Jenis Kertas untuk Kartu Nama Bisnis Berkualitas

Kartu nama saat ini menjadi hal penting yang harus dimiliki, khususnya bagi Anda yang bergerak di dunia bisnis. Jika Anda sedang membangun bisnis, cetak kartu nama ini bisa menjadi sumber pencitraan perusahaan, sehingga bisnis Anda memiliki citra baik di mata masyarakat. Sehingga, ketika Anda ingin membuat sebuah kartu nama, buatlah dengan baik dan sesuai dengan kesan yang ingin ditimbulkan kepada setiap orang yang membaca kartu nama Anda.

Untuk cetak kartu nama yang baik, bukan hanya desain saja yang perlu diperhatikan, namun pemilihan bahan juga perlu diperhatikan. Dengan bahan yang sesuai tentu kesan yang Anda inginkan akan tersampaikan dengan baik oleh pembaca kartu nama tersebut. Berikut beberapa jenis kertas untuk kartu nama yang bisa Anda gunakan untuk bisnis.

Art Paper

Pada jenis bahan art paper biasanya memiliki permukaan yang licin, halus, juga mengkilap (glossy). Bahan art paper ini memiliki ketebalan yang beragam, mulai dari 85 gr, 100 gr, 115 gr, 120 gr, hingga 150 gr. Permukaan art paper yang dilapisi (coated) membuat jenis bahan ini tidak mudah menyerap cairan. Oleh karena itu, jika terkena tintu pulpen, tinta akan lambat mengering sehingga tidak dapat mengotori kartu nama. Untuk Anda yang ingin memberikan kartu nama saja tanpa ditulisi sesuatu, maka Anda dapat cetak kartu nama dengan bahan Art Paper ini.

Art Carton

Art carton juga memiliki ketebalan yang bervariasi, mulai dari 190 gr, 210 gr, 230 gr, 260 gr, 310 gr, 350 gr, hingga 400 gr. Art carton memiliki karakteristik hampir mirip dengan art paper, namun art carton lebih tebal. Berat dari bahan ini tergolong cukup tebal untuk sebuah kartu nama. Selain itu, permukaan art carton juga memiliki kesamaan dengan art paper yaitu cukup licin dan mengkilap, sehingga kartu nama cukup sulit untuk ditulisi dengan pulpen. Jika Anda ingin penerima kartu nama dapat mencatat sesuatu pada kartu nama Anda, tentu bahan ini kurang cocok untuk Anda. Bahan art carton ini biasanya setelah kartu nama selesai dicetak, akan diberikan finishing berupa laminasi glossy atau doff.

Mohawk Option

Mohawk option adalah bahan impor yang merupakan bahan daur ulang dari kertas-kertas bekas. Mohawk option memiliki ketebalan 104 gr, 118 gr, 176 gr, 216 gr, dan 243 gr. Permukaan jenis kertas ini sangat halus, dan biasanya tidak dilapisi, sehingga mohawk option memiliki daya serap tinta yang tinggi. Jenis bahan ini bisa dicetak 2 sisi (bolak-balik). Hasil dari cetakan menggunakan kertas ini sangat bagus, sehingga banyak para desain grafis yang menyukai jenis ini. Untuk Anda yang ingin memberikan kartu nama yang dapat ditulis sesuatu, 

Linen Jepang

Salah satu kertas lokal yang biasanya digunakan untuk membuat piagam. Kertas linen memiliki tekstur bergaris dengan warna putih. Bahan ini cocok digunakan untuk Anda yang ingin mencetak kartu nama bagi perusahaan, karena dengan menggunakan bahan ini akan memberi kesan eksklusif namun tidak berlebihan.

Linen Holland

Bahan Linen Holland merupakan kertas impor, yang memiliki kemiripan dengan linen jepang, namun warna linen holland lebih putih dan sedikit lebih tebal. Bahan ini memiliki tekstur yang sama juga dengan linen jepang yaitu memiliki garis-garis berwarna putih, namun tekstur ini lebih jelas terlihat pada linen holland.

Blues White (BW)

Jenis bahan blues white atau yang lebih akrab disebut BW biasanya halus namun tidak dilapisi seperti art paper dan art carton. Bahan ini mirip dengan kertas manila, tidak mengkilap, kaku, dan dapat ditulisi. Sehingga bahan ini cocok untuk Anda yang mengharapkan kartu nama Anda ditulisi oleh penerima kartu nama bisnis Anda. Biasanya, blues white hanya dicetak satu sisi saja.

Splendorgel

Sifat dari bahan ini memiliki permukaan yang halus dan berwarna putih terang, sehingga hasil cetakan menjadi sangat terang dan jelas. Maka, untuk Anda yang ingin membuat kartu nama dengan blok warna, cobalah bahan splendorgel.

Nettuno

Bahan ini cukup artistik karena memiliki tekstur seperti serat kayu. Keunikan tekstur dari bahan ini membuat bahan nettuno cukup digemari oleh banyak orang. Jika Anda ingin membuat kartu nama yang minimalis, maka nettuno adalah bahan yang sangat cocok untuk digunakan.

Setelah mengetahui jenis kertas untuk kartu nama, apakah Anda sudah menentukan akan membuat kartu nama dengan bahan apa? atau Anda masih bingung?. Jangan khawatir,  Anda dapat konsultasikan langsung kartu nama Anda dengan tim profesional kartunama.net.

Selain itu, Anda dapat cetak kartu nama secara online di kartunama.net hanya dalam 2 jam kartu nama Anda akan tiba di tangan Anda. Ada banyak pilihan desain kartu nama yang bisa dipilih, atau Anda bisa membawa desain kartu nama sendiri. Tunggu apalagi? Buat kartu nama bisnis Anda sekarang juga hanya di kartunama.net. Kini, Anda juga bisa membuat kartu nama lewat Tokopedia lho! Yuk buat kartu nama sekarang!