Strategi Promosi Akhir Tahun Untuk Menaikan Penjualan.

4 Strategi Promosi Bisnis Akhir Tahun untuk Meningkatkan Penjualan

Momen akhir tahun sering dimanfaatkan perusahaan untuk melakukan promosi sekaligus meningkatkan pendapatan bisnis. Di mana, momen ini juga sering dijadikan ajang perlombaan  untuk menarik calon pelanggan. Bagi Anda pengusaha yang juga ingin memanfaatkan momen akhir tahun sebagai waktu yang tepat melakukan promosi, pastikan Anda  merencanakan  strategi promosi yang tepat dan juga sesuai dengan  karakteristik pelanggan. Di bawah ini kartunama.net akan memberikan beberapa strategi promosi yang mungkin bisa diterapkan dalam melakukan promosi akhir tahun untuk menarik pelanggan sekaligus meningkatkan penjualan bisnis.

Manfaatkan Harbolnas

Tanggal 12 Desember dijadikan sebagai Hari Belanja Online Nasional, di mana pada tanggal ini banyak perusahaan atau bisnis yang memberikan promosi besar-besaran, mulai dari potongan harga, gratis ongkir, hingga promo beli 1 gratis 1. Jika Anda ingin bisnis tetap terlihat di mata pelanggan, maka pastikan Anda ikut serta dalam momen HARBOLNAS. Sebelum mengikutinya, pastikan Anda membuat strategi promosi yang tepat dan juga sesuai minat pelanggan.

Misalnya, ketika Anda menjual produk Skin Care, Anda bisa melakukan promo bundling untuk beberapa varian yang memang laris dan sering dibeli pelanggan, sehingga mereka tertarik untuk membeli beberapa produk sekaligus. Jika strategi ini menjadi pilihan Anda untuk melakukan promosi, pastikan Anda memberikan harga yang lebih murah dibanding ketika pelanggan membeli produk satu per satu.

Baca Juga: 4 Media Promosi yang Tepat untuk Bisnis Laundry Kiloan

Berikan Tenggat Waktu Promo

Untuk menarik pelanggan membeli produk Anda dengan lebih cepat, Anda bisa membuat promo dengan tenggat waktu yang singkat. Misalnya, promo hanya berlaku pada pembelian tanggal 12 Desember dari jam 00.00 hingga 12.00. Sehingga, lewat dari waktu itu, pelanggan harus membayarnya dengan harga normal. Hal ini bisa menarik pelanggan untuk segera melakukan pembayaran dan membuat pendapatan bisnis Anda pun langsung meningkat saat itu juga.

Selain itu, dengan tenggat waktu promo, pelanggan akan merasa bahwa ini adalah kesempatan emas mereka untuk mendapatkan promo terbaik Anda. Apalagi jika mereka memang sangat membutuhkan produk yang Anda jual, maka tidak ada alasan lagi untuk tidak langsung langsung membeli produk tersebut pada masa promosi.

Belanja Bareng Teman

Untuk mendapatkan pelanggan baru di akhir tahun, Anda bisa memanfaatkan pelanggan yang Anda miliki untuk mengajak temannya bergabung dalam melakukan transaksi pembelian. Dengan memberikan promo belanja lebih murah bareng teman, secara tidak langsung Anda telah melakukan promosi word of mouth. Misalnya, untuk membeli produk A sendiri mereka harus membayar Rp100.000, namun ketika mereka membeli produk yang sama berdua, maka mereka bisa mendapatkan harga Rp50.000 untuk satu produk.

Hal inilah yang tidak mungkin dilewatkan pelanggan Anda. Mereka akan dengan senang hati mengajak teman mereka untuk bergabung dan melakukan transaksi pembelian bersama. Sehingga, tidak hanya meningkatkan pendapatan, tapi juga bisa menambah pelanggan baru yang mungkin nantinya bisa menjadi pelanggan loyal Anda.

Posting & Dapatkan Diskon

Di era digital seperti saat ini banyak pengusaha yang memanfaatkan social media sebagai salah satu media promosi. Jangan hanya memanfaatkan social media bisnis untuk berpromosi, Anda juga bisa memanfaatkan social media pelanggan Anda untuk melakukan promosi. Misalnya, dengan mengajak mereka memposting atau share postingan Anda ke social media mereka. Berikan mereka reward potongan harga ketika mereka telah memposting promo tersebut di social media mereka. 

Dengan begini, jangkauan bisnis Anda bisa lebih luas lagi dan tidak hanya terbatas pada audience Anda, melainkan ke seluruh audience dari pelanggan Anda yang mungkin belum mengikuti social media bisnis Anda. Menarik bukan?

Itulah beberapa strategi promosi yang bisa Anda lakukan di akhir tahun untuk menarik pelanggan melakukan transaksi sekaligus meningkatkan penjualan bisnis. Pastikan Anda memanfaatkan momen akhir tahun ini untuk berpromosi dengan tepat dan jangan sampai kehilangan momen terbaik ini. Kenapa? Karena biasanya di momen inilah pelanggan menghabiskan uang untuk berbelanja, mulai dari memenuhi kebutuhan mereka hingga memberikan hadiah untuk keluarga maupun teman dalam rangka Natal atau pergantian tahun.

Agar strategi promosi Anda berjalan dengan baik dan sesuai harapan, jangan lupa juga untuk menyiapkan kartu nama di setiap transaksi yang berhasil Anda lakukan. Dengan kartu nama inilah, pelanggan bisa dengan mudah mengingat bisnis Anda dan kembali datang untuk melakukan pembelian di kemudian hari.

Persiapkan kartu nama bisnis Anda sekarang juga dengan membuat dan mencetaknya melalui kartunama.net. Di sini, Anda bisa membuat dan mencetaknya dari mana dan kapan saja, dengan lebih mudah dan cepat. Di kartunama.net, Anda juga bisa mencetak kartu nama mulai dari Rp17 ribuan dengan kualitas terbaik dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda. Jadi tunggu apalagi? Buat kartu nama bisnis Anda sekarang juga untuk persiapkan strategi promosi akhir tahun yang lebih baik.

0 responses