4 Tips Menjalankan Bisnis Perhotelan di Era New Normal

Bisnis perhotelan dan pariwisata menjadi salah satu bisnis yang terdampak adanya pandemi virus corona. Bagaimana tidak? Selama pandemi ini, semua orang diminta untuk tetap di rumah dan melakukan physical distancing. Hal ini dilakukan untuk mengurangi penyebaran virus covid-19. Namun, setelah kurang lebih 3 bulan diberlakukan pembatasan sosial, kini pemerintah mulai membuat kebijakan baru yaitu new normal atau kenormalan baru dengan membuat beberapa peraturan dan kebijakan dalam melakukan kebiasaan baru.

Baca Juga: 6 Persiapan yang Harus Dilakukan Bisnis dalam Hadapi Masa New Normal

Kebijakan new normal ini tentu menjadi salah satu angin segar bagi pengusaha di industri perhotelan dan pariwisata. Di mana, kini seluruh industri hotel dan pariwisata mulai mempersiapkan diri untuk kembali menyambut tamu di era new normal. Meski begitu, ada beberapa peraturan dan protokol yang harus dipenuhi oleh pengusaha sebelum membuka bisnisnya kembali. Di bawah ini, kartunama.net akan menjelaskan beberapa tips menjalankan new normal untuk bisnis perhotelan di Indonesia.

Menyediakan Protokol Kesehatan

Protokol kesehatan menjadi salah satu standar yang harus dimiliki hotel untuk menyambut tamu selama masa new normal. Selain untuk mengikuti kebijakan pemerintah, protokol kesehatan juga dilakukan untuk menjaga tamu sekaligus karyawan hotel agar tidak tertular virus covid-19. 

Pengusaha perhotelan harus melakukan hal ini secara konsisten dan terus menerus selama pandemi masih berlangsung. Untuk memastikan hal ini dilakukan oleh seluruh industri perhotelan Indonesia, pemerintah telah menugaskan badan khusus yang akan melakukan audit ke seluruh hotel di Indonesia. Jika ditemukan pelanggaran, bisnis akan ditutup ataupun diberikan sanksi lainnya.

Baca Juga: 4 Strategi Bisnis untuk Bantu Bisnis Bangkit di Era New Normal

Beberapa protokol kesehatan yang harus dilakukan mulai dari melengkapi seluruh karyawan dengan alat pelindung diri seperti menggunakan masker, sarung tangan, dan face shield. Selain itu, hotel juga diwajibkan untuk menyediakan hand sanitizer di beberapa titik, serta melakukan pembersihan area hotel dengan desinfektan, terutama di tempat yang selalu disentuh tamu. Hal ini juga harus dilakukan secara berkala, minimal 3 jam sekali.

Melakukan Penerapan Physical Distancing

Untuk mendukung kebijakan pemerintah sekaligus membantu penyebaran virus covid-19, Anda sebagai pemilik bisnis perhotelan juga harus memastikan penerapan physical distancing selama di hotel. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk melakukan penerapan physical distancing, misalnya dengan mengurangi kapasitas restoran, menyediakan buku digital dengan menggunakan barcode yang bisa diakses tamu hotel melalui smartphone, memberikan fasilitas pembayaran non tunai, dan sebagainya.

Menambah Fasilitas Kelengkapan Tamu

Ketika tamu akan menginap di hotel, biasanya hotel akan menyediakan dan memberikan beberapa fasilitas seperti handuk, sabun, sikat gigi, sampo, dan sebagainya. Namun, selama masa pandemi seperti sekarang, bisnis perhotelan harus menambahkan beberapa kelengkapan tamu di kamar hotel seperti masker, hand sanitizer, dan tisu beralkohol. Hal ini akan membantu Anda memastikan tamu tetap melakukan protokol kesehatan bagi diri mereka sendiri selama liburan di hotel.

Memberikan Layanan Extra

Di pagi hari biasanya pihak hotel akan menyediakan sarapan di hotel secara prasmanan bagi seluruh tamu hotel yang menginap. Hal ini tentu tidak mungkin dilakukan selama masa pandemi, dikarenakan akan menimbulkan banyak kerumunan di restoran hotel. Untuk memastikan layanan ini tetap diberikan, Anda bisa memberikan sarapan dalam bentuk kotakan dan mengantarkannya langsung ke kamar tamu hotel. Sehingga, tamu hotel tidak perlu meninggalkan kamar hanya untuk sarapan.

Hal ini juga berlaku untuk makan siang ataupun makan malam, Anda bisa menyediakan kartu nama di setiap kamar hotel yang bisa mempermudah tamu hotel untuk menghubungi karyawan Anda ketika ingin memesan makanan dari kamar. Berikan juga layanan antar ke kamar, sehingga tamu tetap bisa di rumah dan tanpa harus ke luar kamar.

Baca Juga: Cetak Kartu Nama Hemat Hanya Rp17 Ribuan

Nah, jika tamu hotel ingin makan di restoran, mintalah tamu untuk melakukan pemesanan tempat sebelum datang ke restoran, sehingga Anda bisa melakukan pembatasan sosial di restoran. Hal inilah yang mengharuskan Anda untuk menyediakan kartu nama di setiap kamar tamu.

Untuk pemesanan kartu nama, Anda bisa melakukannya secara online, kapan dan di mana saja melalui situs kartunama.net. Hanya dalam waktu 2 jam, kartu nama Anda siap diantar ke lokasi. Selain itu, di kartunama.net, Anda juga tidak perlu khawatir masalah kualitas, karena seluruh kartu nama yang dicetak di kartunama.net memiliki kualitas terbaik dengan bahan-bahan pilihan. Jadi, sudah siap hadapi new normal di masa pandemi? Cetak kartu nama bisnis perhotelan Anda sekarang juga di kartunama.net.