5 Alasan Tepat Menjalankan Bisnis Lokal Mulai Hari Ini!

Bisnis lokal berperan penting dalam memperbaiki perekonomian Indonesia yang sempat anjlok karena adanya pandemi virus corona. Oleh karena itu, pada Mei 2020 lalu, Presiden Joko Widodo lewat gerakan nasional #BanggaBuatanIndonesia mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk mengutamakan produk dalam negeri, khususnya usaha kecil, menengah, dan mikro (UMKM). Dengan membeli produk lokal, pelaku usaha kecil bisa terbantu dan tekanan ekonomi terhadap masyarakat bisa berkurang.

Jokowi mengatakan banyak karya dan produk Indonesia yang membanggakan dan kreatif, serta memiliki desain dan kualitas yang tidak kalah dengan produk-produk luar negeri.

“Karya-karya semua anak bangsa ini harus kita apresiasi harus kita hargai harus kita dukung, harus kita beri ruang seluas-luasnya harus kita manfaatkan dan kita gunakan untuk keselamatan dan untuk kemajuan bangsa dan negara kita.”

Presiden Joko Widodo

Gerakan ini bisa membantu Anda, para pemilik bisnis lokal untuk terus maju dan menunjukkan kreativitas yang mampu bersaing. Selain membantu perekonomian bangsa, Anda juga bisa memenuhi kebutuhan seluruh masyarakat Indonesia di tengah pandemi seperti sekarang. Lalu, apa saja alasan yang membuat Anda harus mulai menjalankan bisnis lokal mulai sekarang?

Meningkatkan Pendapatan Negara

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa bisnis lokal bisa membantu meningkatkan pendapatan negara. Di mana, dengan meningkatnya pertumbuhan produk lokal hingga melakukan ekspor ke luar negeri, negara bisa mendapatkan keuntungan dari hasil penjualan tersebut, yang secara otomatis akan masuk ke dalam aliran pendapatan negara.

Selain itu, dengan berkembangnya brand lokal Indonesia, para investor luar akan tertarik untuk mulai berinvestasi di Indonesia, sehingga jumlah investasi akan terus bertambah dan berdampak pada skala dalam negeri yang akan terus berkembang karena modal yang diterima dari investor luar. Perkembang inilah yang akan menjadi titik kualitas produksi yang terus meningkat dan memengaruhi daya saing produk itu sendiri terhadap produk luar negeri, sehingga produk dalam negeri mampu bersaing di luar negeri. 

Menambah Lapangan Kerja

Saat ini banyak masyarakat Indonesia yang kesulitan mendapat pekerjaan, hal ini tentu membuat tingkat kemiskinan terus bertambah dari waktu ke waktu. Namun, dengan membuat bisnis lokal, maka Anda secara tidak langsung sudah membantu pemerintah untuk menciptakan lapangan kerja baru dan mengurangi tingkat pengangguran yang ada. Selain itu, setiap keuntungan yang ada juga bisa digunakan untuk mengembangkan usaha untuk terus menjadi lebih baik lagi.

Sehingga, semakin hari semakin banyak pula karyawan yang bisa Anda pekerjakan dan terus membuka lapangan kerja baru. Setelah merekrut karyawan, jangan lupa juga untuk melakukan training ke seluruh karyawan Anda, sehingga bukan hanya bisnis Anda yang terus berkembang, tapi sumber daya manusia didalamnya pun turut berkembang dan maju. Hal inilah yang akan membuat bisnis Anda terus berkembang dan maju, karena karyawan dan seluruh SDM didalamnya adalah aset berharga yang membantu bisnis maju.

Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat

Dari banyaknya lapangan kerja yang tersedia karena bisnis lokal terus menjamur, hal ini juga akan memengaruhi meningkatnya kesejahteraan masyarakat. Di mana, yang awalnya mereka tidak memiliki penghasilan, kini mereka bisa mendapat penghasilan dan membuat mereka menjadi lebih baik atau sejahtera. Jika hal ini terus menerus terjadi maka akan membawa hal positif bagi negara seperti menekan angka kemiskinan dan kriminalitas. Jadi, bagi Anda yang ingin memulai bisnis, ini adalah saat yang tepat untuk membuat produk lokal dan memperkenalkan bahwa produk lokal tidak kalah hebatnya dengan produk luar. 

Menunjukkan Kualitas Produk Anak Bangsa

Banyak orang yang tidak percaya bahwa Indonesia bisa menghasilkan produk yang tidak kalah hebatnya dengan produk luar negeri. Padahal, saat ini banyak produk dalam negeri yang berhasil diekspor dan dikenal oleh masyarakat luar, mulai dari produk fashion, makanan, teknologi, dan sebagainya.

Dengan memulai bisnis lokal, selain membantu perekonomian negara, Anda juga bisa menunjukkan kualitas produk anak bangsa hingga ke luar negeri. Untuk mewujudkannya, Anda bisa membuat produk dengan kreativitas dan juga inovasi baru. Hal ini bukan hanya bisa menarik minat masyarakat lokal untuk membeli, tapi juga bisa membuat masyarakat luar percaya bahwa Indonesia bisa menjadi negara yang menghasilkan produk dengan kualitas dan kreativitas tinggi.

Mengembangkan Produk dengan Kearifan Lokal

Memulai bisnis lokal berarti Anda juga bisa memadukan unsur kearifan lokal dalam produk yang Anda buat dan jual. Di mana, produk yang dihasilkan bisa menjadi tren baru yang berkualitas tinggi. Sehingga, Anda bisa membuat pelanggan ataupun orang yang membeli produk tersebut bisa membantu dan ikut serta mengeksistensikan budaya lokal Indonesia menjadi produk yang berkualitas tinggi pula.

Meski banyak produk luar yang masuk ke Indonesia, Anda tetap bisa mempertahankan budaya Indonesia dengan menjual produk yang mampu berkompetisi. Salah satu produk lokal yang mampu menjaga kearifan lokal hingga saat ini adalah produk fashion. Misalnya, Anda membuat produk baju modern namun dengan bahan batik. Atau bisa juga Anda membuat produk kuliner yang modern namun tetap memberikan unsur bumbu khas Indonesia, dan sebagainya.

Itulah beberapa alasan bagi Anda untuk membuat dan memulai bisnis lokal. Selain bisa membantu perekonomian Indonesia, bisnis ini juga telah dibantu oleh pemerintah lewat program #BanggaBuatanIndonesia. Nah, bagi Anda yang ingin memulai bisnis lokal jangan lupa untuk mempersiapkan kartu nama sebagai salah satu media marketing dan promosi yang dapat membantu Anda memperkenalkan bisnis dengan lebih mudah.

Untuk membuat kartu nama dengan kualitas terbaik dengan cepat dan mudah, Anda bisa mulai membuatnya di kartunama.net. Di sini, Anda bisa menemukan berbagai macam template kartu nama yang bisa disesuaikan dengan industri bisnis. Selain itu, hanya dalam waktu 2 jam, kartu nama yang Anda buat siap diantar ke lokasi tanpa perlu Anda keluar dari rumah. Jadi tunggu apalagi? Mulai bisnis lokal Anda dan perkenalkan bisnis tersebut lebih mudah dengan membagikan kartu nama Anda ke calon pelanggan potensial.