5 Hal yang Diperhatikan Rekan Bisnis Saat Menerima Kartu Nama

Di era digital seperti saat ini banyak perusahaan yang menganggap remeh sebuah kartu nama dan beranggapan bahwa kartu nama adalah hal kuno yang sudah bisa digantikan dengan teknologi yang serba canggih. Padahal, kartu nama memiliki peran tersendiri yang tidak bisa digantikan oleh teknologi apapun hingga hari ini.

Di mana, kartu nama itu penting ketika Anda dan perusahaan ingin menunjukkan profil diri atau pekerjaan yang terkadang tidak bisa dipresentasikan secara detail melalui teknologi seperti smartphone. Belum lagi ketika Anda bertemu pertama kali dengan orang penting yang memiliki kesibukan dan waktu yang terbatas untuk bertemu. Hal ini tentu tidak memungkinkan untuk bertukar nomor saat itu juga, tentunya disinilah peran kartu nama yang bisa menghubungkan Anda dan partner kerja di mana pun dan kapan pun kalian bertemu. Lalu apa yang mereka lihat dari sebuah kartu nama?

Di bawah ini adalah beberapa hal yang mungkin ada di benak klien/pelanggan, rekan kerja, ataupun rekan bisnis Anda lewat kartu nama.

Menunjukkan Profesionalitas Anda

Pernahkah Anda melihat ada seseorang yang bertukar nomor telepon saat di jalan? Tentu pernah. Bagaimana Anda melihat kondisi seperti itu? Tentu tidak nyaman bukan? Apalagi jika pertukaran kartu nama tersebut berada di lokasi yang ramai dan banyak orang yang lalu lalang. Jika ini dilakukan oleh seorang yang profesional, ini tentu bukan hal yang direkomendasikan.

Nah, sebagai seorang yang profesional, Anda juga harus menunjukkan sikap profesional Anda di mata pelanggan ataupun rekan bisnis, salah satunya dengan kartu nama. Pastikan Anda selalu membawa kartu nama kapan pun dan di mana pun saat Anda pergi. Sehingga, ketika Anda sedang di jalan atau tiba-tiba ada meeting dadakan, Anda tetap sedia kartu nama yang akan diberikan untuk rekan bisnis.

Bisnis Lebih Terlihat Kredibel

Meski hanya sekecil itu, kartu nama memiliki banyak keuntungan bagi bisnis, salah satunya meningkatkan kredibilitas bisnis atau perusahaan. Dengan kartu nama ini, pelanggan atau rekan bisnis akan melihat bahwa bisnis Anda dapat dipercaya dan terlihat profesional. Sehingga, mereka tidak akan ragu untuk membeli produk yang ditawarkan ataupun menjalin kerja sama secara jangka panjang. Secara tidak langsung, ini juga akan membantu Anda meningkatkan pendapatan bisnis.

Jadi, sekecil apapun skala bisnis Anda, kartu nama bisa menjadi salah satu tool wajib yang harus Anda miliki. Karena dengan kartu nama jugalah, Anda bisa mendapatkan pelanggan baru ataupun menemukan partner bisnis lainnya yang bisa sama-sama memberikan keuntungan bagi bisnis.

Citra Perusahaan Jadi Lebih Positif

Citra perusahaan sangat penting untuk dibangun. Di mana, dengan citra perusahaan yang baik, maka semakin mudah juga Anda melakukan branding bagi perusahaan hingga mendapatkan pelanggan. Kartu nama menjadi salah satu tool yang membantu Anda meningkatkan citra positif bagi bisnis. Di mana, desain kartu nama dengan tampilan yang menarik dan informatif bisa menarik dan mengajak orang yang menjadi pelanggan setia Anda.

Baca Juga: Cara Tepat Membangun Citra Baik Pada Perusahaan Anda

Jadi, pastikan Anda membuat kartu nama dengan kualitas terbaik dan memberikan kesan positif. Bagaimana caranya? Cobalah perhatikan desain, kualitas bahan dan material, hingga bahan finishing yang Anda gunakan. Semakin bagus kualitas dan bahan yang Anda gunakan, semakin mudah juga Anda meningkatkan citra positif perusahaan Anda. 

Tampilan & Detail Kartu Nama

Selain ketiga hal di atas, tampilan dan detail kartu nama juga bisa menjadi hal penting yang harus Anda perhatikan. Di mana, biasanya pelanggan atau rekan bisnis akan melihat kartu nama sebelum mereka menghubungi Anda. Jadi, cobalah perhatikan beberapa hal detail dalam kartu nama, mulai dari penempatan logo perusahaan, nama, email, nomor telepon, alamat kantor dan sebagainya. Pastikan seluruh detail yang ada pada kartu nama tidak ada typo dan bisa dihubungi. Jika Anda mengganti nomor handphone, pastikan juga Anda mengupdate kartu nama tersebut. Pilih juga warna yang sesuai dengan branding perusahaan, sehingga ketika orang yang menerima kartu nama akan dengan mudah mengenali perusahaan Anda.

Baca Juga: Perhatikan Materi & Desain yang Digunakan Sebelum Membuat Kartu Nama Perusahaan

Cara Bertukar Kartu Nama

Hal terakhir yang mungkin diperhatikan adalah ketika Anda bertukar kartu nama. Bukan hanya sekedar bertukar, ada beberapa etika bertukar kartu nama yang harus diperhatikan untuk masalah ini. Ada beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan ketika bertukar kartu nama, misalnya dengan memberikan dan mengambil kartu nama dengan kedua tangan, kemudian simpan di tempat yang telah disediakan. Jangan pernah menyimpannya kartu nama rekan bisnis Anda sembarangan, karena mungkin saja suatu saat nanti Anda membutuhkannya.

Itulah kelima hal yang harus Anda perhatikan ketika ingin bertukar kartu nama dengan pelanggan atau rekan bisnis lainnya. Jadi pastikan Anda mempersiapkan kartu nama untuk perusahaan dengan baik dan dengan kualitas terbaik. Dengan begitu, Anda bisa lebih mudah menarik pelanggan ataupun mendapatkan rekan bisnis yang akan membantu Anda mengembangkan bisnis.

Untuk membuat kartu nama dengan kualitas yang baik, Anda bisa memanfaatkan kartunama.net. Di mana, dengan kartunama.net, Anda bisa dengan mudah membuat kartu nama dari mana saja dan kapan saja tanpa perlu keluar rumah ataupun kantor. Selain itu, kartunama.net juga telah dipercaya lebih dari 10 tahun, sehingga kualitas kartu nama lebih terjamin. Bagi Anda yang ingin mencetak kartu nama sample terlebih dulu, Anda juga bisa melakukannya di kartunama.net. Jadi tunggu apalagi? Cetak kartu nama perusahaan Anda sekarang juga hanya di kartunama.net.