Peran Kartu Nama untuk Meningkatkan Personal Branding bagi Freelancer

Freelancer. Pasti Anda sudah tidak asing lagi bukan dengan seorang pekerja freelance. Pekerjaan ini sering dimanfaatkan oleh orang-orang kreatif di usia muda yang ingin menambah penghasilannya. Di mana, semakin banyak pengalaman dan portofolio yang mendukung, semakin besar juga kesempatan untuk menjadi freelancer yang diminati oleh pemberi kerja. Di Indonesia, jumlah freelancer terus meningkat dan berdasarkan survei yang dilakukan PT Sribu Digital Kreatif atau Sribu.com, 65% freelancer berada di usia 30 tahun, dan 27% di usia 30-40 tahun. Nah, apakah Anda termasuk salah satu freelance? Selain portfolio dan pengalaman, sebagai freelance Anda juga harus melakukan personal branding untuk meningkatkan kepercayaan pemberi kerja terhadap kinerja Anda.

Kartu nama merupakan salah satu tool yang membantu Anda meningkatkan personal branding sekaligus membantu Anda mempromosikan diri Anda kepada orang lain atau calon pemberi kerja potensial. Bukan hanya penting bagi perusahaan, personal branding juga penting bagi karir Anda sebagai freelancer. Menurut Mcnally, personal brandig adalah persepsi atau emosi yang diatur oleh orang lain tentang diri Anda. Sehingga dapat membantu Anda memengaruhi kepercayaan orang untuk bekerja sama atau berinteraksi dengan Anda. Lalu apa saja pentingnya kartu nama dalam membangun personal branding Anda? Di bawah ini adalah peran kartu nama dalam membangun personal branding Anda sebagai seorang freelancer.

Mempromosikan Diri Lewat Resume Singkat

Jika sebagai karyawan Anda akan diminta membuat resume dan CV, untuk freelance biasanya Anda tidak membutuhkan kedua hal tersebut. Di mana, biasanya perusahaan akan meminta Anda untuk menunjukkan portfolio sekaligus informasi singkat mengenai Anda. Dengan adanya kartu nama inilah Anda bisa menunjukkan informasi singkat sekaligus keahilan Anda secara praktis.

Dalam kartu nama, biasanya akan tertulis nama, email, nomor telepon, dan sebagainya. Untuk menunjukkan keahlian Anda, cobalah untuk menambahkan link portfolio dalam kartu nama dan tuliskan kutipan singkat yang membantu calon pemberi kerja mengetahui diri Anda dan kompetensi dan keahlian Anda di bidang tersebut. Misalnya, Anda adalah seorang freelancer di bidang graphic designer, Anda bisa menambahkan kutipan kecil di dalam kartu nama seperti “Bukan hanya seni, desain juga harus bisa menjual”.

Baca Juga: Pemilihan Bahan Terbaik dalam Membuat Kartu Nama

Meningkatkan Profesionalitas

Meski hanya seorang freelancer, Anda juga tetap bisa memiliki kartu nama atas nama pribadi. Ini akan membantu Anda meningkatkan profesionalitas diri di mata calon klien ketika melakukan pertemuan secara langsung. Di mana, calon klien yang menerima kartu nama tersebut akan lebih yakin bahwa Anda menjalankan pekerjaan yang tepercaya dan profesional.

Sedangkan, ketika Anda tidak memiliki kartu nama dan berhadapan dengan salah satu calon klien potensial. Apa yang harus Anda lakukan? Akan tidak profesional jika Anda hanya memberikan kontak melalui secarik kertas bukan? Belum lagi Anda harus menuliskan link portfolio secara manual. Risikonya, selain mereka sulit mengingat Anda dan juga bisnis yang sedang dijalankan, mereka juga berisiko salah menghubungi ataupun salah melihat portfolio Anda karena tulisan yang sulit dibaca.

Menunjukkan Kepribadian & Karakter

Biasanya, seorang freelancer merupakan salah satu orang yang bekerja di industri kreatif. Jika Anda termasuk salah satu freelancer di industri kreatif, ini adalah kesempatan baik untuk Anda dalam membuat kartu nama yang menarik dan seunik mungkin. Dengan begitu, orang yang menerima kartu nama Anda akan percaya bahwa Anda adalah seorang freelancer yang tepat dan bisa membantu mereka dalam melakukan pekerjaan kreatif.

Sedangkan, ketika Anda adalah seorang konsultan bisnis atau keuangan freelance, Anda bisa membuat kartu nama yang minimalis dengan warna dan font huruf yang tegas. Di mana, warna, huruf, maupun konten merupakan beberapa item penting yang akan mewakili personal branding Anda. Pilihlah warna, huruf, dan konten yang sesuai dengan kepribadian Anda. Hindari juga untuk memilih warna yang ‘mencolok’ dan membuat ‘sakit mata’.

Memberikan Peluang Karir yang Lebih Baik

Sebagai seorang freelancer pasti Anda berharap untuk mendapatkan pekerjaan dan peluang karir yang baik bukan? Nah, untuk meningkatkan peluang ini, kartu nama bisa menjadi salah satu cara Anda memiliki kesempatan tersebut. Di mana, calon klien Anda akan menganggap bahwa Anda serius dalam mengerjakan pekerjaan tersebut, sekaligus mempermudah calon pelanggan untuk menghubungi Anda di lain waktu. Jadi, pastikan Anda memberikan informasi kontak yang benar sehingga mempermudah calon pelanggan menghubungi Anda.

Itulah beberapa peran penting kartu nama dalam melakukan personal branding bagi Anda para freelancer. Jadi, jika Anda serius menjalankan pekerjaan ini dan ingin mendapatkan peluang yang lebih baik, pastikan Anda membuat kartu nama dengan baik.

Untuk membantu dalam pembuatan kartu nama, Anda bisa memanfaatkan kartunama.net sebagai salah satu situs pembuatan kartu nama online yang mempermudah Anda dalam membuat kartu nama kapan dan di mana saja. Selain itu, kartunama.net juga menyediakan template kartu nama dengan beberapa tema yang bisa disesuaikan dengan jenis pekerjaan Anda sebagai seorang freelancer. Namun, bagi Anda seorang pekerja kreatif yang bisa membuat desain kartu nama sendiri, Anda juga bisa mencetak kartu nama Anda langsung di kartunama.net.

Baca Juga: Kartunama.net Hadir di Tokopedia untuk Kemudahan Pelanggannya!

Bukan hanya itu, sebagai seorang freelancer pasti Anda tidak membutuhkan kartu nama dalam kuantitas yang banyak. Nah, di kartunama.net, Anda bisa mencetak kartu nama versi hemat dengan kuantitas lebih sedikit dengan kualitas terbaik. Mulai dari Rp17 ribuan, Anda sudah bisa membuat kartu nama melalui kartunama.net. Jadi tunggu apalagi? Buat kartu nama Anda sekarang juga dan dapatkan kesempatan bekerja sama dengan pelanggan potensial Anda.