7 Tipe Pemimpin yang Baik untuk Mengelola Karyawan dalam Bisnis

Sebagai pemilik perusahaan, selain harus mengetahui cara mengelola bisnis yang baik, Anda juga harus mengerti bagaimana cara mengelola karyawan di dalam perusahaan. Seperti yang sudah sama-sama kita ketahui, karyawan merupakan salah satu aset terpenting bagi perusahaan yang akan membantu Anda dan bisnis untuk terus berkembang dan maju. Tanpa adanya karyawan, Anda akan sulit mengelola bisnis untuk lebih maju dan berkembang.

Sebagai pemilik perusahaan yang mulai berkembang mungkin Anda tidak akan terjun langsung ke karyawan, namun Anda tetap harus memerhatikan karyawan lewat manajer ataupun leader yang memimpin masing-masing karyawan. Jadi, sebelum memilih manajer ataupun leader, Anda harus memastikan apakah mereka adalah tipe pemimpim yang baik atau justru tidak cocok dengan budaya kerja perusahaan. Di bawah ini adalah beberapa tipe pemimpin yang baik dan harus Anda ketahui.

Demokratis

Tipe pemimpin ini biasanya akan melibatkan bawahan untuk ikut berkontribusi dalam mengambil keputusan. Tpe pemimpi ini secara proaktif akan meminta dan mempertimbangkan seluruh masukan dari anggota timnya, dan juga menawarkan komunikasi aktif antara atasan ke bawahan, sekaligus mendelegasikan wewenangnya kepada bawahan untuk menyelesaikan beberapa proyek kerja.

Tipe kepemimpinan ini cocok diterapkan di bidang medis atau teknologi, di mana bidang ini membutuhkan kolaborasi antara tiap anggotanya demi organisasi yang berjalan secara optimal. Namun, untuk menjalankan kepemimpinan ini, Anda harus memastikan bahwa pemimpin yang Anda pilih harus memiliki keberanian, kejujuran, kreativitas, keadilan, kecerdasan, dan kompetensi. 

Otoriter

Kepemimpinan otoriter sangat diperlukan di organisasi keamanan seperti TNI, Polisi, Satpam, dan sebagainya. Di mana, pemompin tipe ini terpusat pada bos sebagai pemegang kekuasaan tertinggi dan sangat berguna dalam situasi darurat ketika keputusan harus diambil dengan cepat. Tipe kepemimpinan ini biasanya akan membuat keputusan, peraturan, dan prosedur berdasarkan pemikiran sendiri. Meski begitu, mereka jugalah yang akan bertanggung jawab.

Lingkungan kerja ini tidak memberikan keleluasaan kepada orang-orang yang bekerja didalamnya. Namun, mereka juga memiliki ambisi kuat dan selalu mengharapkan pelaksanaan yang cepat dan tanggap oleh bawahannya. Meski begitu, tipe pemimpin ini tidak hanya mendikte anggota timnua, melainkan mengajarkan mengenai langkah-langkah konkrit apa yang harus dikerjakan demi mencapai tujuan bersama.

Delegatif

Tipe pemimpin ini hampir sama dengan tipe demokratis, di mana mereka akan memberikan wewenang bagi anggotanya untuk mengambil keputusan dan sangat berguna jika dijalankan oleh orang-orang berpengalaman. Meski cukup bagus untuk para bawahan, tipe ini jarang diterapkan karena dianggap memiliki motivasi yang rendah, kecenderungan anggota untuk saling menyalahkan, dan kurangnya produktivitas. Jadi, ketika Anda menemukan tipe pemimpin seperti ini, pastikan mereka memiliki pengalaman yang cukup banyak dan bisa membimbing atau memberikan knowledge kepada bawahannya.

Strategis

Kepemimpinan ini menjadikan seorang pemimpin sebagai kepala dalam perusahaan ataupun organisasi. Biasanya, pemimpin ini tidak hanya berasal dari orang-orang level atas perusahaan. Pemimpin ini bisa Anda pilih untuk tujuan yang lebih luas agar bisa menciptakan kinerja yang baik untuk perusahaan. Jenis kepemimpinan ini biasanya Anda butuhkan ketika dalam masa transisi sebuah organisasi atau perusahaan dan diharapkan dapat membantu perusahaan secara efektif, terutama dalam masa transisi tersebut.

Transformasional

Tipe ini berfokus pada perubahan dalam organisasi, kelompok, dan unsur lain yang terlibat di dalamnya. Di mana, tipe pemimpin ini mampu memotivasi kelompok dan mengarahkannya pada perubahan yang lebih baik dan juga di luar apa yang diharapkan. Pemimpin dengan tipe ini biasanya memiliki sikap enerjik, penuh semangat, dan juga diimbangi dengan kecerdasan. Sehingga, mereka mampu mendorong orang yang dipimpinnya untuk melakukan berbagai hal di luar target awal sehingga pencapaian yang dihasilkan tinggi. Hal inilah yang membuat pemimpin jenis ini memiliki anggota yang berkomitmen dan puas, dan sangat memberdayakan pengikut dengan visi-misi yang sama.

Birokrasi

Tipe pemimpin ini sangat berharap seluruh anggotanya dapat mengikuti aturan dan prosedur yang tepat, sesuai apa yang sudah ditulis. Biasanya tipe ini memiliki fokus pada tugas dalam hierarki, di mana setiap karyawan sudah memiliki daftar tanggung jawab masing-masing, sehingga karyawan wajib mempertanggungjawabkan pekerjaan tersebut. Tipe pemimpin ini sangat cocok ketika Anda membutuhkan pemimpin di divisi atau industri keuangan, kesehatan, dan pemerintahan. Di mana, ketiga industri ini sangat mementingkan SOP atau Standar Operasional Prosedur.

Liberal

Tipe kepemimpinan ini akan memberikan kebebasan kepada seluruh anggotanya untuk melakukan tugasnya masing-masing. Hal ini dilakukan untuk membuat anggota nyaman sehingga seluruh pekerjaannya bisa cepat selesai. Pemimpin tipe ini cenderung tidak banyak mengintervensi namun tetap mengawasi kerja para anggotanya. Jadi, meskipun terlihat cuek, sebenarnya tipe pemimpin ini sangat perhatian dan mampu memonitor anggotanya dengan baik.

Itulah beberapa tipe pemimpin yang baik dan bisa dijadikan rekomendasi ketika Anda ingin memilih pemimpin atau manager di perusahaan. Jika perusahaan Anda masih kecil dan masih belum perlu merekrut pemimpin, Anda bisa memilih dan mencontoh tipe kepemimpinan tersebut untuk Anda.

Selain tipe kepemimpinan, jangan lupa juga untuk memberikan kartu nama ke karyawan Anda untuk mempermudah mereka melakukan promosi penjualan. Untuk membuatnya, Anda bisa dengan mudah memanfaatkan kartunama.net. Di mana, Anda bisa membuat dan mencetak kartu nama bisnis kapan dan di mana saja secara online. Segera buat kartu nama bisnis Anda sekarang juga di kartunama.net.