Ingin Melakukan Kegiatan Corporate Social Responsibility di Tengah Pandemi? Begini Caranya!

Pandemi virus corona (Covid-19) yang terjadi hampir di seluruh belahan dunia, termasuk Indonesia telah memakan banyak korban. Bukan hanya berdampak pada kesehatan umat manusia, virus corona ini juga memberikan dampak besar bagi ekonomi. Melihat kondisi seperti saat ini, banyak orang yang tidak tinggal diam dan ikut serta membantu orang-orang yang terkena dampak, serta membantu tenaga medis sebagai salah satu garda terdepan yang memerangi wabah ini. Bukan hanya masyarakat umum, kondisi ini juga membuat beberapa perusahaan melakukan kegiatan corporate social responsibility (CSR) untuk membantu pemerintah dalam upaya memerangi wabah virus corona.

Bukan hanya membantu pemerintah dalam menangani pandemi, dengan melakukan kegiatan CSR, perusahaan juga bisa meningkatkan citra positif di mata publik. Tri Raharjo sebagai Chairman Trans co Indonesia mengatakan bahwa citra baik perusahaan adalah aset, karena brand image memiliki dampak pada persepsi konsumen. Hal inilah yang membuat banyak perusahaan berlomba-lomba melakukan kegiatan CSR. 

Apa itu CSR atau Corporate Social Responsibility?

CSR merupakan konsep atau tindakan perusahaan untuk mengintegrasikan bisnis terhadap lingkungan dan interaksinya dengan stakeholder sebagai rasa tanggung jawabnya terhadap lingkungan dan sosial, baik itu konsumen, karyawan pemegang saham, komunitas, serta lingkungan dalam segala aspek operasional perusahaan. CSR ini dilakukan dengan melaksanakan berbagai macam kegiatan yang bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat, menjaga lingkungan hidup, sosial maupun budaya, serta memberikan bantuan berupa dana ataupun kebutuhan pokok untuk kesejahteraan masyarakat sekitar.

Selain meningkatkan citra ataupun image perusahaan, kegiatan CSR juga memiliki banyak manfaat bagi perusahaan seperti memberikan kesempatan untuk mengembangkan kerja sama dengan perusahaan lain, membedakan perusahaan dengan kompetitor, hingga memperkuat brand perusahaan di mata publik.

Bukan hanya itu, kegiatan CSR juga memberikan banyak manfaat untuk masyarakat seperti meningkatnya kapasitas sumber daya manusia masyarakat, meningkatkan kesejahteraan masyarakat, meningkatkan kelestarian baik lingkungan hidup atau fisik maupun sosial dan budaya di sekitar perusahaan, juga membantu terbangun dan terpeliharanya fasilitas umum yang sifatnya sosial dan berguna untuk masyarakat.

Contoh Kegiatan CSR di Tengah Pandemi

Di tengah pandemi covid-19 seperti saat ini, sudah banyak perusahaan yang melakukan kegiatan CSR. Misalnya TikTok sebagai salah satu aplikasi berbagi video yang telah memberikan sumbangan kepada Indonesia sebesar Rp100 miliar yang kemudian diserahkan kepada Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 untuk membantu penyediaan alat medis yang dibutuhkan tenaga kesehatan di Tanah Air. Bantuan tersebut digunakan untuk membeli dan mendistribusikan alat pelindung diri (APD) kepada seluruh tenaga kesehatan di seluruh Indonesia maupun kebutuhan lain yang berkaitan dengan kesejahteraan dan penunjang tugas tenaga medis.

Baca Juga: 5 Strategi Marketing yang Membantu Bisnis Bertahan di Tengah Pandemi

Selain TikTok, Wardah sebagai perusahaan kosmetik juga ikut serta membantu penanganan penyebaran virus covid-19 dengan menyalurkan bantuan alat kesehatan senilai Rp40 Miliar ke beberapa rumah sakit rujukan seperti RS Persahabatan, RS Pelni, dan RS Sulianti Saroso, dalam rangka membantu menangani wabah virus Corona.

Narasi TV juga menjadi salah satu perusahaan yang membantu menyumbangkan uang senilai Rp6,09 Miliar lewat penggalangan dana yang diperoleh lewat konser musik #Dirumahaja. Di mana Narasi TV mendedikasikan konser musik ini kepada seluruh masyarakat yang tidak bisa melakukan karantina di rumah seperti tenaga medis dan masyarakat kecil yang masih harus terus bekerja. Aksi konser ini dilakukan Narasi TV bekerja sama dengan kitabisa.com yang menjamin 100% donasi yang didapat akan disalurkan kepada kelompok rentan lewat program dan lembaga yang sudah dikurasi.

Bagaimana Melakukan CSR di Tengah Pandemi?

Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk melakukan kegiatan CSR di tengah pandemi covid-19. Intinya, Anda harus memikirkan bagaimana cara perusahaan atau bisnis Anda bisa membantu penanganan covid-19 ini. Perlu diketahui juga, kegiatan CSR ini tidak hanya bisa dilakukan oleh perusahaan besar, namun bagi pemilik bisnis kecil, Anda juga bisa melakukan kegiatan CSR ini. Lalu, apa saja yang bisa Anda lakukan?

1. Bantu Pemenuhan APD

Selama pandemi seperti saat ini, hal utama yang dibutuhkan tenaga medis adalah APD atau Alat Pelindung Diri. Di mana, APD ini dibutuhkan para tenaga medis sebagai pelindung sekaligus senjata mereka memerangi virus corona. Meski kini APD mudah didapatkan dan harganya tidak terlalu mahal, masih banyak tenaga medis yang kekurangan APD di rumah sakit. Hal ini membuat tenaga medis harus berhemat APD dengan berbagai cara.

Jadi, bagi Anda yang ingin melakukan kegiatan Corporate Social Responsibility, cobalah untuk membantu memenuhi kebutuhan APD di berbagai rumah sakit yang menangani kasus virus corona. Mulai dari pakaian hazmat, masker N95, Google Glass, sepatu booth, sarung tangan, dan sebagainya. Selain untuk paramedis, Anda juga bisa memberikan APD ke seluruh masyarakat untuk mencegah terjadinya penyebaran virus corona seperti masker, sarung tangan, face shield, dan sebagainya.

2. Penyediaan Hand Sanitizer & Desinfektan

Selain penggunaan APD, masyarakat juga dihimbau untuk selalu menyediakan hand sanitizer dan juga melakukan sterilisasi dengan desinfektan secara berkala. Sebagai perusahaan, Anda juga bisa melakukan kegiatan CSR dengan menyediakan hand sanitizer di beberapa titik yang sering dikunjungi banyak orang, misalnya toilet umum, halte, stasiun, bandara, sekolah-sekolah, masjid, dan sebagainya. Selain hand sanitizer, Anda juga bisa menyediakan alat desinfektan di beberapa lokasi tersebut. Dengan begitu, setiap orang yang lewat di sekitar lokasi akan melihat bahwa perusahaan Anda termasuk salah satu perusahaan yang peduli dan bisa membantu menanggulangi pandemi ini.

3. Memberikan Bantuan Sosial

Seperti yang sudah sama-sama kita ketahui, selama terjadinya pandemi ini banyak orang yang terkena dampaknya salah satunya pekerja harian yang tidak lagi bisa bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Selain pekerja harian, banyak juga karyawan yang menjadi korban PHK dan kini tidak memiliki penghasilan. Untuk membantu mereka yang terkena dampak pandemi, Anda bisa memberikan bantuan secara langsung, bisa berupa sembako, masker, hand sanitizer, dan sebagainya.

Selain bagi korban PHK ataupun pekerja lepas, Anda juga bisa memberikan bantuan dalam bentuk makanan dan minuman bagi para petugas medis dan relawan cepat tanggap virus corona. Namun, pastikan Anda memberikan makanan yang bergizi kepada para petugas medis dan relawan covid, karena merekalah yang saat ini sangat membutuhkan imun yang kuat untuk melawan virus corona ini.

4. Menyediakan Akses Internet

Di masa pandemi seperti sekarang, akses internet juga menjadi hal yang wajib dimiliki oleh seluruh kalangan masyarakat. Di mana, dengan adanya akses internet, seluruh masyarakat bisa mendapatkan informasi dengan cepat, melakukan komunikasi dengan nyaman, hingga membantu anak-anak sekolah dari rumah dengan lebih mudah.

Seperti yang sudah Anda ketahui, selama pandemi ini, seluruh anak-anak sekolah dihimbau untuk melakukan pembelajaran secara online. Sedangkan, ada beberapa orang tua yang sulit mendapatkan akses internet karena dinilai terlalu mahal. Jika perusahaan Anda bergerak di industri teknologi, ini saatnya Anda membantu dan menolong mereka untuk mendapatkan akses internet dengan mudah.

5. Memberikan Edukasi Gratis

Meski virus corona sudah masuk ke Indonesia sejak pertengahan Februari, nyatanya hingga hari ini masih ada banyak orang yang tidak memahami akan bahaya virus corona. Sebagai salah satu perusahaan yang peduli kepada masyarakat dan lingkungan, Anda bisa membantu mereka dengan memberikan edukasi gratis melalui sarana seminar online. Dengan membantu melakukan edukasi ini, Anda sudah membantu pemerintah sekaligus para pejuang dalam mengurangi penyebaran virus covid-19.

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan dalam memberikan edukasi, seperti membuat konten melalui YouTube, membuat cerita tentang bahaya virus ini, mengundang ahli yang memberikan edukasi melalui social media, dan sebagainya. Ini bisa Anda lakukan dengan melihat kembali siapa target pasar yang Anda tuju. 

Itulah beberapa hal terkait kegiatan Corporate Social Responsibility yang perlu Anda ketahui. Dengan mengetahui kegiatan CSR ini diharapkan Anda bisa membantu pemerintah dalam menangani penyebaran virus ini. Dalam melakukan kegiatan CSR, jangan lupa juga untuk menyisipkan kartu nama perusahaan, sehingga ketika ada orang yang membutuhkan atau mencari produk Anda, mereka bisa menghubungi Anda secara langsung. Selain itu, dengan kartu nama, Anda juga bisa membuka kesempatan untuk bekerja sama dengan orang ataupun perusahaan lainnya.

Baca Juga: Pentingnya Kartu Nama untuk Bisnis Online di Tengah Pandemi Covid 19

Dalam pembuatan kartu nama, memanfaatkan situs kartunama.net. Di mana dengan kartunama.net, Anda bisa membuat dan mencetak kartu nama perusahaan dengan mudah, cepat, juga dengan kualitas yang terjamin. Jadi, sudah siap melakukan kegiatan CSR? Cetak kartu nama perusahaan Anda terlebih dulu di kartunama.net.