7 Cara Mendapatkan Pinjaman Modal Usaha dengan Mudah

7 Cara Mendapatkan Pinjaman Modal Usaha dengan Mudah

Modal menjadi salah satu hal penting ketika Anda ingin mengembangkan bisnis. Tanpa adanya modal yang besar, bisnis Anda akan sulit untuk berkembang dan terus stagnan di level yang sama. Jika hal ini terjadi secara terus menerus, bisnis Anda lama kelamaan bisa mengalami kebangkrutan karena tidak bisa berkembang dan tidak bisa bersaing dengan kompetitor yang ada. Jadi, bagi Anda yang telah memiliki bisnis, pastikan Anda memiliki modal yang cukup untuk mengembangkan bisnis. Untuk mendapatkan modal, Anda bisa mengajukan pinjaman modal usaha ataupun mempersiapkannya dengan menabung sedikit demi sedikit. Namun, mempersiapkan modal dengan menabung butuh waktu yang lama  dan bisa mengakibatkan bisnis Anda stagnan terlalu lama dan tidak mendapatkan peluang untuk berkembang. Agar hal ini tidak terjadi pada bisnis Anda, di bawah ini adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan pinjaman modal usaha.

Mengambil Tabungan & Investasi yang Dimiliki

Jika Anda memiliki tabungan dan investasi, Anda bisa mengambilnya untuk mendapatkan modal usaha tanpa harus melakukan kredit atau mengajukan pinjaman. Ini menjadi salah satu cara paling aman yang bisa Anda lakukan. Ketika mengambil tabungan dan investasi menjadi salah satu cara yang ingin Anda gunakan, pastikan untuk menyisihkan sebagian tabungan yang Anda miliki sebagai dana darurat jika suatu hari nanti terjadi hal mendesak. Sehingga, Anda tidak perlu meminjam uang ke bank ataupun ke orang lain.

Menjual atau Menggadaikan Aset Berharga

Untuk mendapatkan modal usaha tambahan, Anda juga bisa menjual beberapa aset dan barang berharga yang Anda miliki dan tidak terlalu digunakan, seperti gadget, jam tangan, sepatu dan tas branded, kamera, perhiasan, dan sebagainya. Sedangkan, bagi Anda yang tidak rela menjual barang-barang kesayangan tersebut tapi membutuhkan dana untuk modal usaha, Anda bisa coba menggadaikannya.

Di mana, dengan menggadaikan barang tersebut berarti Anda hanya menitipkan barang-barang tersebut sementara di kantor pegadaian, dan kemudian bisa ditebus kembali setelah Anda melunasi seluruh pinjaman yang diterima. Perlu diketahui juga bahwa ketika Anda menggadaikan barang, berarti Anda juga harus siap membayarkan bunga yang diberikan pihak pegadaian, meski begitu bunganya relatif kecil dan tidak terlalu memberatkan. 

Meminta Bantuan Orang Terdekat

Jika Anda tidak berani mengajukan pinjaman ke bank, Anda bisa coba meminta bantuan orang terdekat. Biasanya mereka akan terus mendukung, serta ingin melihat kemajuan Anda baik secara finansial maupun karakter. Cobalah ajak orang terdekat berdiskusi dan jelaskan dengan detail apa yang akan Anda lakukan dan bagaimana ide bisnis yang Anda miliki. Biasanya mereka akan memberikan Anda bantuan secara sukarela. Cobalah mulai dengan mengajukan pinjaman kepada teman, orang tua, saudara, atau siapa saja yang menjadi orang terdekat Anda, kemudian katakan dengan jelas bahwa uang tersebut akan Anda gunakan sebagai modal usaha. Jangan lupa pastikan bahwa Anda kan mengembalikan dalam jangka waktu tertentu yang telah disepakati bersama. Dengan meminjam ke orang terdekat, Anda tidak perlu memikirkan bunga dan bisa fokus pada bisnis Anda. 

Investor Bisnis

Bagi Anda yang ingin mendapatkan pinjaman dana dalam jumlah besar dan telah memiliki rencana bisnis jangka panjang, Anda bisa mulai mencari investor yang dapat menyuntikan dana untuk perkembangan bisnis. Untuk mendapatkan investor, cobalah mulai dengan menyusun business plan yang menarik dan pastikan Anda telah menyiapkan ide bisnis yang matang. 

Setelah Anda menyusun business plan dan percaya bahwa ide bisnis Anda mampu untuk menarik investor, Anda bisa mendatangi acara-acara seminar yang sering diadakan beberapa pihak tertentu seperti perusahaan atau lembaga-lembaga yang bergerak di suatu industri. Di sini, Anda bisa berkenalan langsung dengan investor dan melakukan networking bisnis. Agar bisa berkesempatan untuk mempresentasikan business plan yang telah Anda buat, jangan lupa untuk memberikan kartu nama di setiap acara yang Anda kunjungi. Dengan begitu, Anda bisa membuka peluang dan kesempatan untuk dihubungi oleh investor jika dirasa bisnis Anda sesuai dengan apa yang mereka cari.

Untuk membuat kartu nama dengan kualitas terbaik, Anda bisa membuatnya secara langsung dan online, kapan dan di mana saja melalui platform kartunama.net. Dengan kartunama.net, Anda bisa membuat kartu nama dengan berbagai macam pilihan desain yang bisa disesuaikan dengan industri bisnis Anda. Selain itu, di sini Anda juga bisa mendapatkan kartu nama hanya dalam waktu 2 jam langsung dikirim ke lokasi Anda.

Kredit Usaha Rakyat (KUR)

KUR atau Kredit Usaha Rakyat adalah program dari pemerintah yang bisa membantu usaha milik rakyat seperti usaha mikro, kecil, dan menengah. Melalui program ini, Anda yang menjalankan usaha di bidang pertanian, perikanan dan kelautan, kehutanan, dan jasa keuangan simpan pinjam bisa mengajukan pinjaman modal usaha.

Untuk menyukseskan program ini pemerintah bekerja sama dengan beberapa bank BUMN seperti Mandiri dan Mandiri Syariah, BTN, BRI, Bukopin, BNI dan BNI Syariah, serta Bukopin. Dengan mengikuti program ini, bunga yang Anda dapatkan pun cukup rendah jika dibandingkan bank lainnya yaitu hanya 7% per tahun dengan jumlah pinjaman hingga 500 Juta Rupiah dan tenor hingga 6 tahun. Untuk mendapatkan pinjaman modal usaha melalui program ini, Anda hanya perlu menyiapkan beberapa dokumen seperti kartu identitas, SIUP/TDP, akte pendirian usaha, laporan keuangan, dan persyaratan lain yang ditentukan bank tersebut. 

Kredit Tanpa Agunan (KTA)

Selain KUR, Anda juga bisa mendapatkan pinjaman modal usaha melalui program Kredit Tanpa Agunan (KTA). Di mana, dengan program ini Anda tidak memerlukan aset sebagai jaminan dan bisa mendapatkan pinjaman dengan bunga yang cukup rendah yaitu di bawah satu persen.

Selain itu, dengan mengajukan pinjaman melalui program ini, Anda juga bisa mendapatkan pinjaman hingga Rp300 Juta dengan tenor hingga 5 tahun. Untuk mengajukannya pun mudah, Anda hanya perlu mempersiapkan beberapa dokumen seperti KTP, NPWP, SIUP, dan sebagainya.

Peer to Peer Lending

Peer to Peer Lending menjadi salah satu platform yang saat ini sedang tren dan sering dicari pengusaha dalam mengajukan pinjaman modal usaha. Peer to Peer (P2P) Lending merupakan perusahaan financial technology sebagai tempat yang mempertemukan investor dan pemilik bisnis untuk melakukan transaksi pinjam meminjam yang bisa dilakukan secara online.

Melalui P2P Lending, Anda bisa meminjam modal usaha hingga Rp2 Miliar dengan suku bunga yang cukup besar jika dibandingkan program KUR atau KTA. Sistem dari P2P Lending ini adalah pihak perusahaan P2P akan melakukan penggalangan dana dari para pemodal atau investor, dan Anda akan mendapatkan pinjaman ketika para investor telah memberikan pinjaman dan dana yang Anda perlukan telah terpenuhi. Jika tidak ada investor yang tertarik dengan bisnis Anda, maka secara otomatis, pinjaman Anda dinyatakan gagal.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan pinjaman modal usaha. Setelah berhasil mendapatkan pinjaman usaha, pastikan Anda melakukan rencana bisnis yang telah Anda susun dengan baik, sehingga bisnis Anda bisa berkembang sesuai dengan rencana awal.

0 responses