8 Tips Memenangkan Persaingan Bisnis di Era Digital

Bisnis di Indonesia semakin hari semakin berkembang, terlihat dari banyaknya bisnis baru yang mulai bermunculan. Salah satu industri bisnis yang kini semakin berkembang dan marak ditemukan di berbagai lokasi adalah bisnis kuliner. Meski hal ini baik, ini juga bisa menjadi salah satu masalah bagi pengusaha atau bisnis yang tidak bisa berinovasi untuk bertahan di tengah persaingan yang ada. Nah, agar bisnis Anda mampu bersaing di tengah persaingan bisnis, di bawah ini kartunama.net akan memberikan beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk memenangkan persaingan bisnis.

Ciptakan Produk Berbeda

Hal pertama yang perlu Anda lakukan untuk memenangkan persaingan bisnis adalah dengan membuat dan menciptakan produk yang unik dan usahakan belum tersedia di pasaran. Dengan begitu, produk Anda akan memiliki nilai tambah di mata calon pelanggan. Di mana, produk yang unik dan memiliki ciri khas bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi pelanggannya, sehingga mereka lebih mengenali produk dan memilih produk tersebut dibandingkan produk lainnya yang ada di pasaran.

Baca Juga: 6 Cara Membangun Brand Restoran dengan Sukses

Kenali Pesaing & Pasar

Ketika Anda ingin menghadapi persaingan bisnis, cobalah lebih dulu melihat potensi pasar yang ada, dan cari tahu siapa pesaing yang kompeten saat ini. Dengan begitu, Anda tidak akan salah dalam menentukan strategi. Dengan mengetahui siapa pesaing, secara tidak langsung Anda dapat menentukan bagaimana cara menghadapinya dengan menyusun beberapa strategi demi kepuasan konsumen. Cobalah mulai dengan membuat analisis terhadap persaingan pasar untuk mengetahui siapa dan seberapa kuat pesaing Anda.  Hal ini penting dilakukan sebagai persiapan awal untuk menyusun strategi dan menghadapi persaingan berikutnya.

Selain itu, Anda juga bisa mempelajari apa yang mereka lakukan untuk bisa memenangkan pasar saat itu. Cobalah gunakan strategi ATM, amati, tiru, dan modifikasi. Sesuaikan kembali dengan bisnis dan target market yang akan Anda sasar.

Ketika Anda telah berhasil menemukan strategi yang tepat, hindari untuk membuat statement atau berpendapat yang menjatuhkan pesaing. Misalnya, ketika Anda menemukan pelanggan memancing untuk mengungkapkan kejelekan pesaing, usahakan jangan ikut membantu. Jawablah dengan ucapan yang sopan, asalkan jangan cuek atau terkesan tidak peduli dengan curahan hati pelanggan.

Tawarkan Harga Bersaing

Harga yang ditawarkan dari produk atau jasa bisnis Anda tidak akan jauh dari harga pesaing. Di mana, harga produk yang jauh lebih tinggi dari pasaran akan sulit dalam mengembangkan bisnis, kecuali bisnis yang Anda memiliki target pasar kalangan menengah ke atas dengan fasilitas yang mewah dan sebagainya.

Untuk menarik pelanggan, Anda juga bisa coba memberikan harga yang bersaing. Harga bersaing di sini bukan berarti Anda harus menurunkan harga, tapi Anda bisa memberikan diskon-diskon tertentu sesuai pasaran yang ada dan disesuaikan dengan produk Anda. Misalnya dengan mengeluarkan paket hemat, memberikan diskon untuk menu-menu tertentu, diskon spesial menu di weekend, dan sebagainya.

Fokus Memperkuat Brand atau Produk

Untuk memenangkan persaingan bisnis, cobalah untuk fokus pada brand atau produk yang Anda miliki. Jadikan brand dan produk Anda menjadi semakin dikenal hingga memperoleh kepercayaan pelanggan. Karena biasanya, pelanggan akan lebih memandang merek yang sudah terkenal dan mereka tidak akan peduli lagi dengan harga yang harus mereka bayarkan. Untuk Memperkuat brand atau merek ini, cobalah mulai dengan mempertahankan kualitas produk atau layanan prima yang selama ini Anda tawarkan kepada konsumen, sehingga loyalitas konsumen terhadap produk akan semakin meningkat.

Berikan Pelayanan Terbaik

Setiap pelanggan pasti berharap untuk selalu diperhatikan dan mendapatkan pelayanan yang baik sebelum mereka mendapatkan barang yang diinginkan. Banyak bisnis yang memiliki produk terbaik namun kualitas pelayanannya buruk, maka pelanggan akan dengan mudah pergi ke bisnis pesaing yang memiliki pelayanan baik. Jadi, jangan sampai pelanggan Anda pergi hanya karena Anda tidak bisa memenangkan hati mereka dengan pelayanan prima.

Dengan pelayanan yang baik, [pelanggan akan  merasa sangat diperhatikan. Untuk itu, cobalah mulai dengan membuat SOP pelayanan dan berikan training ke seluruh karyawan. Minta karyawan Anda untuk melayani pelanggan dengan baik, mulai dari senyum dan akhiri dengan senyum kembali.

Buatlah Promosi yang Menarik

Apapun bisnisnya, promosi menjadi salah satu hal wajib yang harus dilakukan dari awal bisnis itu berdiri hingga bisnis itu telah berkembang dan maju. Cara ini dilakukan untuk menarik minat pelanggan sekaligus memberikan keuntungan bagi bisnis dalam meningkatkan penjualan dan berlomba memberikan kepuasan pelanggan.

Sebelum memilih jenis promosi untuk bisnis Anda, cobalah lakukan riset terhadap para pesaing terlebih dahulu. Promosi yang efektif akan mendatangkan pelanggan kemudian ketika mereka puas, mereka akan memberikan kontribusi yang baik bagi kelangsungan bisnis. Sehingga, secara otomatis bisnis yang Anda bangun akan semakin menguat dan cukup mudah dalam menghadapi persaingan.

Baca Juga: 5 Manfaat Promosi yang Dapat Memberikan Keuntungan Bagi Bisnis

Untuk memenangkan hati pelanggan, Anda bisa coba untuk melakukan promosi loyalty program. Anda bisa memberikan mereka kartu pelanggan yang bisa mereka gunakan untuk mendapatkan promo spesial khusus pelanggan. Anda bisa membuat kartu promo ini sebagai kartu nama bisnis juga. Misalnya, di halaman belakang Anda bisa memberikan barcode yang bisa mereka scan untuk mendapatkan promo, dan pada halaman belakang bisa Anda jadikan kartu nama bisnis yang memberikan informasi penting mengenai bisnis seperti nomor telepon, email, situs website, akun social media, dan sebagainya.

Nah, untuk membuat kartu nama sekaligus kartu promosi ini, Anda bisa memanfaatkan kartunama.net sebagai platform yang membantu Anda membuat dan mencetak kartu nama dengan kualitas terbaik. Jadi tunggu apalagi? Buat dan cetak sekarang juga kartu nama Anda dan buat pelanggan Anda menjadi loyal pada bisnis.

Jalin Hubungan dengan Pelanggan

Bisnis bukan hanya masalah penjualan dan pembelian, tapi ada pekerjaan penting yang tidak boleh Anda lupakan, terutama jika Anda ingin memenangkan persaingan bisnis yang ada. Menjalin hubungan baik dengan pelanggan setelah mereka melakukan pembelian menjadi salah satu hal penting yang tentunya akan memberikan banyak manfaat bagi jalannya bisnis Anda kedepan. Selain itu, dengan menjalin hubungan dengan pelanggan, mereka secara otomatis akan merasa diperhatikan dan menjadi loyal terhadap bisnis Anda. Mereka juga akan dengan senang hati memberikan feedback (sinyal positif) yang akan dilihat oleh calon pelanggan baru.

Evaluasi dan Inovasi

Ketika perjalanan bisnis Anda baik-baik saja ataupun mengalami kendala di kemudian hari, jangan pernah merasa khawatir berlebih. Cobalah untuk melakukan evaluasi secara rutin untuk mengetahui kondisi bisnis dengan lebih tepat. Dengan melakukan evaluasi inilah, Anda bisa mendeteksi serta memperbaiki apa yang selama ini kurang tepat.

Jika kendala ada pada produk atau jenis bisnis, cobalah lakukan inovasi sesuai dengan pertumbuhan ataupun trending pada waktu itu. Dengan terus berinovasi, pelanggan tidak akan pernah bosan untuk mendatangi bisnis Anda, dan pelanggan baru pun akan dengan senang hati datang dan mencoba produk yang Anda jual.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk memenangkan persaingan bisnis. Dengan memenangkan persaingan bisnis, Anda tidak perlu khawatir pelanggan Anda akan pindah ke lain hati. Karena biasanya, mereka akan loyal dan terus menggunakan produk yang Anda jual.