6 Alasan Bisnis Startup Lebih Memilih Menggunakan Coworking Space

Di era revolusi 4.0 seperti saat ini, coworking space semakin populer dan tengah menjadi favorit bagi perusahaan, khususnya startup. Pengguna coworking space biasanya identik dengan perusahaan startup atau freelancer, yang membutuhkan fleksibilitas dan kepraktisan. Selain itu, dengan coworking space perusahaan bisa mengembangkan bisnisnya tanpa harus bermodal besar atau harus menyewa gedung kantoran. Apa saja manfaat coworking space bagi bisnis dan manfaatnya bagi karyawan itu sendiri? Di bawah ini adalah beberapa manfaat yang bisa didapatkan dengan bekerja dan menyewa coworking space bagi bisnis.

Nyaman dan Tenang

Tidak jarang Anda melihat orang bekerja di kafe ataupun kedai kopi untuk mendapatkan suasana baru. Namun, tidak semua kedai kopi sekarang bisa memberikan suasana yang kondusif untuk bekerja. Karena, kedai kopi maupun cafe adalah tempat umum yang dapat dikunjungi oleh siapa saja dan memiliki berbagai macam kepentingan sendiri. Tidak semua orang datang ke cafe untuk bekerja. Lain halnya dengan coworking space yang memang dibuat untuk bekerja. Suasana yang dihadirkan juga tidak membosankan seperti kantor kebanyakan. Kehadiran coworking space didesain dengan interior yang menarik dan kekinian. Dengan begitu, Anda akan merasakan nyaman saat bekerja.

Selain itu, coworking space menerapkan sistem open space. Hal ini tentu memudahkan pekerja untuk berinteraksi dengan pekerja lainnya dan mendapatkan relasi baru. Coworking space memiliki berbagai jenis ruangan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Anda bisa memilih tempat duduk terbaik yang sesuai dengan cara kerja Anda. Selain itu, bagi Anda yang menginginkan suasana yang tenang, maka Anda dapat memilih ruangan yang lebih privat. Sedangkan, jika Anda membutuhkan inspirasi dan menyukai pemandangan kota, maka Anda bisa memilih kursi yang berada di dekat jendela.

Produktivitas Kerja Meningkat

Bekerja dengan suasana kondusif tentu membuat Anda menjadi lebih produktif dibandingkan bekerja di kantor seperti biasa. Hal ini dikarenakan, Anda merasakan bekerja lebih nyaman dan sedikit beban, sehingga kinerja otak Anda dan ide-ide baru akan lebih mengalir lebih cepat dari biasanya.

Bekerja di coworking space juga memberikan satu keuntungan lainnya yaitu membuat Anda menjadi lebih produktif dibandingkan bekerja di ruang kantor yang biasa. Tidak dapat dipungkiri, proses kreatif yang dilakukan pastinya bisa mengalir lebih cepat ketika suasana di sekitar Anda bekerja lebih nyaman. Interior yang bagus, fasilitas penunjang yang mumpuni, hingga kemudahan dalam memperluas koneksi bisa membuat Anda menghasilkan produktivitas tinggi yang tentunya sangat menguntungkan untuk karir Anda juga.

Fasilitas Lengkap

Coworking space menyediakan fasilitas yang dibutuhkan oleh para pekerja, seperti kantor pada umumnya. Fasilitas yang disediakan mencakup koneksi internet yang cepat, ruang istirahat untuk Anda yang sudah lelah dengan pekerjaan. Selain itu, Anda dapat menikmati secangkir teh atau kopi di pantry. Dan, terdapat ruang pertemuan yang dilengkapi peralatan penunjang seperti LCD, mesin cetak, mikrofon, dan fotokopi. Juga, adanya event space yang memudahkan Anda yang memiliki acara seperti diskusi maupun workshop.

Sarana Pengembangan Diri

Selain kenyamanan, Anda akan mendapatkan pengalaman lebih jika menggunakan coworking space. Dengan bekerja di coworking space sedikit banyaknya akan mengubah pola pikir, karena Anda harus dapat beradaptasi dengan lingkungan secara cepat. Untuk Anda baik pekerja maupun pemilik bisnis yang memiliki ritme kerja yang cepat, coworking adalah tempat yang cocok untuk melatih pola pikir agar mudah beradaptasi.

Kebebasan dan Fleksibilitas

Dengan bekerja di coworking space, tentu Anda memiliki kebebasan tersendiri terkait jam kantor, dan durasi untuk menyelesaikan pekerjaan. Selain itu, Anda juga tidak terikat dengan peraturan kantor yang tidak fleksibel dan cenderung membatasi. Setiap harinya, Anda bisa bekerja mengenakan pakaian favorit Anda yang nyaman. Dengan kenyamanan dan kebebasan tersebut, tentu akan meningkatkan semangat kerja Anda.

Bekerja di coworking dengan segala kebebasan dan fleksibilitas tentu akan memberi pengaruh positif untuk Anda. Selain itu hal tersebut, akan memicu kreativitas Anda melakukan pekerjaan yang dapat meningkatkan produktivitas kerja. Dengan begitu, pekerjaan dapat diselesaikan dalam waktu yang cepat.

Memperluas Koneksi

Salah satu keuntungan jika Anda bekerja di coworking yaitu bertemu dengan banyak orang. Yang mana, berasal dari perusahaan yang berbeda dan memiliki profesi dan latar belakang yang berbeda. Adanya hal tersebut, Anda berkesempatan untuk saling bertukar kartu nama, guna untuk memperluas koneksi, dan saling mengenal dengan pekerja lainnya. Selain itu setelah Anda bertukar kartu nama, Anda bisa melakukan brainstorming, berbagi pengalaman bahkan berkolaborasi untuk mengerjakan sebuah proyek.

Baca Juga: 5 Poin Penting yang Harus Diperhatikan dalam Membangun Networking

Dengan adanya coworking space, selain untuk berkenalan, Anda juga dapat mengembangkan diri Anda. Di beberapa coworking space ada yang memberikan peluang bagi startup untuk bertemu dengan investor atau sesama pekerja startup lainnya. Bekerja di sini artinya Anda siap untuk memperluas koneksi dan menjadi pribadi yang terbuka dan inisiatif. Anda tidak perlu malu menyapa lebih dulu pekerja lainnya yang berada di sekitar Anda.

Jadi, bagi Anda yang ingin menyewa coworking space sekaligus menambah networking, jangan lupa untuk siap sedia kartu nama. Dengan memanfaatkan saling tukar kartu nama di coworking space, Anda bisa saja memiliki koneksi baru yang bisa Anda atau perusahaan ajak kolaborasi. Maka pastikan kartu nama Anda masih dan selalu tersedia.

Bagi Anda yang belum memiliki kartu nama atau kehabisan kartu nama, tidak perlu khawatir lagi. Kini dengan mudah Anda dapat membuat kartu nama hanya dalam hitungan menit. Dengan kartunama.net Anda bisa membuat kartu nama secara online, dan bisa sampai ke lokasi Anda hanya dalam waktu 2 jam. Selain itu, dengan kartunama.net Anda bisa memilih desain kartu nama yang sesuai keinginan Anda, atau membuatnya sesuai dengan desain kartu nama yang Anda miliki. Buat kartu nama bisnis Anda sekarang juga hanya di kartunama.net.