi menjadi nilai tambah kue kering Anda, bahkan menjadi ciri khas bisnis Anda.

Buatlah Kue Kering yang Menarik

Seperti yang kita ketahui banyak sekali jenis kue kering yang ditemui saat Idulfitri, mulai dari nastar, kastengel, putri salju, dan lainnya. Biasanya kue-kue kering tersebut sudah memiliki bentuk, rasa, dan tampilan yang mutlak, dan tidak memiliki ciri khas tertentu. Beberapa orang mungkin akan bosan dengan tampilan dan rasa yang sama setiap tahunnya. Maka, ini saatnya untuk Anda menciptakan kue kering dengan inovasi yang unik, agar dapat menarik minat calon konsumen nantinya. Hal ini bisa dilakukan dengan tampilan kue yang berbeda dari biasanya, rasa, atau jika memungkinkan Anda dapat membuat terobosan resep baru yang menarik dan unik, serta dengan cita rasa yang lezat. Dengan memiliki kelebihan dan ciri khas tertentu, tentunya akan membuat bisnis kue kering Anda dicari dan dibeli oleh banyak orang

Penampilan Kue dan Kemasan Menarik

Meskipun kue kering yang Anda buat sudah ramai di pasaran, namun jika ditambahkan dengan tampilan kue yang menarik tentu dapat membuat kue kering Anda dilirik. Selain itu, Anda juga bisa menyiasati dengan kemasan yang dibuat menarik dan berbeda, ataupun yang membuat kue kering Anda terlihat lebih artistik dan estetik. Seperti contohnya, Anda bisa menambahkan tampilan mata dan mulut seperti wajah pada kue kering Anda, juga kemasan yang menarik seperti menggunakan toples, ditambah aksesoris pita atau lainnya. Dengan penampilan kue dan kemasan yang menarik, tentu akan memikat minat para konsumen, dan mengundang rasa penasaran banyak orang untuk membeli kue kering Anda.

Perhatikan Masa Kedaluwarsa

Setiap jenis kue kering memiliki masa kedaluwarsanya masing-masing. Maka, pastikan Anda mengetahui batas kedaluwarsa setiap kue kering yang Anda jual nantinya. Pastikan Anda membuat label dan mencantumkan tanggal batas kedaluwarsa dari setiap produk yang dijual. Hal ini dilakukan agar tidak merugikan konsumen dan untuk mengurangi masalah di kemudian hari.

Tentukan Segmentasi Pasar

Dalam hal ini Anda harus menentukan, siapa yang akan menjadi target konsumen Anda. Hal tersebut akan menjadi penentuan segmentasi pasar yang Anda kuasa. Biasanya segmentasi pasar terbagi menjadi beberapa kategori, contohnya segmentasi berdasarkan perilaku konsumen, demografi, ekonomi, dan sebagainya. Untuk menentukan segmentasi pasar harus jelas dan spesifik, karena akan mempermudah pengembangan produk, strategi pemasaran, taktik promosi, hingga prediksi omset.

Namun jika Anda masih pemula dalam bisnis kue kering, maka sebaiknya Anda menargetkan pasar yang berada disekitar Anda terlebih dahulu. Misalnya, teman, tetangga, komunitas, atau lingkungan kecil di sekitar Anda. Untuk menawarkan produk Anda bisa dimulai dengan membawa sampel untuk dicicipi teman atau keluarga Anda. Biasanya, jika mereka menyukai produk Anda tentu akan membeli dan mempromosikan bisnis kue kering Anda ke teman-temannya yang lain secara gratis. 

Baca Juga: Strategi Marketing yang Efektif untuk Meningkatkan Penjualan

Tentukan Platform Promosi

Di era digital ini hal apapun bisa didapatkan melalui media sosial. Bahkan, banyak sekali bisnis sekarang sukses berjualan hanya memanfaatkan media sosial, bahkan hanya memiliki toko online saja. Maka dari itu, ini saatnya Anda memanfaatkan platform online untuk mempromosikan produk Anda. Dengan melakukan promosi di media sosial, Anda akan menjangkau banyak audiens dengan biaya yang variatif. Berjualan di media sosial tentu akan mempercepat orang mengetahui bisnis kue kering Anda. Selain itu, dengan memanfaatkan media sosial tentu akan sangat membantu Anda dan para pemula yang memulai bisnis kue kering dengan modal terbatas.

Branding

Membangun citra bisnis adalah hal penting untuk memenangkan kompetisi pasar. Branding adalah proses membangun, memperkuat, dan menyampaikan citra dari merek ke ingatan khalayak. Untuk menentukan citra merek bisnis kue kering yang akan dijual, Anda bisa menentukan kue kering Anda apakah termasuk kue kering yang murah, eksklusif, unik, tradisional, atau lainnya? Dengan adanya citra tersebut tentu akan mempermudah masyarakat untuk mengingat merek bisnis kue kering yang Anda pasarkan.

Selain membentuk citra dengan menentukan seperti apa kue kering yang Anda jual. Ada cara lain untuk membuat brand Anda terlihat baik dan menarik, yaitu dengan memiliki sebuah kartu nama bisnis. Pada kartu nama bisnis, bukan hanya tentang nama atau informasi terkait perusahaan saja, namun desain juga sangat berpengaruh. Memiliki kartu nama bisnis dengan desain yang unik, akan menumbuhkan citra baik pada bisnis kue kering Anda. Namun, dalam hal ini Anda jangan terlalu memfokuskan desain, tetap buat kartu nama yang sesuai nilai bisnis Anda. Karena, dengan memiliki kartu nama bisnis saja sebenarnya sudah cukup dinilai profesional oleh khalayak.

Walaupun biasanya bisnis kue kering bersifat musiman, namun dengan pasar yang tepat bisa saja bisnis Anda permanen dan tidak musiman. Di atas adalah hal yang bisa Anda terapkan untuk menjadi bisnis yang tidak musiman. Setelah mengetahui dan menerapkan satu per satu tips memulai bisnis kue kering, jangan lupa membuat kartu nama bisnis sendiri. Adanya kartu nama bisnis, tentu akan membuat bisnis Anda semakin dipercaya oleh banyak khalayak. Jika Anda belum memiliki kartu nama sendiri, bahkan belum menyiapkan desain kartu nama bisnis Anda, segeralah konsultasikan dengan tim profesional kartunama.net. Dengan kartunama.net Anda bisa dengan mudah membuat kartu nama secara online, bahkan hanya dalam waktu 2 jam kartu nama akan tiba di tempat Anda. Tunggu apalagi? Buat kartu nama bisnis Anda sekarang juga hanya di kartunama.net.