6 Tren Bisnis Kuliner yang Bisa Diterapkan di 2020

Baru-baru ini tren bisnis kuliner terus merosot. Hal ini karena adanya pandemi virus corona yang masih belum berakhir. Di mana, di tengah pandemi seperti sekarang banyak orang yang mulai mengurangi membeli makan di luar hingga menghindari untuk datang ke restoran. Sebagai pemilik bisnis kuliner, hal ini tentu tidak bisa ditunggu begitu saja dan harus memutar otak bagaimana caranya bisnis kuliner Anda bisa kembali bangkit dan tetap bisa mendapatkan pemasukan dari bisnis tersebut. Pada artikel kali ini, kartunama.net akan menjabarkan beberapa tren bisnis kuliner yang bisa Anda lakukan.

Desain Restoran atau Kafe yang Instagramable

Selama pandemi berlangsung, banyak orang yang tidak bisa kumpul bersama teman dan keluarga di kafe atau restoran. Setelah pandemi selesai, akan ada banyak orang yang datang ke kafe atau restoran hanya untuk berkumpul dan bertemu dengan teman. Biasanya, pelanggan tidak hanya datang untuk makan, namun ada juga yang juga ingin melakukan selfie/wefie bersama keluarga atau teman di restoran. Hal inilah yang membuat desain restoran menjadi poin penting yang harus diperhatikan. 

Selama masa pandemi, cobalah mulai pikirkan untuk mendesain ulang tempat berbisnis Anda dan buatlah desain restoran/kafe yang instagramable. Setelah selesai, cobalah posting ke social media bisnis dan ajak pelanggan untuk mengunjungi lokasi Anda. Hanya dengan melihat desain restoran/kafe, pelanggan akan menentukan akan mampir atau tidak.

Di tahun 2020 ini, tema rustic dan minimalis masih menjadi tren. Untuk membuat pelanggan semakin betah di restoran/kafe, cobalah tambahkan furniture dan aksesoris ruangan yang sesuai tema dan pilihlah desain sesuai bisnis kuliner sedang Anda jalankan.

Open Kitchen

Anda pasti sudah tidak asing lagi bukan dengan konsep open kitchen? Bukan berarti pengunjung diperbolehkan masuk ke dapur, tapi yang dimaksud di sini adalah konsep dapur yang ditata terbuka. Biasanya, restoran/kafe dengan konsep ini akan memposisikan dapur di bagian depan atau belakang restoran  dengan pembatas kaca.

Sehingga, pelanggan bisa melihat secara langsung kegiatan atau kondisi dapur. Hal ini juga membuat pengunjung bisa memastikan bahwa makanan atau minuman yang dipesan akan diproses dengan baik.

Live Music

Selama pandemi banyak konser yang batal dan ditunda. Hal ini membuat banyak orang rindu akan hiburan. Untuk menghilangkan rindu akan hiburan musik, Anda bisa mendatangkan pemain musik ataupun grup band untuk hadir di lokasi bisnis Anda. Sehingga, pelanggan tidak hanya makan, minum, dan berkumpul bersama, tapi juga bisa menikmati hiburan yang selama ini dirindukan. Dengan begitu, pelanggan akan merasa lebih enjoy, nyaman, dan menambah keseruan saat berkunjung ke restoran/kafe Anda.

WiFi

Banyak orang yang memanfaatkan kafe atau restoran sebagai tempat untuk meeting atau bekerja. Sehingga, banyak dari mereka yang akan menanyakan apakah restoran Ana memiliki koneksi WiFi atau tidak. Dengan memiliki fasilitas WiFi, pelanggan atau konsumen bisa lebih nyaman bekerja di kafe ataupun membagikan momen seru mereka di media sosial dengan lebih mudah. Jadi, pastikan Anda memberikan layanan WiFi di restoran atau kafe Anda. Agar tidak digunakan oleh sembarang orang, Anda bisa memberikan kode yang bisa mereka dapatkan dengan mudah di dalam struk belanja.

Buka Selama 24 Jam

Setelah masa pandemi selesai, mungkin akan ada banyak orang yang rindu serunya berlama-lama di restoran hanya untuk makan dan berkumpul dengan teman. Memiliki restoran atau kafe yang buka 24 jam, bisa menjadi salah satu inovasi yang bisa kamu lakukan setelah pandemi selesai. Apalagi, selama pandemi seluruh pertokoan dan bisnis harus tutup di jam 20.00. Inilah yang membuat orang semakin rindu berlama-lama di restoran sambil menikmati indahnya malam hari.

Selain itu, dengan buka 24 jam, Anda juga bisa membantu memenuhi kebutuhan pelanggan untuk mencari makanan di tengah malam. Karena biasanya mereka akan sulit menemukannya. Dengan membuka tempat makan 24 jam, pelanggan bisa makan kapan saja tanpa khawatir jam tutup.

Menghadirkan Menu Sehat

Di tahun 2020, ketertarikan masyarakat untuk menjalani gaya hidup sehat, khususnya vegan terus meningkat. Hal ini menjadi peluang yang sangat besar bagi pebisnis kuliner untuk menghadirkan menu-menu sehat pada restoran atau kafenya. Ada banyak menu sehat yang bisa Anda buat untuk bisnis kuliner. Mulai dari makanan tanpa campuran MSG atau bahan pengawet lainnya, salad sayuran atau buah, jus dengan rendah gula dan sebagainya.

Itulah beberapa tren bisnis kuliner di tahun 2020 yang bisa Anda lakukan dan terapkan di bisnis Anda. Selain tren di atas, jangan lupa juga untuk mempromosikan bisnis Anda dengan baik agar pelanggan ataupun calon konsumen datang dan mencoba bisnis Anda. Salah satu cara promosi yang bisa Anda lakukan adalah dengan meletakkan kartu nama di dekat meja kasir atau memberikan kepada pelanggan potensial. Sehingga, mereka akan dengan mudah menjangkau bisnis Anda jika di kemudian hari mereka membutuhkan. Misalnya, ketika mereka malas keluar rumah dan bisa melakukan delivery atau pesan antar.

Untuk membuat kartu nama dengan mudah, kini Anda bisa memanfaatkan kartunama.net. Di mana, dengan kartunama.net, Anda bisa membuat kartu nama dengan desain yang bisa disesuaikan dengan bisnis. Selain itu, kartu nama yang sudah dibuat, akan siap diantar hanya dalam waktu maksimal 2 jam dari pemesanan. Mudah dan cepat bukan? Jadi tunggu apalagi? Promosikan bisnis kuliner Anda di kartunama.net sekarang!