Pentingnya Event untuk Promosi Bisnis yang Lebih Efektif

Sebuah bisnis memerlukan promosi sebagai media pemasarannya. Tanpa adanya promosi, pelanggan tidak akan tahu informasi mengenai bisnis Anda. Selain itu, tanpa adanya promosi yang baik, konsumen juga tidak akan tertarik pada bisnis. Ada berbagai macam cara untuk mempromosikan produk, bisa melalui online, offline, atau dengan mengikuti sebuah event pameran.

Dalam artikel kali ini, kami akan membahas lebih lanjut mengenai event atau pameran bisnis yang kini menjadi salah satu strategi promosi yang sering dimanfaatkan pelaku bisnis untuk mengenalkan produknya. Di mana, sebuah event dijadikan sebagai ajang untuk meningkatkan penjualan dan menjaring konsumen dalam jumlah besar. Hal ini tentu merupakan kesempatan yang tidak boleh disia-siakan untuk pelaku bisnis. Untuk Anda yang ingin mempromosikan bisnis dalam sebuah event, simak cara-cara di bawah ini agar promosi bisnis Anda berjalan secara efektif.

Keuntungan Promosi Saat Event

Melakukan promosi saat event terbukti secara efektif membantu perkembangan bisnis, terutama untuk bisnis yang belum dikenal oleh masyarakat luas. Berikut 5 keuntungan yang Anda peroleh ketika promosi saat event.

a. Sarana Mengenalkan Produk Baru

Event biasanya digunakan sebagai sarana mengenalkan produk baru, sehingga masyarakat akan mengetahui adanya produk baru tersebut. Anda dapat memanfaatkan event ini dengan mempromosikan bisnis dengan cara membagikan product sample, brosur, kartu nama bisnis. Dengan begitu, semakin banyak masyarakat yang mengenal produk dan bisnis Anda.

b. Mendapatkan Konsumen Baru

Biasanya pengunjung yang datang ke sebuah event adalah orang-orang yang sudah memiliki ketertarikan sejak awal dengan event tersebut. Hal ini berarti, pengunjung memiliki niat untuk membeli dan menggunakan produk-produk yang ditawarkan di event tersebut. Biasanya, pengunjung mengunjungi booth di event tersebut satu per satu, maka jangan biarkan mereka hanya berlalu lalang saja. Buatlah hal yang bisa menarik pengunjung untuk menghabiskan waktu lebih lama pada booth Anda. Misalnya memberikan brosur, leaflet, atau design booth semenarik mungkin.

c. Peluang Kerja Sama Bisnis

Tidak semua pengunjung yang datang ke event hanya ingin melihat atau membeli sesuatu. Namun, bisa jadi salah satu mereka merupakan seorang investor, supplier, reseller, distributor, maupun orang pemerintahan. Biasanya, mereka datang untuk mencari peluang bisnis baru, yang dapat diajak kerjasama dengan pemilik bisnis UKM yang mengikuti event tersebut.

d. Riset Pasar

Banyak informasi mengenai tren pasar jika Anda mengikuti sebuah event. Hal ini bisa dilihat dari minat pengunjung terhadap produk yang ada di area event tersebut. Selain itu, dari hasil penjualan selama event dapat dijadikan sebagai acuan untuk evaluasi, dan menentukan strategi bisnis yang diperlukan untuk bisa mengembangkan bisnis Anda.

e. Mengetahui Informasi Pesaing

Dalam sebuah event bukan hanya satu bisnis saja yang mengikutinya, banyak pelaku usaha bahkan di bidang yang sama juga mengikuti pameran tersebut. Dengan adanya event, Anda bisa memanfaatkannya untuk mencari tahu informasi mengenai perusahaan pesaing, mulai dari harga yang ditetapkan pesaing, keunggulan produk, peralatan yang digunakan, atau sekadar mengetahui perkembangan bisnis pesaing saja.

Strategi Promosi Saat Event

Ketika Anda menghadiri atau berpartisipasi dalam sebuah event, pastikan Anda melakukan promosi bisnis yang efektif. Berikut strategi promosi bisnis yang dapat Anda lakukan saat event.

a. Menyebarkan Brosur

Meskipun terkesan sederhana, brosur masih menjadi media promosi yang efektif. Maka, ketika Anda berpartisipasi dalam sebuah event, pastikan Anda membagikan brosur promosi bisnis. Karena, biasanya pengunjung event memiliki tujuan untuk mencari sesuatu atau hal baru pada event tersebut. Bahkan, tak jarang pengunjung yang datang ke sebuah event untuk mengumpulkan brosur dari berbagai macam bisnis. Inilah saatnya bisnis ikut membagikan brosur untuk meningkatkan awareness atas produk dan bisnis Anda.

b. Menjalin Networking

Dalam sebuah event, tentunya banyak orang yang menghadiri acara, baik yang Anda kenal maupun tidak kenal. Hal ini juga peluang untuk mempromosikan bisnis Anda, dengan mencari network sebanyak-banyaknya. Anda dapat mengajak mereka mengobrol dengan memulai obrolan santai, jika sekiranya sudah sedikit mengenal Anda bisa mempromosikan bisnis Anda.

c. Beriklan

Manfaatkan sebuah event dengan melakukan iklan sebagai media promosi bisnis. Iklan saat event di sini bisa saja menjadi sponsor, berpartisipasi dalam membuat booth, atau lainnya. Jika pada event tersebut memberikan majalah untuk pengunjungnya, maka Anda dapat memanfaatkan majalah tersebut untuk memasang iklan untuk meningkatkan jangkauan dan ketertarikan pengunjung event untuk datang ke booth Anda saat itu juga.

d. Bertukar Kartu Nama

Ketika Anda menghadiri suatu event, pastikan Anda membawa kartu nama bisnis. Di mana, media ini sangat dibutuhkan ketika Anda ingin melakukan networking dan saat berkenalan dengan orang lain dalam event. Ketika Anda saling berkenalan dan bertukar kartu nama, maka dalam kartu nama tersebut akan tercantum nama, perusahaan, alamat dan kontak yang dapat dihubungi. Selain itu, jika dalam kartu nama tertera email, Anda bisa memanfaatkan email tersebut untuk mengirimkan promosi bisnis. Dengan adanya email-email tersebut, Anda bisa secara berkala mengirimkan newsletter mengenai promosi bisnis Anda.

Itulah beberapa hal mengenai promosi bisnis saat event yang bisa Anda terapkan, salah satunya yaitu dengan bertukar kartu nama. Ketika Anda bertukar kartu nama dengan orang lain, pastikan kartu nama Anda masih terlihat baik dan layak. Namun, jika kartu nama Anda sudah tidak layak dan memerlukan kartu nama baru, Anda bisa membuatnya secara online dengan kartunama.net. Selain itu, dengan kartunama.net Anda bisa memilih desain kartu nama yang sesuai keinginan Anda, atau Anda bisa membawa desain kartu nama Anda sendiri. Buat kartu nama bisnis hanya dalam 2 jam saja? Hubungi kartunama.net sekarang juga!