6 Peluang Bisnis Baru di Era New Normal & Pandemi Covid-19

Setelah kurang lebih 3 bulan perekonomian Indonesia berjalan lambat karena terdampak pandemi virus corona. Kini, bisnis Indonesia bisa bangkit dan mulai produktif kembali di era new normal. Adanya kebijakan new normal ini diberlakukan pemerintah demi membangkitkan kembali perekonomian yang selama ini memburuk. Meski bisa beraktivitas kembali, masyarakat tetap diminta untuk mematuhi protokol kesehatan yang ketat dan menggunakan APD (Alat Pelindung Diri) selama beraktivitas di luar rumah. Dengan adanya perubahan perilaku masyarakat selama menjalani physical distancing, di sini ada beberapa peluang bisnis baru yang bisa Anda manfaatkan.

Konsultan Keuangan

Selama pandemi berlangsung, banyak orang yang mulai memperhatikan keuangannya. Hal inilah yang membuat bisnis konsultan keuangan banyak dicari dan sudah tidak asing lagi di telinga banyak orang. Selain itu, saat ini juga sudah banyak ditemui beberapa akun media sosial atau media lainnya yang menyediakan konten edukasi terkait finansial yang mudah dipahami oleh audience. Mulai dari cara mengatur keuangan, menyimpan dana darurat, hingga memberikan beberapa tips investasi.

Baca Juga: 4 Strategi Bisnis untuk Bantu Bisnis Bangkit di Era New Normal

Namun, dengan perubahan perilaku banyak orang yang kini mulai berhati-hati dalam mengatur keuangan, bisnis konsultan keuangan kini makin banyak dicari. Hal inilah yang membuat bisnis konsultan keuangan bisa menjadi salah satu peluang bisnis baru di era new normal dan cocok bagi Anda yang ingin mulai menjalankan bisnis. Sehingga, jika memiliki latar belakang ilmu yang sesuai, Anda bisa mencoba merintis bisnis ini secara kecil-kecilan. Jika dirasa sudah memiliki banyak klien atau pelanggan, Anda bisa mulai mengembangkannya perlahan demi meraih keuntungan yang lebih banyak lagi.

Layanan Kesehatan Online

Selama adanya pandemi virus covid-19, banyak orang yang khawatir untuk pergi ke rumah sakit hanya untuk melakukan konsultasi ataupun berobat. Jika dirasa penyakitnya tidak terlalu mengkhawatirkan dan tidak darurat, banyak dari masyarakat yang lebih memilih membeli obat di apotek dan meminumnya. Namun, ada juga beberapa orang yang tidak bisa sembarang minum obat tanpa melakukan konsultasi dengan dokter atau tidak mengetahui obat apa yang cocok untuk mengobati penyakitnya.

Hal inilah yang membuat bisnis layanan kesehatan online banyak diminati beberapa orang, baik di Indonesia maupun di seluruh dunia. Saat ini sudah ada beberapa startup yang membuat aplikasi dan menyediakan jasa konsultasi dokter secara online. Selain itu, selama physical distancing ataupun selama pandemi berlangsung, bisnis layanan kesehatan online ini diperkirakan akan terus berkembang dan banyak dibutuhkan masyarakat.

Selain itu, bisnis kesehatan online ini juga bisa dimanfaatkan oleh banyak orang untuk melakukan pengecekan awal tes covid-19 secara online. Sehingga jika dirasa memiliki ciri-ciri ataupun gejala covid, masyarakat bisa melakukan karantina mandiri ataupun menghubungi layanan kesehatan. Jadi, jika Anda ingin memulai bisnis baru, bisnis ini mungkin bisa jadi salah satu alternatif bisnis yang menjanjikan bagi Anda di masa pandemi seperti sekarang, serta akan tetap bertahan meski pandemi telah selesai.

Makanan & Minuman Herbal

Di awal pandemi covid-19 menyerang Indonesia, Presiden Joko Widodo menyarankan masyarakat untuk mulai minum jamu setiap hari. Hal ini dilakukan untuk mencegah virus corona masuk ke dalam tubuh. Karena adanya anjuran inilah banyak masyarakat yang mulai gencar mengonsumsi makanan dan minuman herbal seperti jahe, kunyit, temulawak, dan sebagainya.

Baca Juga: Food Preparation Card Gratis untuk Berjuang Bersama di Tengah Pandemi Covid-19

Bagi Anda yang ingin mulai merintis bisnis mulai hari ini, menjual makanan dan minuman herbal bisa menjadi salah satu peluang yang bisa Anda manfaatkan. Di mana, saat ini juga sudah mulai banyak pengusaha yang beralih menjual produk minuman kemasan dan mengambil kesempatan ini agar tidak ada pelanggan yang terlewat.

Misalnya, saat ini Anda merupakan salah satu pengusaha bisnis kopi, mungkin Anda bisa membuat varian kopi dengan menambahkan bahan jamu-jamuan yang menyehatkan. Hal ini bisa menjadi nilai tambah sekaligus menjadi salah satu inovasi baik di tengah pandemi seperti saat ini.

Menyediakan Jasa Training untuk Wirausaha

Selama pandemi berlangsung, angka pengangguran di Indonesia terus meningkat hingga puluhan ribu. Hal ini membuat banyak orang untuk mencoba pola baru dalam berkarir dan mencoba peruntungan untuk memulai membuka usaha. Selain untuk menyambung hidup, ini juga menjadi salah satu waktu tepat untuk mereka mulai membangun usaha sendiri.

Jika Anda memiliki keahlian untuk memberikan pelatihan wirausaha, Anda bisa mencoba membuka jasa training khusus calon pengusaha baru. Untuk memulainya pun mudah, Anda bisa coba dengan memberikan training melalui YouTube atau media sosial lainnya. Untuk memasarkannya, Anda bisa memberikan training singkat secara gratis, dan jika mereka tertarik dan ingin belajar secara detail, Anda bisa mengajak mereka mendaftar ke private training dengan cara membayar sejumlah uang. Namun, pastikan Anda tidak mematok harga yang mahal, karena ini akan menyulitkan calon pengusaha yang ingin mulai berbisnis. 

Pariwisata Lokal

Bisnis pariwisata menjadi bisnis yang paling terdampak pandemi covid-19. Di masa new normal seperti saat ini, pariwisata akan kembali bangkit, terutama destinasi lokal. Hal ini dikarenakan, masih ada banyak orang yang belum berani melakukan traveling ke luar negeri ataupun sulitnya mendapatkan izin terbang ke luar negeri. Seperti yang sama-sama kita ketahui, untuk pergi ke luar negeri seseorang harus melengkapi beberapa dokumen dan melakukan tes cepat atau rapid test.

Inilah yang menjadi salah satu alasan sekaligus kesempatan bagi Anda yang ingin memulai bisnis baru dengan memanfaatkan destinasi lokal. Di mana, banyak orang yang memiliki hobi travelling sudah tidak sabar untuk menikmati jalan-jalan atau sekedar melihat pemandangan di destinasi wisata. Jadi, bagi Anda pemilik travel ataupun ingin memulai bisnis travel, Anda bisa mulai menyusun strategi untuk new normal di Indonesia dan memberikan penawaran liburan dalam negeri yang tidak kalah menyenangkan dengan liburan di luar negeri. Cobalah cari tahu destinasi yang belum dikenal banyak orang dan buatlah paket wisata ke tempat tersebut. Selain memberikan pendapatan dan kesempatan bagi Anda sebagai pemilik bisnis, ini juga menjadi salah satu cara memperkenalkan wisata Indonesia yang kaya dan tidak kalah indah dibanding destinasi wisata luar negeri.

Masker dan Pelindung Wajah

Masker bukanlah barang baru yang digunakan. Sebelum adanya covid-19, banyak orang yang menggunakan masker selama berkendara ataupun selama di angkutan umum. Namun, semenjak adanya wabah virus corona, penggunaan masker menjadi hal wajib bagi seluruh kalangan. Hal ini dilakukan untuk mengurangi penyebaran virus covid di tempat umum ataupun saat beraktivitas di luar rumah.

Selain masker, ada juga topi dengan tirai plastik yang bisa melindungi wajah dari tertularnya virus melalui air liur. Kedua hal ini menjadi dua barang yang akan menjadi bagian fashion di masa new normal di Indonesia. Untuk mengambil kesempatan ini, Anda bisa memasukkan ide-ide kreatifmu, misalnya dengan membuat desain masker yang tren dan sesuai target pasar dan membuat topi tetap fashionable meski dengan tirai plastik.

Itulah beberapa bisnis baru yang bisa Anda manfaatkan menjadi salah satu peluang bisnis dengan keuntungan menjanjikan. Dengan memulai bisnis baru ini, Anda bisa bertahan ataupun melakukan shifting di masa new normal. Jadi, mulai sekarang cobalah untuk memikirkan strategi yang cocok untuk membantu Anda menjalankan bisnis di masa new normal ini. Salah satu strategi yang bisa Anda lakukan adalah dengan menyebar kartu nama bisnis baru Anda ke beberapa calon pelanggan.

Baca Juga: Pentingnya Kartu Nama untuk Bisnis Online di Tengah Pandemi Covid 19

Anda bisa menyisipkan kartu nama ketika ingin melakukan pengiriman barang ataupun saat Anda menjadwalkan pertemuan private dengan calon pelanggan. Dengan adanya kartu nama ini, Anda bisa memperkenalkan bisnis sekaligus membantu penerima kartu nama menghubungi Anda kembali ketika dirasa mereka membutuhkan jasa ataupun produk Anda.

Untuk membuat kartu nama pun kini Anda tidak perlu datang lagi ke percetakan, karena dengan kartunama.net, Anda bisa membuat dan mencetak kartu nama bisnis kapan dan di mana saja secara online. Selain itu, kartu nama juga membantu Anda membuat desain kartu nama agar terlihat profesional, ini cocok bagi bisnis yang belum memiliki desain kartu nama sebelumnya. Jadi, tunggu apalagi? Ambil peluang bisnis baru di era new normal dan buat kartu nama Anda sekarang di kartunama.net.