Tips Menjalankan Bisnis di Tengah Pandemi Covid-19

Indonesia menjadi salah satu negara positif Virus Corona atau Covid-19. Pada 2 Maret 2020 lalu, Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan menyampaikan bahwa terdapat 2 (dua) warga Depok, Indonesia positif terdampak virus corona. Hingga 28 Maret 2020, sudah ada 1.155 kasus terkonfirmasi dengan angka kematian hingga 8,8% atau sejumlah 102 jiwa, dan kasus sembuh di angka 4% atau 46 jiwa.

Bukan hanya berdampak pada kesehatan, pandemi ini juga berdampak besar pada perekonomian di Indonesia. Banyak perusahaan yang terpaksa memberhentikan bisnisnya sementara, seperti destinasi wisata, hotel, tempat perbelanjaan, dan sebagainya. Lalu bagaimana cara menjalankan bisnis di tengah pandemi covid-19 ini? Setidaknya ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk tetap bertahan di tengah pandemi ini. Di bawah ini, Kartunama.net akan memberikan tips dan cara yang mungkin bisa Anda terapkan dalam bisnis.

Ambil Kesempatan Kebijakan Relaksasi Pembayaran

Tidak hanya 1 atau 2 bisnis yang terkena dampak pandemi virus covid-19 ini. Ada ratusan pengusaha, khususnya UMKM yang terkena imbas dari maraknya virus ini di Indonesia. Untuk meringankan beban pengusaha di tengah pandemi ini, Presiden Joko Widodo menyampaikan bahwa seluruh nasabah Usaha Mikro dan Usaha Kecil diberikan kelonggaran berupa relaksasi pembayaran bunga dan angsuran selam satu tahun.

Sejak adanya kebijakan ini, OJK sebagai salah satu lembaga keuangan resmi di Indonesia mengeluarkan Peraturan yang diharapkan bisa mendorong optimalisasi fungsi intermediasi perbankan, menjaga stabilitas sistem keuangan, dan mendukung pertumbuhan. Di mana, dalam POJK ini telah dijelaskan bahwa debitur yang berhak menerima relaksasi adalah UMKM yang mengalami kesulitan untuk memenuhi kewajiban pada bank karena terdampak akibat penyebaran Covid-19 seperti pariwisata, transportasi, perhotelan, perdagangan, pengolahan, pertanian, dan pertambangan.

Dengan adanya kebijakan inilah Anda sebagai pengusaha dapat memanfaatkan kebijakan yang diberikan pemerintah untuk tetap bertahan dan mengembangkan bisnis di tengah pandemic virus corona. Bagaimana caranya? Anda bisa mulai dengan mengubah transaksi yang sebelumnya melalui offline, kini berubah menjadi online.

Manfaatkan Media Online

Bagi Anda yang hingga hari ini masih menjalankan bisnis secara offline atau lewat toko, di tengah pandemi covid-19 ini, Anda bisa mulai menjajakan dagangan atau produk yang Anda jual melalui online. Misalnya, saat ini Anda memiliki bisnis makanan, Anda bisa mulai memanfaatkan fasilitas delivery online dan bekerja sama dengan perusahaan jasa antar seperti Go-Food, Grab-Food, dan sebagainya. Selain bisnis Anda tetap jalan seperti semula, Anda juga bisa membantu driver-driver dari ojek online dalam mendapatkan transaksi. Seperti yang sama-sama kita ketahui, mereka hanya bisa mendapatkan penghasilan harian dan berdasarkan orderan hari itu.

Selain itu, bagi Anda yang memiliki bisnis fashion, ritel, electronic, dan sebagainya, Anda bisa mulai memanfaatkan ecommerce atau marketplace sebagai media yang membantu Anda melakukan transaksi jual beli sekaligus pemasaran. Hal ini karena sejak adanya himbauan pemerintah untuk #dirumahaja atau Physical Distancing, banyak orang yang mulai memanfaatkan belanja secara online untuk mengurangi risiko tertular virus covid-19.

Efisiensi Biaya dengan Mengurangi Kegiatan Pemasaran

Bukan berarti tidak melakukan pemasaran, tapi mengurangi kegiatan pemasaran. Misalnya, jika sebelum pandemi virus corona ini Anda melakukan pemasaran di mall-mall atau melalui event, dan sebagainya. Kini, Anda bisa mulai fokus dengan pemasaran melalui media digital seperti social media, email marketing, dan sebagainya.

Baca Juga: Strategi Marketing yang Efektif untuk Meningkatkan Penjualan

Untuk meningkatkan reach di Instagram, Anda bisa memanfaatkan stiker DIRUMAHAJA atau hashtag #dirumahaja. Jangan lupa juga untuk membuat content yang sesuai dengan kondisi saat ini. Bantulah pemerintah untuk mensosialisasikan Physical Distancing sebagai himbauan orang-orang untuk tetap di rumah demi memutus tali rantai penularan virus covid-19.

Selain itu, untuk menghemat biaya, Anda juga bisa memanfaatkan kartunama.net untuk membuat kartu nama bisnis Anda dengan biaya yang lebih hemat. Untuk membantu pengusaha untuk tetap bertahan di tengah pandemic ini, kartunama.net juga memberikan penawaran untuk pembuatan kartu nama bisnis mulai dari Rp17 ribu per box. Selain itu, dengan membuat kartu nama di kartunama.net, Anda juga tidak perlu pergi dari rumah dan membuatnya secara online. Meski di rumah saja, Anda tetap bisa menerima kartu nama yang telah Anda buat secara online.

Baca Juga: Kartunama.net Hadir di Tokopedia untuk Kemudahan Pelanggannya!

Buat Program CSR untuk Bantu Penanganan Wabah Covid-19

Di tengah pandemi virus covid-19 ini cobalah untuk lebih peduli dengan lingkungan, kesehatan, dan juga masyarakat. Bukan lagi masalah keuntungan yang akan Anda dapatkan, tapi bagaimana cara Anda membantu pemerintah dan negara untuk menghilangkan wabah virus corona ini. Di mana, semakin cepat hilangnya wabah ini dari Indonesia, semakin cepat juga Indonesia bangkit dan ini juga akan memengaruhi bisnis Anda maupun seluruh bisnis lainnya.

Untuk membantu meringankan beban pemerintah sekaligus membantu masyarakat, cobalah untuk mulai membuat program CSR atau Corporate Social Responsibility. Ada banyak cara yang bisa lakukan Anda untuk melakukan program ini, seperti:

  1. Beli produk bisnis sama dengan menyumbang sejumlah uang yang bisa digunakan untuk membantu pemerintah menyiapkan APD (Alat Pelindung Diri) untuk para medis yang menjadi orang di garda depan dan membantu penanganan dari orang terdampak virus corona.
  2. Memberikan bantuan berupa produk yang Anda miliki. Jika bisnis Anda bergerak di bidang makanan, Anda bisa membantu orang sekitar yang membutuhkan karena terdampak virus corona. Seperti yang kita ketahui, semenjak adanya virus ini, banyak pekerja yang terkena PHK dan ada juga yang tidak memiliki penghasilan karena harus stop bekerja seperti Ojek Online.
  3. Menyumbangkan sejumlah uang ke rumah sakit yang menangani pasien terdampak virus corona. Di mana, uang tersebut bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan para medis maupun pasien.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk tetap bertahan dan bisa menjalankan bisnis meski berada di tengah pandemi covid-19. Jangan pernah menyerah dan terus bersemangat dalam menjalankan bisnis. Anggaplah ini sebagai salah satu tantangan yang bisa membuat Anda naik kelas dan melatih Anda untuk berpikir dan memutar otak untuk tetap bertahan di tengah wabah virus corona.