5 Strategi Operasional Bisnis yang Bisa Anda Terapkan di Tengah Pandemi

5 Strategi Operasional Bisnis yang Bisa Anda Terapkan di Tengah Pandemi

Di tengah pandemi seperti saat ini banyak perusahaan atau bisnis yang mengeluh dan khawatir akan kesehatan bisnisnya. Di mana, dampak dari pandemi ini bukan hanya pada kesehatan, tapi juga pada perekonomian. Banyak bisnis yang terdampak virus COVID-19 ini misalnya saja bisnis perhotelan, traveling, retail, hingga bisnis restoran. Meski banyak bisnis yang akhirnya harus gulung tikar, ada banyak juga bisnis yang bisa tetap bertahan meski perekonomian sedang kurang stabil. Mengubah dan merombak strategi operasional bisnis menjadi salah satu cara mereka bertahan di tengah pandemi ini. Lalu bagaimana strategi operasional bisnis yang harus diubah dan dilakukan untuk tetap bisa bertahan di tengah pandemi ini?

Lebih Menjaga Kebersihan

Untuk mencegah penularan virus COVID-19 ini adalah dengan terus menjaga kebersihan dan melakukan protokol kesehatan seperti mencuci tangan, menggunakan masker, dan menjaga jarak. Nah, agar bisnis Anda bisa tetap bertahan meski di tengah pandemi, cobalah buat kebijakan baru mengenai kebersihan bisnis dan ajak karyawan Anda untuk sering membersihkan toko atau tempat bisnis Anda. Misalnya, yang biasanya Anda memiliki kebijakan 2 kali sehari untuk membersihkan seluruh area, maka sekarang kamu bisa meningkatkan frekuensinya jadi setiap 2 jam sekali. Fokuslah pada area yang sering disentuh banyak orang seperti gagang pintu, rak, meja kasir, pegangan tangga, dan sebagainya.

Perbanyak Sarana Sanitasi

Agar pelanggan tidak ragu lagi untuk mengunjungi bisnis Anda dan melakukan transaksi di dalamnya, cobalah untuk menyediakan lebih banyak tempat mencuci tangan. Jangan lupa sediakan juga sabun dan tisu untuk pengunjung restoran. Sehingga, mereka tidak akan ragu dan khawatir lagi untuk mengunjungi lokasi bisnis Anda. Jika memungkinkan, sediakan juga cairan desinfektan di berbagai sudut toko atau restoran seperti tempat pintu masuk atau keluar, di kasir, tangga, dan tempat-tempat lainnya yang banyak dilalui pengunjung.

Baca Juga: Peluang Bisnis Online yang Bisa Hasilkan Keuntungan di Masa Pandemi

Berikan Edukasi pada Karyawan

Karyawan menjadi garda terdepan untuk melakukan transaksi maupun bertransaksi secara tatap muka langsung dengan pelanggan. Jadi pastikan Anda memberikan edukasi secara tepat kepada seluruh karyawan. Cobalah sosialisasikan kepada seluruh karyawan terutama perihal etika batuk dan bersin yang tepat. Misalnya, ketika batuk harus menggunakan tisu kemudian membuang tisu ke tempat sampah, atau ketika bersin mereka harus menutupi dengan tangan saat bersin. Ajarkan juga untuk selalu mencuci tangan dengan benar dan sesering mungkin setelah berinteraksi dengan orang lain atau setelah batuk/bersin.

Berikan juga edukasi mengenai social distancing antar karyawan. Mulai dari apa pentingnya, bagaimana cara melakukannya, dan pentingnya terbuka ketika merasa tidak enak badan atau demam. Tegaskan pada mereka untuk segera lapor pada tim HRD atau Anda ketika menemukan salah seorang di antara mereka mendadak sakit.

Segera berikan masker pada karyawan yang sedang sakit. Jika kondisi memungkinkan, pulangkan karyawan tersebut dan selalu monitor kondisinya selama beberapa hari. Jangan remehkan gejala ringan, karena tinggi kemungkinannya penyebaran virus datang dari mereka yang tidak memiliki gejala sama sekali.

Strategi Operasi untuk Produk Pengganti & Ubah Target Pasar

Banyak bisnis yang terdampak virus COVID-19, mulai dari orderan delivery bertambah sepi, restoran sepi pengunjung, hingga barang yang tidak laku terjual di toko. Jika hal ini terjadi, jangan khawatir dan berputus asa. Cobalah susun strategi operasional lain seperti menjual produk pengganti, hingga ubah target pasar.

Misalnya, ketika saat ini kedai kopi Anda sepi pengunjung? Cobalah jual bubuk kopi secara online lewat media sosial. Atau misalnya Anda memiliki barbershop dan mulai sepi pengunjung, cobalah ubah ke berjualan produk-produk yang biasa digunakan untuk mencukur, seperti krim rambut, pomade, atau pisau cukur buat mereka yang tak bisa mengunjungi barbershop Anda.

Manfaatkan Strategi Digital

Salah satu upaya yang paling sering diterapkan pelaku bisnis di masa pandemi ini adalah dengan memasarkan produk secara online. Bukan hanya membantu mengurangi penyebaran virus dengan meminimalisir kontak dengan orang lain, cara ini juga memungkinkan bisnis Anda tetap berjalan di tengah pandemi. Jika saat ini Anda belum memanfaatkan e-commerce, cobalah manfaatkan e-commerce dan jual produk Anda melalui online. Anda juga bisa mulai bekerja sama dengan layanan pengiriman online seperti Go-Food atau Grab-Food untuk menarik pelanggan Anda secara lebih luas lagi.

Baca Juga: 5 Strategi Marketing yang Membantu Bisnis Bertahan di Tengah Pandemi

Itulah kelima strategi operasional bisnis yang bisa Anda terapkan di tengah pandemi agar bisnis Anda bisa tetap berjalan meski di tengah pandemi. Selain strategi di atas, Anda juga bisa mulai memberikan kartu nama Anda sebagai media promosi kepada pelanggan yang melakukan transaksi pembelian. Misalnya, Anda bisa memberikan kartu nama sebagai kupon untuk memberikan promo kepada pelanggan. Dengan kartu nama jugalah, Anda bisa meningkatkan loyalitas pelanggan dan membuat mereka selalu mengingat bisnis Anda.

Untuk membuat kartu nama berkualitas, kini Anda tidak perlu bingung. Karena dengan kartunama.net, Anda bisa membuat kartu nama bisnis kapan dan di mana saja, sehingga Anda tidak perlu antre dan keluar rumah atau meninggalkan bisnis hanya untuk membuat kartu nama. Jadi, tunggu apalagi? Ubah strategi operasional bisnis Anda dan buat kartu nama sekarang juga di kartunama.net!

0 responses