5 Strategi Marketing yang Membantu Bisnis Bertahan di Tengah Pandemi

Sudah hampir 4 bulan pemerintah Indonesia meminta seluruh warganya untuk tetap di rumah, belajar di rumah, bekerja di rumah, dan ibadah di rumah. Hal ini tidak lain untuk mengurangi risiko tertularnya virus corona. Namun, masalah ini semakin lama, semakin mempengaruhi bisnis dan juga perekonomian di Indonesia. Agar bisnis Anda tidak terlalu terdampak virus covid-19, Anda sebagai pemilik usaha harus terus berinovasi, salah satunya dalam membuat strategi marketing di tengah pandemi. Di bawah ini, kartunama.net akan memberikan beberapa ide marketing yang bisa Anda lakukan untuk tetap bertahan di tengah pandemi covid-19.

Tetap Terhubung Melalui Social Media

Bukan hanya 1 atau 2 bisnis di Indonesia yang terkena dampak pandemi virus corona ini. Namun, hampir semua bisnis juga mengalaminya, seluruh toko sepi, pusat perbelanjaan di tutup, bioskop tutup, kafe-kafe pun sepi pengunjung. Agar bisnis Anda tidak berdampak secara langsung, ini adalah waktu yang tepat untuk menunjukkan empati bisnis Anda kepada orang lain dan membantu sesama.

Dengan banyaknya orang yang mengkarantina diri, penggunaan social media terus meningkat, dan ini juga menjadi salah satu cara untuk tetap terhubung dengan banyak orang meskipun harus tetap di rumah.Inilah yang bisa menjadi potensi besar bagi bisnis Anda untuk berkontribusi, misalnya dengan memberikan layanan gratis selama periode tertentu (free trial), membantu orang-orang yang membutuhkan, atau memberikan konten positif yang memotivasi dan menghibur. Hal ini secara tidak langsung akan membuat bisnis Anda diingat oleh audiens, sehingga citra positif bisnis pun terus meningkat.

Mulai Fokus ke Media Online

Di tengah pandemi ini, pemerintah menganjurkan warganya untuk melakukan physical distancing dan #dirumahaja. Hal ini membuat toko-toko akan sepi pengunjung, namun tidak untuk toko online. Selama pandemi ini terjadi, pencarian  secara online meningkat signifikan dan transaksi penjualan online pun terus meningkat. Agar bisnis Anda tetap eksis di tengah pandemi, Anda harus memastikan seluruh informasi mengenai bisnis dan produk yang Anda jual tersedia dan mudah dicari melalui media online.

Baca Juga: Tips Menjalankan Bisnis di Tengah Pandemi Covid-19

Untuk memastikan informasi produk dan bisnis tersedia di online, Anda bisa mulai fokus untuk membenahi toko online dan ecommerce. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan SEO (Search Engine Optimization) dengan membuat artikel-artikel yang related dengan keadaan sekarang dan bagaimana cara bisnis Anda membantu audiens menjalani pandemi ini. Anda juga bisa memanfaatkan Social Media Ads atau Google Ads yang bisa membantu audiens menemukan bisnis Anda secara langsung dan mengajak mereka untuk langsung membelinya melalui ecommerce.

Beri Penawaran Khusus seperti Diskon

Meningkatkan arus kas bisnis di tengah pandemi covid-19 menjadi salah satu tantangan terbesar bagi bisnis. Menarik pelanggan sebanyak mungkin menjadi salah satu upaya yang bisa membantu bisnis tetap stabil. Namun, di tengah pandemi seperti sekarang daya beli orang sedang naik-turun. Untuk mendapatkan penghasilan di tengah ketidakpastian ini dan menjaga pelanggan adalah dengan menawarkan diskon khusus bagi pelanggan. Cobalah tentukan produk yang paling diminati pelanggan dan buat penawaran khusus. Hal ini bisa membantu Anda mendapatkan pelanggan baru, atau sebagai cara mempertahankan pelanggan untuk tetap melakukan pembelian. Jangan lupa juga untuk mengemas promo dengan menarik dan update informasi promo ini melalui social media atau channel digital lainnya.

Jadikan Brand Tanggap Situasi

Strategi marketing selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah dengan menjadikan brand tanggap situasi. Dalam situasi yang berubah-ubah seperti sekarang, Anda bisa menumbuhkan empati dan mencoba melakukan transparansi kepada konsumen mengenai upaya yang telah bisnis Anda lakukan. Misalnya, ketika Anda memiliki bisnis kuliner, Anda bisa menyampaikan ke calon pelanggan maupun pelanggan bahwa bisnis Anda telah melakukan protokol kesehatan sesuai prosedur yang dianjurkan pemerintah seperti chef atau tim yang menyiapkan makanan telah menggunakan sarung tangan, masker, dan kotak makan yang teruji bersih. Untuk informasi kesehatan yang lebih transparan, Anda bisa memanfaatkan food preparation card dari kartunama.net

Di mana, dengan food preparation card ini, Anda bisa menuliskan dengan jelas bahwa bisnis Anda telah memenuhi protokol kesehatan dan melakukan pengecekan suhu dari chef hingga kurir yang mengantar makanan tersebut. Selain itu, Anda juga bisa menyampaikan promo yang bisa membuat pelanggan berempati, seperti setiap melakukan pembelian katering di bisnis Anda, maka pelanggan sama dengan telah membantu menyumbang APD atau makanan ke orang yang membutuhkan. Anda bisa melakukan dokumentasi ketika bisnis Anda memberikan bantuan kepada orang membutuhkan.

Mempersiapkan Strategi Marketing untuk Bangkit Berbisnis

Tidak ada yang berharap pandemi ini terjadi dan berdampak pada perkembangan bisnis. Semua orang pasti berharap pandemi ini segera berakhir dan bisnis juga perekonomian bisa berjalan seperti sedia kala. Untuk mempersiapkan berakhirnya pandemi ini, Anda harus bisa merancang strategi marketing baru agar bisa bangkit dengan cepat.

Baca Juga: 4 Prediksi Bisnis Berkembang Usai Pandemi Covid-19

Untuk itu, cobalah persiapkan budget dan ide untuk iklan di luar ruang menjadi salah satu langkah yang sudah bisa mulai Anda persiapkan dari sekarang. Misalnya membuat rencana event, memasang billboard, promo spesial, hingga mempersiapkan kartu nama untuk kembali Anda berikan kepada rekan bisnis maupun calon klien.

Dengan memberikan kartu nama ke klien atau rekan bisnis potensial, Anda bisa mengatur strategi lebih baik. Misalnya dengan bekerja sama dalam membuat event, memberikan promo bundling dengan rekan bisnis, dan masih banyak lagi. Jadi, untuk mempersiapkan berakhirnya pandemi ini, Anda bisa mulai membuat kartu nama bisnis sekarang juga! Kartunama.net adalah salah satu platform yang bisa membantu Anda membuat kartu nama secara online di tengah pandemi seperti sekarang. Melalui kartunama.net, Anda bisa memilih desain dan mencetak kartu nama hanya dengan waktu 2 jam. Jadi tunggu apalagi? Buat kartu nama berkualitas Anda sekarang juga di kartunama.net.