5 Tips Memilih Virtual Office yang Bantu Anda Kembangkan Bisnis

5 Tips Memilih Virtual Office yang Bantu Anda Kembangkan Bisnis

Ketika baru mulai merintis bisnis, banyak pengusaha yang belum memiliki modal cukup untuk menyewa kantor untuk menjalankan operasional bisnis. Biasanya, mereka memilih untuk bekerja di rumah masing-masing atau menyewa rumah untuk menjalankan bisnisnya bersama tim kecil yang dimiliki. Namun, untuk menyiasatinya banyak bisnis yang memanfaatkan virtual office sebagai salah satu alternatif kantor. Pada artikel kali ini, kartunama.net akan memberikan beberapa penjelasan mengenai kantor virtual dan tips memilihnya.

Apa itu Virtual Office?

Sebelum membahas lebih jauh mengenai virtual office, sudahkah Anda mengetahui apa itu virtual office? Kantor virtual ini merupakan satu kantor bersama yang disediakan oleh penyedia jasa Virtual Office, di mana alamat kantor dapat digunakan oleh beberapa perusahaan lainnya.

Dengan menyewa kantor virtual, Anda bisa menggunakan alamatnya sebagai alamat perusahaan Anda. Meski begitu, Anda hanya bisa menggunakan alamatnya saja, karena tidak terdapat kantor secara fisik yang digunakan oleh perusahaan yang menyewa, melainkan hanya menyewa alamat kantor tersebut.

Dalam hal ini, pemerintah juga turut mendukung bisnis startup dengan mengizinkan penggunaan kantor virtual sebagai domisili bisnis dengan masa berlaku virtual office selama 1 tahun dan dapat mengajukan perpanjangan SKDP atas Virtual Office ke pemerintah terkait.

Baca Juga: 6 Alasan Bisnis Startup Lebih Memilih Menggunakan Coworking Space

Manfaat Menggunakan Virtual Office

Dengan Virtual Office, Anda tidak hanya menghemat waktu dan tenaga untuk perjalanan ke kantor, tapi Anda juga dapat menghemat biaya sewa. Selain itu, ada beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan sebagai penyewa kantor virtual bagi bisnis startup.

  1. Meningkatkan brand image perusahaan dengan alamat kantor di pusat bisnis.
  2. Fleksibilitas waktu dan tempat bekerja, bisa dari mana pun dan kapan pun.
  3. Memiliki domisili perusahaan yang sah, sehingga mempermudah ketika Anda ingin melakukan pengurusan pendirian perusahaan dan izin usaha.

Tips Memilih Virtual Office Sesuai Kebutuhan Bisnis

Sebelum menyewa kantor virtual, ada beberapa pertimbangan yang perlu Anda perhatikan. Di bawah ini adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan sebelum menyewa virtual office.

1. Pilihlah Lokasi yang Strategis

Ketika Anda ingin menyewa kantor virtual pasti Anda ingin memiliki alamat kantor di pusat bisnis bukan? Karena itulah hal pertama yang harus diperhatikan adalah lokasi kantor itu sendiri. Pilihlah di kawasan yang strategis seperti kawasan central business district.

Tidak disarankan untuk memilih lokasi yang berada di gedung tua atau di lokasi yang tidak familiar dan sulit dicari. Dengan lokasi yang strategis dan bergengsi, citra perusahaan akan ikut meningkat. Pastikan juga bahwa lokasi virtual office Anda sesuai petunjuk sehingga mudah ditemukan oleh klien.

2. Perhatikan Fasilitas yang Ditawarkan

Pada umumnya kantor virtual akan menyediakan fasilitas seperti ruang meeting di berbagai lokasi, executive assistant, fasilitas transfer telepon, call center, jaringan internet, notifikasi telepon melalui email, penerimaan paket ke alamat kantor virtual, dan lain sebagainya.

Namun, tidak semua penyedia jasa kantor virtual memiliki fasilitas lengkap. Pilih kantor virtual yang memberikan fasilitas lengkap sesuai kebutuhan. Cek terlebih dulu fasilitas tersebut dan pastikan mereka memberikan fasilitas sesuai dengan yang ditawarkan dan berfungsi dengan baik. 

3. Sesuaikan Harga dengan Layanan yang Diberikan

Banyaknya layanan yang menawarkan virtual office membuat Anda harus teliti kembali. Masing-masing penyedia jasa menawarkan fasilitas dan harga yang berbeda, mulai dari Rp4 juta hingga belasan juta, tergantung jenis paket dan layanan yang mereka sediakan.

Perhatikan apakah harga yang mereka tawarkan sesuai dengan fasilitas yang diberikan, karena beberapa penyedia kantor virtual masih memberikan harga yang berbeda antara harga awal dengan harga akhir. Pastikan, Anda menanyakan segala hal mengenai fasilitas dan layanan, jangan sampai ada biaya tersembunyi di belakang ketika Anda membutuhkan fasilitas atau layanan tertentu.

4. Tanyakan Layanan Jasa Penunjang Bisnis

Biasanya, pengusaha baru membutuhkan beberapa layanan untuk membantu perkembangan bisnis seperti pengurusan legalitas, layanan akuntansi berbasis cloud, dan sebagainya. Di mana, jika dilakukan sendiri, ini bisa menghambat Anda ketika sedang sibuk menjalankan bisnis.

Apabila Anda tidak memiliki waktu dan informasi yang cukup untuk pengurusan legalitas, sebaiknya Anda meminta penyedia layanan kantor virtual untuk mengurus legalitas bisnis, baik PT atau CV. Sehingga, ketersediaan suatu layanan lain untuk perkembangan bisnis Anda di virtual office dapat menjadi pertimbangan.

5. Bisa PKP atau Tidak?

Tips terakhir adalah memilih virtual office yang sudah mendaftar PKP (Perusahaan Kena Pajak), dengan begitu Anda juga bisa mengajukan PKP di kantor pajak. Berdasarkan pernyataan PMK No 147/PMK.03/2017 terkait penggunaan kantor virtual dapat mengajukan PKP namun didukung dengan peraturan terkait pengaturan sistem elektronik untuk pengajuan izin PKP.

Dengan mengajukan PKP bisnis Anda akan mendapatkan keuntungan, seperti bisa mengikuti proyek pemerintah dan proyek besar instansi lainnya. Jadi, meskipun Anda belum membutuhkan PKP, pemilihan kantor virtual yang bisa diajukan untuk pengajuan PKP akan lebih aman sehingga pada saat Anda membutuhkan PKP, Anda tidak perlu mengganti alamat virtual office yang hanya menambah biaya.

Itulah beberapa hal mengenai virtual office yang perlu Anda ketahui. Dengan menyewa virtual office, Anda juga bisa menitipkan kartu nama Anda di resepsionis. Sehingga, ketika ada bisnis lain yang datang ke lokasi bisa menemukan kartu nama Anda. Dan ketika mereka tertarik, mereka bisa menghubungi Anda. Selain itu, virtual office biasanya juga sering digunakan untuk acara seminar bisnis, sehingga jadi salah satu media tepat ketika Anda ingin menitipkan kartu nama di sana.

Bagi Anda yang belum memiliki kartu nama, kini Anda bisa mencetaknya dengan mudah melalui Tokopedia. Lewat Official Store Kartunama.net di Tokopedia, Anda bisa mencetak kartu nama dengan mudah, dari mana dan kapan saja. Selain kualitas terbaik yang akan Anda terima, Anda juga bisa mendapatkan promo cashback maupun free ongkir dari Tokopedia. Jadi tunggu apalagi? Cek langsung Official Store Tokopedia dan cetak kartu nama Anda sekarang!

0 responses