Ingin Membangun Bisnis? Perhatikan 5 Poin Berikut Ini untuk Bisnis Lebih Baik

Ingin Membangun Bisnis? Perhatikan 5 Poin Berikut Ini untuk Bisnis Lebih Baik

Di era digital seperti sekarang ini, banyak orang yang mulai membuka bisnis dan menciptakan lapangan kerja sendiri. Menjadi pebisnis adalah salah satu impian semua orang, apalagi saat ini bisnis lebih mudah karena didukung adanya teknologi internet. Hanya dengan bermodalkan Internet, Anda bisa mulai membangun bisnis. Namun, ketika bisnis Anda mulai berkembang dan dikenal banyak orang, ada beberapa yang harus dipertimbangkan dan dipersiapkan dengan matang. Bukan hanya sekedar konsep bisnis yang bagus, Anda juga perlu mempertahankan konsistensi bisnis Anda agar terus berkembang nantinya. Jika Anda berniat untuk mulai membangun bisnis dan mengembangkan bisnis, di bawah ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika Anda ingin membangun bisnis.

Branding Produk atau Bisnis

Ketika menjalankan suatu bisnis, Anda perlu membangun brand agar lebih dikenal oleh masyarakat luas. Bukan hanya untuk dikenal target market, tapi juga sangat penting untuk membangun citra perusahaan. Dengan brand yang kuat, hal tersebut akan menjadi sertifikat tidak tertulis untuk jaminan kualitas sehingga membuat para pemangku kepentingan percaya terhadap brand Anda. Pemangku kepentingan di sini bukan hanya investor, namun juga karyawan, pemerintah, calon pemegang saham, dan juga konsumen. Maka, penting bagi Anda untuk membangun bisnis juga membangun brand yang mudah diingat oleh masyarakat luas.

Menerapkan Strategi Bisnis

Tahap awal ketika ingin membangun bisnis, yaitu menyusun sebuah strategi bisnis. Dengan memiliki strategi bisnis, artinya perusahaan akan mampu menentukan arah perusahaan dengan mengidentifikasinya dari segi pasar, pesaing, pelanggan, dan aspek lainnya. Berikut beberapa strategi bisnis yang menunjang keberhasilan bisnis secara maskimal.

a. Perhatikan Kualitas   

Banyak orang yang kini membuat bisnis baru dengan produk yang beragam. Namun tidak semua bisnis yang ada sekarang memerhatikan kualitas dalam bisnis. Padahal, kualitas dalam bisnis merupakan hal yang dapat menarik banyak konsumen jika dilakukan dengan benar. Kualitas di sini memiliki beberapa unsur yang Anda jual dalam bisnis, yaitu kualitas kemasan, kualitas rasa (untuk produk makanan), kualitas isi produk, bahan baku, hingga pelayanan yang terbaik. Jika Anda memiliki kualitas yang lebih dari kualitas pesaing, maka hal tersebut akan membuat bisnis Anda lebih unggul dari pesaing.

b. Kreativitas dan Inovasi

Modal penting dalam membangun bisnis salah satunya kreativitas dan inovasi. Ide kreatif merupakan sumber inspirasi awal dalam menciptakan sebuah inovasi produk yang akan memberi peluang sukses lebih besar pada bisnis. Dengan adanya kreativitas dan inovasi yang Anda tawarkan pada konsumen, hal tersebut tentu akan meningkatkan kepercayaan konsumen dan membuat konsumen tidak merasa bosan dengan produk yang Anda ciptakan.

c. Kenali Target Pasar

Sebelum produk dipasarkan, ada baiknya Anda mencoba menjadi konsumen terlebih dahulu. Dengan menggunakan produk yang Anda jual, apakah Anda akan mengetahui siapa target pasar, dan apa yang mereka inginkan dari produk yang Anda jual. Dengan begitu, Anda akan mengerti mengenai kebutuhan pasar, dan apa yang konsumen Anda inginkan dari bisnis Anda.

Memiliki Strategi Pemasaran

Pemasaran menjadi salah satu hal yang harus dilakukan saat mulai menjalankan bisnis, baik bisnis yang sudah lama berjalan atau bisnis yang baru saja mulai. Sebuah bisnis akan sulit berkembang apabila pelaku usaha tidak mengetahui mengenai  bagaimana cara memasarkan produknya. Selain itu, tujuan adanya strategi pemasaran yaitu untuk membangun sebuah merek. Dengan memiliki merek yang kuat, tentu konsumen akan lebih memilih produk dengan merek yang sudah diketahui dan dipercaya sebelumnya.

Namun, untuk menjalankan strategi pemasaran, tentunya Anda perlu menentukan konsep dan strategi pemasaran yang efektif. Karena, dengan memiliki strategi pemasaran efektif, tentu akan menarik minat konsumen dalam membeli produk yang dipasarkan. Dalam membangun bisnis, para pelaku bisnis memiliki strategi pemasaran yang berbeda-beda. Berikut beberapa strategi pemasaran produk yang bisa dilakukan.

a. Mengenal Pasar

Pertama kali yang bisa Anda lakukan dalam menerapkan strategi pemasaran yaitu mengenali pasar. Hal ini dikarenakan, pasar yang akan menggunakan produk Anda, maka Anda harus tahu sasaran konsumen yang akan menggunakan produk Anda.

b. Memilih Lokasi Pemasaran

Lokasi menjadi hal penting untuk menunjang keberhasilan suatu bisnis. Karena, dalam berbisnis para pelaku bisnis memerlukan lokasi yang strategis untuk memasarkan bisnisnya. Semakin dekat lokasi dengan target pasar, maka semakin mudah orang menjangkau produk Anda.

c. Mengikuti Tren

Produk menjadi tren apabila produk tersebut menjadi pusat perhatian, pusat pembicaraan serta digunakan oleh banyak orang. Dalam mengikuti sebuah tren, Anda bisa memberikan inovasi produk pada tiap produk yang akan dibuat. Dengan begitu orang-orang tidak merasa bosan dengan produk yang dijual.

Perhatikan Legalitas

Ketika Anda mulai membangun bisnis, selain produk dan strategi marketing, legalitas juga menjadi hal yang perlu diperhatikan. Sebagai pelaku bisnis, ada baiknya Anda perlu menaati hukum yang ada, yaitu dengan memiliki izin yang legal pada bisnis Anda. Walaupun banyak yang Anda lihat, startup terutama bisnis UKM yang tidak memiliki izin usaha yang legal. Terlepas dari hal tersebut, Indonesia tetap merupakan negara yang berlandaskan hukum, maka sebagai warga negara yang baik sudah sepatutnya Anda menaati peraturan hukum yang ada. Salah satunya, dengan melegalkan sebuah bisnis yang dijalankan dalam negara ini.

Dengan memiliki izin usaha yang legal, Anda akan mendapatkan jaminan dari badan hukum yang berwenang jika terjadi hal yang merugikan perusahaan. Selain itu, kredibilitas perusahaan akan meningkat jika memiliki izin usaha secara legal. Dengan mengantongi izin usaha yang lengkap akan menjadi faktor pendukung untuk mempertimbangkan kelayakan perusahaan untuk dapat melikuidasi pinjaman yang diberikan.

Melakukan Promosi Efektif

Ketika Anda sudah membangun bisnis, agar produk Anda dikenal oleh konsumen maka diperlukan promosi sebagai media pemasarannya. Kini, promosi bisnis sudah menjadi hal yang harus dilakukan ketika bisnis telah berjalan. Berikut beberapa cara yang bisa Anda jadikan referensi dalam melakukan promosi bisnis.

a. Mencantumkan Testimonial Konsumen

Hal ini menjadi salah satu media promosi yang tidak terlalu membutuhkan biaya banyak, namun tetap dapat menarik perhatian konsumen. Karena tak jarang, banyak calon konsumen yang mengambil keputusan untuk membeli produk, yaitu setelah melihat beberapa testimoni konsumen lainnya yang pernah menggunakan produk atau jasa dari bisnis Anda.

b. Menggunakan Media Sosial

Salah satu media paling efektif untuk melakukan promosi saat ini yaitu media sosial, karena hampir semua orang memiliki akun dan aktif dalam media sosial. Untuk mempromosikan bisnis melalui media sosial, Anda dapat mengunggah produk dan promosi yang dapat diakses oleh banyak orang dan jangkauan yang luas. Apalagi, biaya penggunaan media sosial ini memang tidak dipungut biaya. Bukan hanya mempromosikan produk yang Anda jual saja, media sosial juga bisa digunakan untuk branding dan membangun komunikasi dua arah dengan konsumen Anda. Dengan melakukan strategi promosi ini tentu akan membuat konsumen lebih loyal dan bertahan lama.

c. Memberikan Kartu Nama

Meskipun bentuknya kecil, namun kartu nama masih menjadi salah satu sarana promosi cukup efektif saat ini. Dengan memiliki kartu nama, Anda dapat mempromosikan bisnis maupun produk ke calon konsumen dengan memberikan alamat dan kontak Anda pada kartu nama. Maka, semakin banyak kartu nama yang dibagikan, maka semakin banyak pula kesempatan dikenal oleh orang banyak.

Bukan hanya konsumen saja yang dapat Anda berikan kartu nama, namun untuk memperluas koneksi bisnis, Anda dapat memberikan kartu nama kepada pelaku bisnis lainnya. Hal ini dikarenakan, bisa saja pelaku bisnis lainnya tertarik untuk bekerja sama dengan bisnis Anda, dan akan menghasilkan keuntungan bersama.

Setelah mengetahui ada banyak hal yang perlu Anda perhatikan ketika membangun bisnis, dan ternyata salah satunya perlunya memiliki sebuah kartu nama. Kini membuat kartu nama, bukan lagi sesuatu hal yang sulit bahkan memerlukan biaya yang banyak. Dengan kartunama.net Anda dapat mencetak kartu nama dengan biaya hemat mulai dari Rp17ribuan, namun tetap memiliki kualitas yang sama dengan kartu nama lainnya.

Selain itu, ada banyak kemudahan yang ditawarkan oleh kartunama.net, salah satunya Anda bisa memilih desain kartu nama yang sesuai keinginan Anda atau Anda bisa membawa desain kartu nama Anda sendiri. Dengan kartunama.net, Anda tidak perlu melakukan pencetakan kartu nama secara langsung. Meski #Dirumahaja, Anda tetap bisa membuat kartu nama perusahaan secara online dan mudah. Kini, Anda juga bisa membuat kartu nama lewat Tokopedia lho! Yuk buat kartu nama sekarang!

0 responses