Tips Menghemat Keuangan Bisnis Demi Mempertahankan Bisnis

Di tengah pandemi seperti saat ini banyak bisnis yang mengalami penurunan omzet dan harus berhemat demi mempertahankan bisnis. Menghemat keuangan bisnis ini bisa jadi salah satu cara bertahan yang mungkin bisa dilakukan saat ini. Namun, menghemat keuangan bukan berarti harus mengurangi atau mengabaikan kebutuhan pokok bisnis. DIsinilah Anda sebagai pengusaha harus memahami prioritas dan juga kebutuhan yang memang harus didahulukan. Agar lebih mudah menghemat keuangan bisnis dengan lebih tepat, di bawah ini adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk tetap menjalankan bisnis meski dengan keuangan yang terbatas.

Baca Juga: 5 Tips Mengelola Keuangan Bisnis di Tengah Pandemi Virus Corona

Buat Aturan Agar Tidak Impulsif

Banyak perusahaan yang mengalami kerugian karena tidak dapat mengontrol pengeluaran dengan baik. Misalnya, ketika mereka masih memiliki perangkat komputer yang baik dan bisa digunakan, mereka membeli kembali komputer baru dengan spesifikasi yang lebih tinggi. Atau ketika mesin printer perusahaan masih bisa digunakan, namun perusahaan membeli kembali mesin printer, dan sebagainya.

Nah, jika sebelum terjadi pandemi ini masih baik-baik saja, selama pandemi kebiasaan ini mungkin harus Anda hindari untuk mengurangi risiko kerugian bisnis yang lebih besar lagi. Cobalah mulai dengan menentukan atau membuat aturan sebelum perusahaan mengambil keputusan pembelian, sekaligus untuk mengurangi perilaku pemborosan kas perusahaan yang berlebih. 

Mulai Buat Anggaran Keuangan

Bagi Anda yang ingin bisnisnya berjalan secara terus menerus dan mengalami peningkatan pendapatan dan berkembang dari hari ke hari, Anda harus bisa mulai membuat anggaran keuangan. Dengan anggaran keuangan inilah Anda bisa mengatur keuangan bisnis dengan lebih mudah, sekaligus bisa membantu Anda mengontrol keuangan bisnis. 

Baca Juga: Tips Membuat Anggaran Perusahaan untuk Bisnis yang Terus Berkembang

Dengan anggaran ini jugalah Anda bisa lebih fokus pada apa saja yang sudah direncanakan di awal untuk membantu mengembangkan bisnis. Sehingga, ketika ada sesuatu yang tidak masuk dalam anggaran, maka sifatnya tidak terlalu darurat dan bisa Anda pikirkan kembali apakah itu termasuk kebutuhan prioritas atau hanya keinginan semata yang tidak memberikan impact besar bagi perusahaan. Jika memang itu adalah kebutuhan penting yang bisa membantu bisnis berkembang, maka tidak ada salahnya Anda membelinya. Namun, jika itu tidak terlalu penting dan tidak bisa memberikan impact pada bisnis, maka Anda bisa menundanya.

Mencatat Keuangan dengan Rutin

Setelah Anda mulai membuat anggaran keuangan, jangan lupa juga untuk mencatat keuangan secara rutin, baik uang masuk maupun uang keluar. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui kemana saja uang atau kas perusahaan masuk dan keluar. Akan lebih baik lagi jika Anda membuat laporan keuangan perusahaan. Namun, jika dirasa sulit, Anda bisa mulai membuatnya dengan mencatat berapa pendapatan yang Anda hasilkan, dan berapa banyak pengeluaran yang Anda keluarkan. Catat semuanya secara detail mulai dari tanggal, kategori belanja, transaksi, dan jumlah uang yang Anda dapatkan maupun keluarkan.

Lacak pengeluaran Anda

Setelah Anda membuat anggaran keuangan dan mencatat keuangan dengan rutin, pastikan juga Anda melacak pengeluaran dengan rutin, misalnya setiap seminggu sekali atau per 3 hari. Dengan begitu, Anda mengetahui apakah pengeluaran Anda saat itu masih dalam kategori wajar atau sudah berlebih.

Selain itu, dengan melacak pengeluaran dengan rutin, Anda juga bisa lebih mudah mengambil keputusan bisnis dengan lebih tepat. Misalnya, ketika suatu saat Anda membutuhkan membeli kebutuhan bisnis, maka Anda bisa langsung memutuskan apakah Anda bisa membelinya saat itu karena keuangan dalam kondisi baik atau harus menunda karena saat ini keuangan belum mencukupi untuk membeli kebutuhan tersebut.

Itulah beberapa cara menghemat keuangan bisnis yang bisa Anda lakukan untuk mempertahankan bisnis, terutama di tengah pandemi seperti saat ini. Namun, pastikan menghemat keuangan bisnis bukan berarti tidak boleh mengeluarkan uang atau kas sedikit pun. Menghemat berarti Anda harus memahami mana kebutuhan prioritas dan mana kebutuhan yang masih ditunda.

Nah, untuk menghemat kini kartunama.net memiliki paket hemat cetak kartu nama mulai dari Rp17 ribuan. Sehingga, tidak ada alasan lagi untuk tidak mencetak kartu nama, karena memiliki kartu nama menjadi salah satu hal penting dalam memasarkan bisnis dan melakukan networking. Jadi tunggu apalagi? Buat dan cetak kartu nama bisnis Anda sekarang juga di kartunama.net!