7 Tips Memulai Bisnis Handmade Modal Kecil & Untung Besar

Apa Anda termasuk orang yang kreatif dan senang membuat sesuatu karya baru dan unik? Jika iya mungkin Anda cocok menjadi seorang pengusaha yang menjalankan bisnis handmade. Di mana, bisnis ini bisa Anda jalankan dengan modal kecil dan tentunya sangat menyenangkan, terutama bagi Anda yang senang dengan prakarya. Nah, di bawah ini kartunama.net akan memberikan Anda tips memulai bisnis handmade yang mudah dan juga menyenangkan. 

1. Persiapkan Diri

Hal utama yang harus Anda miliki sebelum memulai bisnis adalah mempersiapkan diri Anda. Ada banyak hal yang harus Anda persiapkan, seperti mencari tahu bisnis handmade apa yang sesuai dengan minat Anda, siapkan rencana cadangan untuk mengurangi risiko, menentukan visi misi, dan yang jelas Anda harus mengumpulkan keberanian untuk memulainya. Jangan sampai bisnis sudah berjalan dan Anda ragu untuk melangkah, hingga menyebabkan kegagalan bisnis.

2. Tentukan Produk Handmade

Di masa pandemi seperti saat ini bisnis handmade menjadi salah satu bisnis yang banyak digeluti pengusaha baru. Jadi, pastikan sebelum Anda memulai bisnis handmade, cobalah lihat peluang dengan baik dan tentukan produk handmade yang akan dijual. Ada baiknya Anda memilih jenis produk yang memang dibutuhkan oleh pelanggan dan juga telah Anda kuasai  dalam pembuatannya. Misalnya, ketika Anda ahli dalam menjahit. Anda bisa membuat masker handmade atau syal rajut handmade.

3. Perencanaan Keuangan

Meski bisnis handmade ini tidak membutuhkan modal yang besar, tidak ada salahnya Anda membuat perencanaan keuangan yang akurat mengenai jumlah modal usaha yang dibutuhkan. Dengan perencanaan yang tepat, Anda bisa mengetahui seberapa banyak pengeluaran yang akan dihabiskan dari produksi barang atau produk handmade tersebut. Selain itu, dengan adanya perhitungan ini Anda bisa mengetahui dengan mudah total keuntungan yang didapat.

Baca Juga: 5 Tips Mengelola Keuangan Bisnis di Tengah Pandemi Virus Corona

4. Lakukan Survei Pasar

Melakukan survei pasar sebelum Anda menjalankan bisnis sangatlah dibutuhkan untuk mempermudah Anda mengetahui barang yang memang sedang dibutuhkan di pasaran, sekaligus menargetkan siapa saja konsumen Anda. Dengan survei ini juga diharapkan bisa berdampak positif pada bisnis yang akan Anda geluti, terutama dari sisi profitnya. Ada beberapa survei yang bisa Anda lakukan seperti menanyakan kepada calon target market Anda mengenai apa yang mereka butuhkan. Atau ketika Anda ingin membuat masker, Anda bisa menanyakan jenis masker warna apa yang mereka sukai? Apa hal yang membuat mereka ingin membeli masker, apakah karena bentuknya, keamanannya, filter masker yang mampu mencegah virus, dan sebagainya.

5. Gunakan Bahan Berkualitas

Setelah melakukan survei pasar, Anda juga harus memilih bahan yang akan digunakan untuk bisnis handmade ini. Pastikan bahan yang digunakan adalah bahan berkualitas premium. Sehingga, persentase penjualan produk akan terus meningkat tajam, karena kepercayaan konsumen mengenai kualitas dari barang handmade yang Anda jual.

6. Ciptakan Brand Image yang Menarik

Brand image yang menarik dan unik juga termasuk tips memulai bisnis handmade. Di mana, dengan brand image yang menarik akan mempermudah pelanggan untuk mengenali produk yang akan Anda jual. Jadi, pastikan Anda memperhatikan proses pengemasan dari produk handmade yang akan Anda jual. Keseluruhan prosedur penjualan harus dilakukan sesempurna mungkin dan sesuai konsep bisnis. Sehingga nantinya akan tercipta brand image yang baik di mata konsumen.

7. Lakukan promosi

Apapun bisnisnya pasti butuh promosi, termasuk ketika Anda menjalankan bisnis handmade. Ada banyak jenis promosi yang bisa Anda lakukan, mulai dari promosi dari mulut ke mulut, memanfaatkan social media, menjualnya di marketplace, hingga mempromosikan secara langsung ke pelanggan dengan memberikan kartu nama. Semuanya bisa memberikan dampak yang positif bagi bisnis. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan influencer untuk mempromosikan bisnis di akun social media mereka, sehingga produk Anda akan lebih mudah dan cepat dikenal di pasaran.

Nah, bagi Anda yang ingin berpromosi dengan memanfaatkan kartu nama bisnis, Anda bisa mempercayakan kartunama.net dalam pembuatan hingga pencetakan kartu nama. Di mana, kartunama.net menyediakan berbagai macam template desain yang bisa Anda pilih sesuai dengan bisnis yang Anda jalankan. Anda juga bisa berkonsultasi gratis dengan tim tepercaya di kartunama.net mengenai desain, jenis kertas, bahan yang digunakan, hingga teknik pencetakan.

Baca Juga: 5 Ide Teknik Finishing Design Kartu Nama Unik

Untuk membuat kartu nama bisis  di kartunama.net pun Anda tidak perlu mengeluarkan modal besar, karena mulai dari Rp17 ribu, Anda sudah bisa memiliki kartu nama dengan kualitas terbaik, Jadi tunggu apalagi? Buat dan cetak kartu nama bisnis Anda sekarang juga di kartunama.net!