5 Manfaat Promosi yang Dapat Memberikan Keuntungan Bagi Bisnis

Pasti sudah tidak asing lagi bukan istilah promosi di kehidupan Anda? Ya, saat ini banyak sekali promosi yang sering kita jumpai dan dilakukan oleh hampir semua bisnis yang ada. Mulai dari diskon, cashback, reward, bebas ongkos kirim, buy 1 get 1, dan masih banyak lagi. Promosi sendiri merupakan sebuah usaha yang dilakukan seseorang, bisnis, atau perusahaan untuk menginformasikan dan memengaruhi target konsumen agar nantinya bisa tertarik melakukan pembelian dan mencoba produk atau layanan yang ditawarkan. Lalu, kenapa promosi ini dilakukan oleh hampir semua bisnis? Apa manfaatnya? Di bawah ini kartunama.net akan menjabarkan beberapa manfaat yang bisa didapatkan dengan melakukan promosi.

Customer Loyalty

Dengan melakukan promosi, Anda bisa meningkatkan loyalitas konsumen agar nantinya tidak beralih ke produk kompetitor. Hal ini tentu bisa memberikan keuntungan jangka panjang bagi bisnis Anda. Apalagi jika bisnis Anda memang dibutuhkan oleh pelanggan dan bisa memenuhi keinginan pelanggan. Dapat dipastikan pelanggan tidak akan beralih ke kompetitor. Tapi promosi apa yang bisa Anda lakukan?

Untuk membuat pelanggan menjadi loyal terhadap bisnis Anda, cobalah buat loyalty program yang bisa memberikan keuntungan besar bagi pelanggan. Misalnya, memberikan hadiah bagi pelanggan dengan pembelian terbanyak setiap bulannya, atau memberikan bonus setelah pelanggan melakukan pembelian ke-5, dan seterusnya. Ini semua bisa Anda sesuaikan kembali dengan target pelanggan Anda.

Media Komunikasi

Tidak selalu memberikan diskon atau penawaran khusus bagi calon pelanggan, promosi juga bisa berupa informasi mengenai produk atau bisnis Anda. Misalnya, ketika Anda ingin mengeluarkan varian baru dari produk yang dijual atau ketika Anda ingin menyasar target audience baru di lokasi yang belum mengenal produk Anda, dan seterusnya.

Disinilah peran promosi yang akan membantu bisnis atau perusahaan untuk menyampaikan informasi-informasi yang ingin disampaikan kepada para pelanggan dan calon pelanggan. Jadi, pastikan Anda memilih media promosi yang tepat dan sesuai dengan karakteristik calon pelanggan atau pelanggan Anda. Misalnya, ketika pelanggan Anda adalah kalangan millennial yang selalu update di social media, maka Anda bisa mempromosikan bisnis melalui Instagram, TikTok, Line Chat, dan sebagainya.

Membangun Brand Awareness

Salah satu manfaat promosi adalah meningkatkan brand awareness dan memperkenalkan brand atau produk ke masyarakat lebih luas. Semakin dikenalnya bisnis, maka bisnis tersebut bisa menjadi top of mind di masyarakat. Hal inilah yang membuat promosi menjadi hal penting yang harus dilakukan oleh bisnis, baik bisnis baru, bisnis kecil, bahkan bisnis yang besar pun tetap membutuhkan promosi.

Ada banyak media promosi yang bisa membantu Anda membangun brand awareness mulai dari social media, influencer, website, dan masih banyak lagi. Semuanya bisa Anda pilih dan sesuaikan dengan tujuan bisnis maupun target audience Anda.

Mempertahankan Citra Perusahaan

Promosi juga bisa menjadi salah satu cara paling efektif untuk mempertahankan citra dari serangan-serangan agresif para kompetitor sebuah perusahaan. Dengan promosi inilah Anda bisa lebih membangun citra brand ataupun perusahaan. Dengan citra yang telah Anda bangun sedemikian rupa, maka akan sulit untuk dijatuhkan oleh perusahaan lainnya, terutama kompetitor.

Dengan promosi inilah, Anda bisa mempertahankan citra perusahaan dengan lebih maksimal. Namun, pastikan Anda tidak pernah melakukan kesalahan dalam menjalankan bisnis atau kesalahan yang dilakukan tidaklah memiliki dampak fatal yang memengaruhi penurunan citra perusahaan.

Trial and Repeat Buying

Bagi Anda yang baru menjalankan bisnis, promosi memiliki manfaat tersendiri. Selain mampu memperkenalkan brand ke target audience, promosi juga bisa membantu meningkatkan kemungkinan bisnis untuk terus mendapatkan pembeli baru dan juga pembeli berulang. Untuk melakukan hal ini, di awal perjalanan bisnis mungkin Anda bisa memberikan sampel dan meminta target audience mencoba produk yang akan dijual. Dengan begitu, mereka akan lebih mudah tertarik dan akan melakukan pembelian jika dirasa produk tersebut memang dibutuhkan mereka.

Itulah beberapa manfaat promosi yang bisa Anda dapatkan. Tanpa adanya promosi, Anda akan sulit memperkenalkan bisnis kepada target audience atau orang yang berkepentingan seperti supplier, calon investor, dan sebagainya.

Setelah mengetahui manfaat promosi, kini saatnya Anda bisa melakukan promosi secara langsung dengan kartu nama. Meski banyak orang yang menganggap kartu nama terlalu jadul, nyatanya kartu nama termasuk dalam kategori media promosi yang masih efektif dilakukan meski di era digital seperti saat ini.

Untuk membuat kartu nama bisnis dengan mudah, Anda bisa mempercayakannya di kartunama.net. Di sini, Anda bisa membuat desain kartu nama sesuai dengan bisnis yang sedang Anda jalankan dan mencetak kartu nama dengan lebih mudah dan cepat hanya dalam waktu 2 jam, dan siap dikirim ke lokasi Anda. Jadi tunggu apalagi? Cetak kartu nama Anda sekarang di kartunama.net!