Tips Menjalankan Bisnis Kuliner Agar Tetap Untung di Tengah Pandemi

Tips Menjalankan Bisnis Kuliner Agar Tetap Untung di Tengah Pandemi

Bisnis kuliner menjadi salah satu bisnis yang terdampak virus covid-19. Di Indonesia, banyak bisnis kuliner yang mengalami penurunan omzet hingga 70%. Meski begitu, masih ada juga beberapa bisnis kuliner yang justru mengalami peningkatan penjualan secara online, salah satunya bisnis MasterChees di Makasar. Menurut yang dikutip dari CNBC Indonesia, bisnis MasterChees yang dimiliki Yulianti ini memiliki omzet yang meningkat hampir 80% melalui aplikasi layanan pesan antar.

Sehingga, dapat disimpulkan bahwa pemilik bisnis kuliner harus bisa mengatasi masalah pandemi ini dengan beberapa inovasi agar omzetnya tidak merosot turun dan justru bisa terus meningkat. Bagi Anda yang juga telah memiliki rencana untuk memulai bisnis kuliner, jangan pernah berhenti dan tunda mimpi Anda. Di bawah ini, kartunama.net akan memberikan beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk memulai dan menjalankan bisnis kuliner meski di tengah pandemi covid-19.

Tentukan Bisnis Kuliner & Siapkan Modal

Ketika Anda ingin memulai bisnis kuliner, Anda harus menentukan terlebih dulu jenis bisnis kuliner apa yang ingin Anda jalankan. Ada banyak bisnis kuliner yang bisa Anda pilih. Nah, selama masa pandemi covid-19 ini, Anda bisa memilih bisnis kuliner yang bisa dibeli secara take away atau delivery. Setelah Anda mengetahui jenis bisnis yang dijalankan, tentukan modal yang Anda butuhkan. Dengan mengetahui modal yang dimiliki, Anda bisa dengan mudah menentukan skala bisnis, apakah bisnis kecil, menengah, atau besar. Di masa pandemi seperti saat ini, Anda harus pintar mengelola modal dan harus secara rutin mengecek keuangan dan juga cash flow perusahaan. Dengan begitu, Anda bisa dengan mudah membuat strategi bisnis dengan keuangan yang cukup.

Baca Juga: Pentingnya Modal Usaha Agar Bisnis Tetap Berjalan di Masa Pandemi COVID-19 

Jual Makanan Frozen Food

Di tengah pandemi covid-19 ini banyak orang yang melakukan pembatasan sosial dan tetap di rumah saja. Hal ini membuat banyak dari mereka untuk mengonsumsi frozen food sebagai stok makanan di rumah yang bisa disimpan dalam jangka waktu yang lama.

Bagi Anda yang ingin memulai bisnis kuliner, membuat frozen food bisa menjadi salah satu pilihan. Hal ini telah dibuktikan oleh Owner Dapur Makaro Glien Mourinsie yang mengatakan masa pandemi ini bisnisnya tetap berjalan baik dan menerima layanan dari pelanggan. Bukan hanya itu, ia pun menceritakan bahwa selama covid-19 ini, bisnis tersebut justru kami mengalami kenaikan keuntungan dua kali lipat. Jadi, bagi Anda yang ingin memulai bisnis kuliner, pastikan Anda juga menyiapkan frozen food sebagai salah satu pilihan produk yang Anda jual.

Tetapkan Harga Pasar dengan Baik

Banyak pengusaha yang mengambil kesempatan di tengah pandemi ini dengan menaikkan harga demi meraih keuntungan maksimal. Hal ini tentu kurang baik bagi citra bisnis Anda. Jadi, ketika Anda memulai bisnis, pastikan Anda menetapkan harga dengan baik dan hindari untuk mengambil kesempatan yang tidak baik. Dengan begitu, Anda bisa dengan mudah mendapatkan pelanggan dan mereka juga pasti akan lebih senang ketika ada bisnis yang tidak mengambil kesempatan kurang baik.

Bukan hanya menetapkan harga pasar, Anda juga bisa mencoba memberikan promosi saat memulai bisnis. Misalnya, Anda memberikan promo membelikan makanan untuk ojek online sebagai kurir yang mengantar makanan, atau Anda juga bisa memberikan promo beli 5 sama dengan membantu masyarakat yang membutuhkan, dan sebagainya.

Manfaatkan Layanan Pesan Antar

Di masa pandemi seperti saat ini, pemerintah memberikan kebijakan untuk tetap di rumah. Hal ini tentu akan merugikan pengusaha. Namun, masih banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk tetap mendapatkan penghasilan di tengah pandemi, salah satunya memanfaatkan layanan pesan antar makanan seperti Go Food atau Grab Food.

Dengan memanfaatkan layanan ini, Anda tidak memiliki batasan untuk melayani pelanggan dengan jangkauan yang lebih luas. Sehingga, Anda tetap bisa menjual makanan dan pelanggan pun tetap bisa menikmati makanan yang Anda jual tanpa harus keluar rumah dan tetap melakukan physical distancing sesuai himbauan pemerintah. 

Baca Juga: 6 Tips Memasarkan Bisnis Kue Kering Secara Online

Menggunakan Food Preparation

Di masa pandemi ini banyak orang yang khawatir ketika mengonsumsi makanan dari luar. 

Hal ini dikarenakan semakin meningkatnya angka orang yang tertular virus corona di Indonesia. Untuk menangani masalah ini, Anda bisa meyakinkan pelanggan bahwa bisnis Anda akan memberikan pelayanan yang baik dan tetap menjaga kualitas makanan dengan baik.

Salah satu tool yang bisa Anda manfaatkan untuk meyakinkan pelanggan adalah dengan menggunakan food preparation card. Dengan food preparation card inilah, Anda bisa meyakinkan pelanggan bahwa makanan yang mereka konsumsi dibuat secara aman karena telah melalui proses pengecekan suhu orang yang memproses makanan tersebut, mulai dari chef, kasir, hingga pengantar makanan. 

Baca Juga: Food Preparation Card Gratis untuk Berjuang Bersama di Tengah Pandemi Covid-19

Memberikan Kartu Nama di Setiap Pengantaran

Di tengah pandemi seperti saat ini, kartu nama memiliki fungsi yang sedikit berbeda dari biasanya. Kini, kartu nama bisa digunakan sebagai reminder atau pengingat pelanggan agar bisnis Anda tetap eksis dan diingat pelanggan. Di mana, sebelumnya pelanggan mungkin bisa setiap hari datang ke toko Anda, namun sejak adanya pandemi ini, pelanggan tidak akan datang ke toko Anda.

Untuk mengingatkan mereka tentang bisnis Anda, cobalah untuk memberikan satu kartu nama di setiap mereka melakukan pembelian. Ini akan membantu mereka mengingat bisnis Anda dan akan menghubungi bisnis Anda ketika di kemudian hari mereka butuh sesuatu. Misalnya, Anda menjual makanan kue atau roti, di hari biasanya mereka akan datang ke toko Anda untuk membeli roti sebagai sarapan. Nah, mungkin saja di tengah pandemi ini mereka tetap membeli produk Anda sesekali, karena alasan “kangen” dengan roti Anda. Ketika hal ini terjadi, jika Anda menyelipkan kartu nama di box pengiriman, mereka akan terus mengingat bisnis Anda, dan ketika mereka butuh kue atau roti porsi banyak, mereka akan dengan mudah menghubungi Anda secara langsung.

Untuk itu, kartu nama menjadi salah satu tool yang memiliki peran penting selama pandemi ini. Jadi, buat kartu nama bisnis Anda sekarang dan dapatkan keuntungan selama menjalankan bisnis kuliner di tengah pandemi. Jika kartu nama bisnis Anda habis, kini Anda bisa membuat kartu nama secara online melalui kartunama.net. Dengan kartunama.net, Anda bisa membuat dan mencetak kartu nama kapan dan di mana saja dengan kualitas yang terjamin. Buat kartu nama bisnis Anda sekarang juga di kartunama.net.

0 responses