Pentingnya Kartu Nama untuk Bisnis Online di Tengah Pandemi Covid 19

Hingga saat ini, Pandemi Corona (Covid-19) masih belum selesai di berbagai negara, termasuk Indonesia. Untuk menekan bertambahnya kasus Covid-19, pemerintah memberikan berbagai kebijakan salah satunya social distancing dan physical distancing. Hal ini membuat banyak bisnis yang terkena dampaknya, khususnya bisnis perhotelan, retail, hingga bisnis kreatif seperti event organizer. Untuk tetap bertahan di tengah pandemi ini, banyak pengusaha yang mulai berpikir dan melakukan inovasi untuk meningkatkan penjualan bisnisnya, salah satunya dengan mulai memasarkan bisnis secara online. Meski berjalan dan dilakukan secara online, bisnis tetap membutuhkan kartu nama. Apa saja manfaat kartu nama dalam menjalankan bisnis online? Simak penjelasannya di bawah ini.

Baca Juga: Tips Menjalankan Bisnis di Tengah Pandemi Covid-19

Mempermudah Pelanggan Mengingat Bisnis

Tidak eksisnya Anda dalam melakukan promosi bisa membuat pelanggan melupakan bisnis yang Anda miliki. Misalnya saja, Anda memiliki pelanggan loyal yang setiap harinya datang ke toko Anda. Namun, sejak adanya pandemi ini, mereka mulai jarang ke toko dan membatasi pergi ke toko Anda. Sesekali mungkin mereka akan menghubungi Anda dan membeli produk yang Anda jual melalui online.

Untuk menjaga mereka menjadi pelanggan setia meski sedang pandemi, Anda bisa memanfaatkan kartu nama. Di mana, Anda bisa memberikan mereka kartu nama di box pengiriman, sehingga mereka akan menghubungi bisnis Anda segera ketika mereka butuh dan ingin membeli produk Anda. Secara tidak langsung, ini juga bisa membantu Anda mempertahankan pelanggan agar tidak pergi ke kompetitor atau pesaing Anda.

Sebagai Tools Tambahan untuk Promosi

Promosi secara online menjadi satu-satunya promosi yang masih bisa berjalan meski pandemi corona sedang berlangsung. Namun, sebagai pengusaha yang baik, Anda juga harus memikirkan peluang bisnis lainnya untuk tetap eksis dan terlihat di mata pelanggan. Salah satu caranya adalah memanfaatkan kartu nama.

Dengan memberikan kartu nama di setiap pengiriman barang atau produk ke pelanggan, Anda sudah mengambil kesempatan untuk tetap terlihat di mata pelanggan. Selain itu, dengan adanya kartu nama yang kamu kirimkan bersamaan dengan barang yang Anda jual, pelanggan bisa mengetahui informasi detail mengenai bisnis Anda. Misalnya saja, email, akun social media, nomor handphone, ataupun cabang bisnis lainnya. Sehingga, pelanggan bisa melakukan interaksi dengan bisnsi Anda melalui social media, atau menghubungi cabang bisnis Anda lainnya. Bukan hanya itu, dengan menuliskan akun social media pada kartu nama, pelanggan juga bisa mengetahui informasi baru atau promo terkait bisnis Anda.

Selain itu, untuk media promosi yang efektif, Anda juga bisa menambahkan barcode yang ketika pelanggan melakukan scaning, mereka secara otomatis masuk ke dalam website bisnis Anda. Sehingga, disanalah mereka bisa mendapatkan semua info lengkap terkait bisnis dan informasi lainnya.

Baca Juga: Perhatikan Materi & Desain yang Digunakan Sebelum Membuat Kartu Nama Perusahaan

Menjadi Tools untuk Garansi Pelanggan

Ada beberapa produk yang memberikan garansi ke pelanggan. Misalnya saja ketika Anda menjual produk elektronik, perlengkapan rumah tangga, handphone, laptop, dan sebagainya. Pelanggan akan lebih yakin jika Anda memberikan garansi yang membantu pelanggan ketika terjadi masalah di kemudian hari. Jika pelanggan langsung datang ke toko, mungkin Anda bisa memberikannya bon ataupun kartu garansi toko secara langsung. Namun, jika pelanggan membeli secara online, apa bukti yang bisa pelanggan dapatkan ketika ingin mengajukan garansi jika produk yang mereka beli bermasalah?

Untuk itulah, Anda membutuhkan kartu nama bisnis. Di mana, dengan kartu nama bisnis, Anda bisa memberikan informasi kepada pelanggan untuk menghubungi bisnis Anda secara langsung untuk mendapatkan garansi. Selain itu, dengan meninggalkan kartu nama ketika pengiriman produk, Anda juga bisa membantu pelanggan ketika mereka mengalami masalah terhadap produknya, seperti tidak memahami cara penggunaan, dan sebagainya.  

Memberikan Manual atau Tutorial Produk

Seperti yang telah dijelaskan sedikit di atas, Anda juga bisa menjadikan kartu nama sebagai salah satu manual book simpel yang membantu pelanggan ketika menemukan masalah. Selain mereka bisa menghubungi Anda secara langsung lewat kontak yang tertulis di kartu nama, pelanggan juga bisa menanyakan melalui social media Anda. Bukan hanya itu, ketika Anda menggunakan barcode dengan link ke website, pelanggan juga bisa dengan mudah menemukan FAQ atau cara penggunaan ataupun cara komplain yang benar. Ini akan membantu bisnis Anda memiliki citra positif dan juga meningkatkan kepercayaan pelanggan.

Jadi, setelah mengetahui beberapa pentingnya kartu nama bisnis online, apakah kamu siap berjuang dan mempertahankan bisnis di tengah pandemi covid-19? Jika iya, jangan lupa untuk membuat kartu nama bisnis Anda sekarang juga di kartunama.net. Dengan membuat kartu nama di kartunama.net, Anda bisa memilih desain kartu nama yang bisa disesuaikan dengan bisnis. Selain itu, Anda juga bisa mencetak kartu nama lebih hemat hanya Rp17 ribu. Segera buat kartu nama bisnis Anda sekarang juga di kartunama.net!