Tips Membuat Anggaran Perusahaan untuk Bisnis Berkembang

Anggaran perusahaan menjadi salah satu hal penting yang harus Anda miliki ketika ingin merencanakan kegiatan ataupun aktivitas bisnis. Penganggaran ini akan mengacu pada proses di mana sebuah bisnis memperkirakan atau merencanakan keuangannya untuk beberapa periode kedepan. Hal ini sangat penting dilakukan, terutama untuk melakukan efisiensi biaya bisnis di tengah pandemi covid-19 yang kini sedang melanda seluruh dunia, termasuk Indonesia. 

Baca Juga: Tips Menjalankan Bisnis di Tengah Pandemi Covid-19

Dalam merencanakan anggaran keuangan ini biasanya perusahaan akan memulainya dengan rencana proyek, kemudian menentukan jumlah waktu, tujuan, dan biaya proyek.  Dengan adanya anggaran perusahaan inilah, manajemen perusahaan bissa mengembangkan strategi yang masuk akal bagi mereka yang berada di level bawah organisasi. Misalnya, setiap sales manager perusahaan ritel harus bisa menghasilkan pendapatan Rp100 juta per bulan untuk membantu perusahaan mencapai tujuan keuangannya. Untuk lebih jelasnya terkait pentingnya anggaran perusahaan, di bawah ini Kartunama.net akan menjabarkan beberapa hal penting mengenai anggaran perusahaan.

Manfaat & Tujuan Membuat Anggaran Perusahaan

Dengan adanya anggaran perusahaan berarti Anda telah melakukan efisiensi biaya bisnis dan membantu bisnis lebih lancar. Sebagai pemilik perusahaan harus bisa menatap ke depan dan memikirkan kemungkinan yang akan terjadi pada masa mendatang. Disinilah peran anggaran perusahaan yang bisa memberikan salah satu bayangan yang perlu Anda lakukan untuk mencapai tujuan bisnis. 

Setidaknya ada beberapa manfaat pembuatan anggaran, salah satunya membantu melancarkan bisnis perusahaan karena ditunjang dengan kebijakan-kebijakan yang relevan serta perencanaan keuangan yang matang. Selain itu, anggaran ini juga membantu dan mempermudah manajer dalam mengelola serta melaksanakan setiap kegiatan perusahaan.

Bukan hanya itu, anggaran perusahaan juga membantu perusahaan untuk memperkirakan pendapatan dan ekspeditur, yakni membangun model bagaimana bisnis bisa berjalan secara finansial jika menjalankan strategi, peristiwa, dan rencana tertentu. Selain itu, rencana keuangan ini juga membantu perusahaan untuk mengukur perkiraan terhadap kegiatan operasional perusahaan.

Tips Membuat Anggaran Perusahaan dengan Baik

Biasanya banyak perusahaan yang malas membuat anggaran karena pembuatannya sedikit memakan waktu dan sulitnya membuat anggaran. Bagi Anda yang masih bingung membuat anggaran perusahaan, di bawah ini adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk membuat anggaran bisnis.

#1 Luangkan waktu untuk membuat anggaran yang benar

Meski terlihat ribet dan sulit, membuat anggaran itu mudah jika Anda telah terbiasa. Untuk membuat anggaran di awal-awal, cobalah untuk luangkan waktu Anda bersama tim manajemen untuk mengkoordinasi proyek ataupun aktivitas bisnis. Dengan melakukan pertemuan bersama seluruh tim manajemen lah Anda bisa mendapatkan input dan berupaya untuk membuat anggaran sesuai rencana masing-masing divisi.

#2 Terus berlatih & Konsisten Membuat Anggaran

Hal tersulit dalam membuat anggaran keuangan adalah Anda harus bisa memperkirakan apa yang mungkin terjadi di masa depan. Namun, dengan terus berlatih dan konsisten membuat anggaran tiap periodenya, Anda bisa membuat anggaran keuangan yang lebih akurat dan bisa lebih mengontrol hasilnya jika Anda secara aktif menggunakan anggaran. Jadi, mulai sekarang pastikan Anda membuat anggaran tiap periode, baik per kuartal, semester, atau per tahun.

#3 Hindari membuat anggaran yang terlalu detail

Memprediksi hal terlalu detail bukanlah hal yang baik, semua bisa berubah dengan cepat. Daripada membuat anggaran secara detail alangkah lebih baiknya Anda memberikan anggaran yang telah dibuat kepada manajer tiap divisi yang kemudian bisa digunakan untuk mengoreksi pada tingkat yang paling penting saja. Jika Anda mencoba memperkirakan setiap pengeluaran terperinci dan sekecil apapun, detailnya akan membuat Anda pusing sendiri, dan ini justru bisa membuat waktu Anda habis untuk hal yang tidak terlalu penting.

#4 Lakukan pengorbanan bila perlu

Prioritas pasti bisa berubah, termasuk prioritas dalam kebutuhan bisnis. Perlu diketahui tidak semua biaya harus dikeluarkan, apalagi di tengah pandemi covid-19 seperti sekarang. Jika Anda harus mengeluarkan uang untuk kebutuhan dan mendesak yang tidak ada dalam anggaran, Anda bisa menghapus pengeluaran dalam anggaran yang dirasa tidak terlalu dibutuhkan atau masih bisa ditunda. Dengan melakukan hal tersebut, Anda bisa menghemat uang yang tidak seharusnya dikeluarkan, yang belum tentu bisa menghasilkan lebih banyak keuntungan.

#5 Tetapkan target laba dan arus kas

Laba dan Arus Kas menjadi salah satu hal penting yang akan memengaruhi bisnis. Keduanya membutuhkan berbagai jenis pengukuran dan pemantauan untuk mencegah kejadian yang tidak menyenangkan. Perlu diingat bahwa bisnis yang mengalami untuk besar bisa gagal karena kekurangan kas. Untuk menilai hasil ini, ajukan tiga pertanyaan pada tim Anda pada akhir bulan seperti:

  1. Bagaimana kinerja perusahaan jika dibandingkan dengan anggaran? Jika hasilnya berbeda dari rencana, tanyakan pada diri Anda dan tim kenapa hal tersebut bisa terjadi?
  2. Apa yang harus dilakukan sekarang untuk mendapatkan hasil yang lebih baik bulan depan? Bagaimana perusahaan bisa menjaga perbedaan positif dan menghindari yang negatif?
  3. Apa yang dapat Anda pelajari dan akan membantu membuat anggaran tahun depan lebih baik?

Itulah beberapa hal terkait anggaran perusahaan yang perlu Anda ketahui. Jangan lupa untuk ikuti tips yang sudah kartunama.net jabarkan. Dengan begitu, Anda bisa dengan mudah membuat anggaran perusahaan demi bisnis yang tetap bisa berjalan dan bertahan di tengah pandemi covid-19.

Nah, bagi Anda yang ingin menghemat anggaran keuangan dan memerlukan untuk tetap mencetak kartu nama untuk bisnis, Anda bisa memanfaatkan kartunama.net. Kenapa? Karena kini, kartunama.net dilengkapi dengan paket hemat yang bisa membantu Anda memiliki kartu nama hanya dengan Rp17 ribuan. Dengan begitu, anggaran keuangan tidak terganggu dan promosi lewat kartu nama tetap bisa berjalan. Selain itu, dengan kartunama.net, Anda tidak perlu melakukan pencetakan kartu nama secara langsung. Meski #Dirumahaja, Anda tetap bisa membuat kartu nama perusahaan secara online dan mudah. Kini, Anda juga bisa membuat kartu nama lewat Tokopedia lho! Yuk buat kartu nama sekarang!