6 Cara Membangun Brand Restoran dengan Sukses

Ada banyak faktor yang memengaruhi keberhasilan dalam mengembangkan bisnis, salah satunya yaitu identitas restoran atau brand. Namun, apa yang dimaksud dari identitas brand tersebut? Bagaimana cara membangun identitas brand restoran sehingga dapat memengaruhi keberhasilan bisnis? Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membangun brand restoran Anda sendiri hingga sukses.

Sebelum membahas cara membangun brand, apakah Anda sudah memahami apa yang dimaksud dengan brand? Brand adalah akumulasi dari persepsi semua orang tentang sebuah perusahaan, organisasi, ataupun produk. Artinya, apapun yang biasa diasosiasikan dengan sebuah produk atau perusahaan dan membedakannya dari yang lain adalah bagian dari brand produk atau perusahaan tersebut.

Baca Juga: 6 Tips Memasarkan Bisnis Kue Kering Secara Online

Dengan memiliki brand, restoran Anda akan lebih unik dan memiliki perbedaan tersendiri dari restoran lain. Hal ini akan membantu brand restoran Anda mudah diingat oleh pelanggan restoran. Untuk membangun brand yang bagus, maka Anda juga harus meningkatkan nilai restoran Anda secara keseluruhan. Hal ini dikarenakan, dengan memiliki brand yang dikenal banyak orang, maka bisnis Anda akan terpercaya, bahkan konsumen Anda bersedia membayar lebih untuk produk yang Anda sajikan karena brand yang sudah melekat di konsumen.

Memperkenalkan Nama & Logo Restoran

Nama dan logo restoran adalah dua hal yang cukup penting dalam membangun brand. Untuk memperkenalkan nama dan logo restoran, Anda bisa melakukan pemasangan signage di depan restoran Anda yang berisi logo dan nama restoran. Dengan begitu, orang-orang yang singgah untuk makan atau hanya lewat restoran saja dapat melihat dan membaca logo dan nama restoran Anda.

Selain itu, Anda juga dapat mencantumkan nama dan logo di setiap atribut restoran, seperti kantong plastik, box makanan. Dan terakhir, Anda harus memiliki media sosial yang berguna sebagai alat mencantumkan nama dan logo pada setiap konten yang akan diunggah.

Miliki Konsep Restoran & Menu Andalan

Ketika bisnis Anda sudah memiliki ciri khas tersendiri, maka dengan mudah Anda dapat menarik pelanggan baru, bahkan bisnis akan mudah diingat apabila terdapat hal “berbeda” dari kompetitor lainnya. Konsep restoran di sini salah satunya meliputi jenis makanan yang akan disajikan, tempat atau lokasi restoran Anda, pelayanan restoran, dan sebagainya. Jadi, pastikan Anda memberikan informasi kepada pelanggan dan pastikan pelanggan mengetahui menu andalan restoran Anda. Cobalah mulai dengan membuat daftar menu semenarik mungkin dan berikan tanda untuk setiap makanan andalan atau favorit di restoran tersebut.

Terapkan Konsep Restoran di Social Media

Setelah sudah menentukan konsep yang akan digunakan restoran, maka konsep tersebut juga bisa Anda terapkan ke dalam social media restoran. Seperti halnya, bahasa yang akan Anda gunakan di media sosial, foto-foto yang akan diunggah, serta desain visual seperti tema dan warna akun Anda harus saling berkontribusi agar menampilkan citra atau kesan restoran yang Anda ingin orang-orang pikirkan tentang restoran Anda.

Baca Juga: Food Preparation Card Gratis untuk Berjuang Bersama di Tengah Pandemi Covid-19

Miliki Foto untuk Setiap Menu

Untuk meningkatkan nilai identitas atau brand restoran, Anda harus memiliki foto-foto dari setiap menu yang Anda miliki. Dengan adanya foto menu, tentu akan membuat restoran Anda lebih tepercaya dan berkualitas. Selain itu, adanya foto juga akan berpengaruh terhadap meningkatnya jumlah transaksi restoran. Jadi, pastikan restoran Anda memiliki cukup foto yang menarik untuk setiap menu yang Anda sajikan. Cobalah untuk mengambil foto dari beberapa angle agar pelanggan dapat lebih tertarik. Jika perlu, Anda juga bisa menyewa jasa food stylish agar mempermudah Anda membuat tampilan menu yang lebih menarik dan menggugah selera.

Buat Tagline & Deskripsi restoran

Tagline adalah kalimat singkat yang biasanya tidak lebih dari 5 kata, dan meringkas kualitas apa saja yang menggambarkan bisnis atau restoran. Tagline menjadi nilai tambah dalam membangun brand, apalagi jika tagline yang Anda miliki unik dan mudah diingat. Biasanya tagline akan diperdengarkan di iklan radio atau tv, dan diletakkan di bawah logo. Selain itu, pastikan Anda memiliki deskripsi restoran, yang menekankan dan mempresentasikan restoran serta apa yang ditawarkan restoran. Contohnya, jika Anda menjual masakan seafood, maka deskripsi restoran Anda bisa jadi “menyajikan seafood yang fresh, dengan bumbu rempah pilihan dari nusantara”.

Menyiapkan Kartu Nama Bisnis

Memiliki kartu nama bisnis adalah salah satu cara untuk membangun brand, karena biasanya dalam dalam kartu nama bukan hanya nama dan logo saja yang tercantum, juga terdapat alamat, dan kontak yang dapat dihubungi. Selain itu, dengan memberikan kartu nama bisnis Anda pada setiap pengunjung restoran, hal ini selain dapat dijadikan sebagai alat promosi. Selain itu, memberikan kartu nama kepada konsumen secara tidak langsung juga membantu Anda memberikan sebuah pengingat dalam bentuk kartu nama ke konsumen, sehingga, mereka akan mengingat brand Anda, bahkan akan semakin loyal nantinya.

Itulah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk membangun brand restoran Anda. Seperti yang diketahui, kartu nama menjadi salah satu cara untuk keberhasilan dalam membangun brand. Maka dari itu, pastikan kartu nama Anda selalu tersedia. Namun, apabila Anda belum memiliki kartu nama sendiri, maka buatlah kartu nama Anda sesegera mungkin.

Tidak ada alasan untuk menunda membuat kartu nama, karena kini membuat kartu nama dapat dilakukan secara online, bahkan hanya memerlukan waktu 2 jam saja. Selain itu, dengan kartunama.net, Anda dapat memilih desain kartu nama yang sesuai keinginan Anda, atau Anda bisa membawa desain kartu nama Anda sendiri. Yuk bangun brand bisnis Anda dengan membuat kartu nama bisnis Anda sekarang juga hanya di kartunama.net.