7 Perlengkapan yang Harus Dipersiapkan Ketika Memulai Bisnis Wedding Organizer

Memiliki bisnis wedding organizer memberikan kenikmatan sendiri bagi sebagian pebisnis. Bukan hanya nikmat ketika mendapatkan keuntungan yang besar, tapi juga kenikmatan ketika melihat pasangan bergembira melaksanakan momen pernikahan. Belum lagi momen sakral yang terjadi dalam bisnis yang memberikan kegembiraan tersendiri. Nah, apakah Anda termasuk salah satu orang yang ingin memulai bisnis wedding organizer ini? 

Untuk memulai bisnis ini, ada beberapa perlengkapan yang Anda butuhkan, dan perlengkapan ini cenderung mahal, namun bisa digunakan berkali-kali. Sehingga, Anda tidak perlu mengeluarkan modal berkali-kali untuk biaya operasional bisnis. Lalu apa saja perlengkapan yang bisa Anda perlukan? Di bawah ini adalah beberapa perlengkapan yang wajib Anda miliki dan persiapkan ketika ingin memulai bisnis wedding organizer.

Tenda

Perlengkapan pertama yang harus masuk ke dalam daftar perlengkapan yang harus Anda beli adalah rangka tenda beserta kain yang akan digunakan. Meski saat ini banyak orang yang lebih senang melaksanakan acara pernikahan di gedung, perlengkapan tenda masih sangat diperlukan, terutama jika jumlah tamu undangan cukup banyak.

Sebelum membelinya, perhatikan ukuran tenda yang akan Anda beli. Di mana, semakin luas suatu tenda, maka semakin mahal juga harga tenda yang harus Anda beli. Selain itu, Anda juga masih perlu menutupi tenda dengan kain agar terlihat lebih rapi dan memberikan kesan yang manis. Pilihlah jenis kain yang tebal dengan warna yang bagus agar jasamu lebih terlihat profesional dan berkelas.

Set Pelaminan

Pelaminan juga menjadi perlengkapan inti yang wajib Anda miliki ketika ingin memulai bisnis wedding organizer. Saat ini banyak model pelaminan modern, cantik, dan menarik yang bisa Anda pilih. Pastikan Anda memilih pelaminan yang sedang tren dan banyak diminati calon pengantin. Selain itu, jangan lupa untuk melengkapinya dengan dekorasi yang sesuai, seperti bunga artificial, pot tanaman, lampu gantung, dan lain-lain.

Khusus perlengkapan ini, cobalah Anda membeli beberapa pelaminan, karena masing-masing calon pengantin memiliki selera yang berbeda. Jangan lupa pastikan Anda memilih model yang sedang tren agar bisnis wedding organizer Anda ramai disewa pelanggan.

Meja dan Kursi

Meja dan kursi juga menjadi perlengkapan pesta pernikahan yang wajib Anda miliki ketika memulai bisnis wedding organizer. Di mana, dalam pesta pernikahan, kedua perlengkapan ini dibutuhkan untuk penerima tamu, tamu, tuan rumah, hingga tempat prasmanan. Semua ini perlu dibedakan, karena masing-masing kebutuhan memiliki perbedaannya..

Agar cocok dengan berbagai macam tema dan dekorasi pilihlah meja dan kursi berwarna putih. Di mana, warna ini cukup netral dan mudah dipadupadankan dengan dekorasi lainnya, seperti kain tenda, pelaminan, dan lain-lain.

Perlengkapan Pengantin

Agar bisnis wedding organizer Anda lengkap dan tidak perlu mencari vendor lainnya, Anda juga harus mempersiapkan perlengkapan rias pengantin. Pastikan Anda memiliki set perlengkapan rias, mulai dari kosmetik, pakaian pengantin, pakaian pendamping, aksesori, hingga dekorasi kamar pengantin. Jika dirasa Anda tidak bisa merias, Anda bisa menyewa jasa perias pengantin atau Anda bisa melakukan kursus rias pengantin. Sehingga, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk menyewa jasa makeup artist.

Khusus pakaian pengantin, cobalah Anda memiliki berbagai macam model. Karena semakin banyak pilihan dan model, maka semakin menarik dan diminati bisnis Anda. Biasanya, pakaian pengantin akan sesuai dengan tema dan adat pernikahan yang diusung, misalnya tradisional, modern, atau internasional. Jadi, Anda bisa memilih model pakaian yang sesuai dengan tema pernikahan, dan pilihlah warna yang sepadan dengan pelaminan atau tenda yang Anda miliki.

Perlengkapan Makan

Makanan atau katering tidak bisa dipisahkan dengan acara besar seperti pesta pernikahan. Sehingga, ketika Anda menjalankan bisnis, memiliki perlengkapan makan menjadi hal wajib yang harus Anda perhatikan. Ada banyak perlengkapan makan yang harus Anda miliki seperti sendok, piring, gelas, cangkir, dan sebagainya. Selain alat makan, Anda juga perlu membeli perabot katering lain seperti kompor, panci, tempat sayur berbagai ukuran dan model, sendok sayur, dan sebagainya.

Baca Juga: Tips Menjalankan Bisnis Kuliner Agar Tetap Untung di Tengah Pandemi

Foto dan Video

Momen pernikahan menjadi momen sakral yang ingin diabadikan seluruh pasangan. Jadi, ketika Anda memiliki bisnis wedding organizer, pastikan juga Anda memiliki set perlengkapan fotografi dan videografi berupa kamera profesional dan item pendukung lainnya seperti lighting, set background, tripod, dan lensa tambahan.

Dengan begitu, selain mendapat keuntungan dari jasa wedding organizer, Anda juga bisa mendapatkan keuntungan dari jasa foto dan video. Jika dirasa Anda belum mumpuni untuk membeli perlengkapan ini dan tidak memiliki keahlian di bidang fotografi dan videografi, Anda bisa coba mengajak vendor foto dan video untuk bekerja sama.

Sound System

Tidak seru ketika pesta pernikahan sunyi tanpa suara bukan? Jadi, pastikan bisnis wedding organizer Anda juga memiliki perlengkapan sound system, yang meliputi powered audio mixer, speaker berbagai ukuran, microphone, set kabel lengkap, amplifier, serta external device lainnya.

Jika dirasa untuk membeli sound system terlalu berat, Anda juga bisa bekerja sama dengan vendor yang menyediakan penyewaan alat sound system sekaligus bekerjasama dengan vendor musik, seperti dangdut, campur sari, dan sebagainya. Hal ini tentu mengurangi biaya operasional dan juga menghemat pengeluaran untuk modal usaha.

Itulah beberapa perlengkapan yang harus Anda perhatikan ketika ingin memulai bisnis wedding organizer. Dengan memenuhi seluruh perlengkapan di atas, Anda bisa menjalankan bisnis ini dengan baik dan mendapatkan keuntungan maksimal. Selain perlengkapan di atas, Anda juga harus mempersiapkan kartu nama untuk memulai promosi bisnis wedding organizer.

Dengan kartu nama, Anda bisa memulai promosi dengan mudah ke calon pelanggan. Cobalah berikan kartu nama bisnis ke setiap pelanggan atau calon pelanggan yang datang. Sebelum memberikan kartu nama, pastikan Anda membuat kartu nama yang tepat dengan kualitas baik. Untuk membuat kartu nama dengan kualitas terbaik, Anda bisa membuatnya dengan mudah, kapan dan di mana saja melalui kartunama.net.

Baca Juga: Cetak Kartu Nama Hemat Hanya Rp17 Ribuan

Dengan kartunama.net, Anda bisa membuat kartu nama dengan desain yang bisa disesuaikan dengan bisnis. Selain itu, Anda juga bisa mencetak kartu nama hanya dalam waktu 2 jam, dan kartu nama bisa langsung dikirim ke alamat Anda. Jadi tunggu apalagi? Buat kartu nama bisnis wedding organizer Anda sekarang juga dan dapatkan keuntungan maksimalnya!