6 Tips Memasarkan Bisnis Kue Kering Secara Online

Hari Raya Idulfitri tahun ini akan sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Di mana, tahun ini semua orang akan diminta untuk tetap jaga jarak dan melakukan physical distancing demi mencegah tertularnya wabah virus covid-19. Ini menjadi tantangan tersendiri bagi pengusaha yang biasanya berjaya di momen Ramadan dan Idulfitri. Kini pengusaha diminta untuk memutar otak dan melakukan inovasi dalam melakukan kegiatan bisnisnya, termasuk pengusaha yang menjalankan bisnis kue kering.

Baca Juga: Tips Menjalankan Bisnis di Tengah Pandemi Covid-19

Di mana, pengusaha kue kering biasanya akan berjaya di momen Ramadan dan Idulfitri, kini pengusaha kue kering harus tetap menjalankan bisnisnya meski dari rumah dan dilakukan secara online. Apakah Anda termasuk salah satu pengusaha bisnis kue kering? Jika iya, simak beberapa tips menjual kue kering di tengah pandemi Covid-19.

Perhatikan Kemasan Kue

Ketika menjual kue, hal paling penting yang harus Anda perhatikan selain rasa dan bentuknya adalah kemasan kue kering itu sendiri. Di mana, dengan kemasan yang baik, Anda bisa menciptakan brand image yang positif di mata pelanggan. Pastikan kemasan kue kering yang Anda miliki tidak mudah dibuka dan mudah ditutup kembali  dengan rapat. Ini akan memastikan kue Anda tidak mudah rusak dan tetap fresh. 

Selain itu, pastikan tampilan kue yang Anda miliki terlihat menarik dan bisa menggugah pelanggan untuk dengan senang hati membagikannya melalui social media mereka. Hal ini tentu akan membantu Anda untuk memasarkan produk atau brand yang Anda miliki tanpa harus mengeluarkan biaya sedikitpun. 

Tentukan Tempat untuk Jualan Online

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk memasarkan atau menjual produk kue kering Anda, salah satunya dengan platform digital seperti social media, marketplace, WhatsApp, dan sebagainya. Sebelum Anda menjualnya, cobalah tentukan tempat yang potensial dan bisa membantu Anda menjual produk tersebut. Untuk memasarkannya di marketplace atau platflorm digital lainnya, pastikan Anda telah memberikan informasi mengenai kue kering yang Anda jual beserta foto yang menarik. Hal ini penting untuk menarik calon pembeli untuk memutuskan pembeliannya. Selain itu, pastikan juga Anda memiliki layanan chat ataupun tanya jawab yang siap membantu menjawab seluruh pertanyaan pelanggan Anda.

Baca Juga: Cara Memulai Bisnis Kue Kering Bagi Pemula Menjelang Lebaran

Perhatikan Kualitas Foto & Informasi yang Jelas

Seperti yang sudah dibahas sedikit di atas, foto dan informasi yang baik bisa membantu Anda memasarkan kue kering melalui ecommerce. Jadi, pastikan Anda mempersiapkan foto terbaik dari produk yang Anda jual. Hal ini akan membantu Anda mempromosikan bisnis kue kering secara profesional dan mampu meningkatkan kredibilitas bisnis. Cobalah untuk melakukan foto produk dari berbagai sudut mulai dari depan, belakang, dan bagian dalam kue. Angle yang tepat bisa membuat pelanggan tertarik untuk membeli produk Anda.

Selain foto yang menarik, pastikan juga Anda menuliskan informasi mengenai produk Anda dengan baik dan tetap jujur. Di mana, informasi yang jujur merupakan jembatan penghubung Anda dengan pelanggan ketika mereka tertarik untuk membeli produk yang ditawarkan. Jadi, cobalah berikan informasi kontak yang jelas, deskripsi produk sesuai aslinya. 

Tawarkan Paket Spesial untuk Pembelian Tertentu

Momen Ramadan dan Idulfitri merupakan salah satu perayaan besar di Indonesia. Umumnya, bulan-bulan ini menjadi salah satu momen untuk masyarakat Indonesia untuk berbagi parcel maupun makanan ke orang-orang terdekat. Hal ini bisa menjadi salah satu peluang besar bagi bisnis kue kering Anda untuk meraih keuntungan lebih besar. Cobalah untuk memasarkan kue kering dengan mengincar pasar ini melalui Internet. Pastikan Anda memiliki paket spesial Ramadan dan Idulfitri dengan harga bersaing agar pelanggan bisa melakukan pembelian dalam jumlah yang banyak. Untuk membuatnya lebih menarik, Anda juga bisa membuat kemasan seasonal untuk perayaan Ramadan dan Idulfitri.

Proses Pesanan dengan Cepat

Ketika Anda mendapatkan pesanan secara online, pastikan juga Anda langsung memprosesnya dan jangan biarkan pelanggan menunggu lama untuk menikmati kuenya. Anda bisa memanfaatkan beberapa layanan kurir online yang bisa mengantarkan pesanan secara cepat dan pengiriman di hari yang sama seperti Gojek, Grab, J&T, JNE, dan sebagainya. Hal ini akan membantu Anda meningkatkan reputasi bisnis Anda. Sehingga, pelanggan bisa lebih percaya dan juga akan terus melakukan pesanan secara terus menerus.

Sisipkan Kartu Nama Bisnis untuk Promosi

Meski bisa dicari dengan mudah oleh calon pembeli secara online, Anda juga harus tetap melakukan promosi bagi pelanggan Anda. Hal ini akan membantu pelanggan untuk terus ingat dengan bisnis Anda kapan pun itu. Cobalah untuk memberikan kartu nama bisnis di setiap pengiriman kue kering ke pelanggan. Dengan begitu, mereka akan terus ingat dengan bisnis kue kering Anda sekaligus membantu Anda mempromosikan bisnis tersebut ke orang terdekat.

Baca Juga: Pentingnya Kartu Nama untuk Bisnis Online di Tengah Pandemi Covid 19

Untuk membantu mempersiapkan kartu nama bagi bisnis kue kering Anda, cobalah manfaatkan kartunama.net sebagai salah satu tempat untuk membuat dan mencetak kartu nama bisnis Anda. Dengan kartunama.net, Anda bisa menjual 

Itulah beberapa tips menjalankan bisnis kue kering secara online selama masa Pandemi Covid-19. Jadi, meskipun sedang pandemi, Anda tetap bisa menjual dan menjalankan bisnis dengan normal dan mendapatkan keuntungan dari bisnis tersebut. Namun, jangan lupa juga untuk tetap memperhatikan kondisi kesehatan Anda maupun karyawan yang membantu Anda memproduksi kue kering tersebut ya! Jangan lupa untuk memastikan kue kering Anda tetap bisa dikonsumsi oleh pelanggan dengan aman tanpa harus khawatir tertular virus corona.