4 Fungsi Kartu Nama Bagi Perusahaan & Pribadi dalam Bisnis

Bagi Anda para pebisnis ataupun profesional, pasti Anda sudah tidak asing lagi bukan dengan kartu nama? Salah satu tool atau media konvensional yang sering dibawa oleh para pengusaha atau profesional ketika melakukan networking bisnis. Meski terlihat ketinggalan zaman, kartu nama masih sering dibawa dan dibutuhkan banyak orang untuk menjalankan usaha atau bisnisnya. Kartu nama ini memang hanya selembar kertas kecil yang simpel. Walaupun begitu, kartu nama memiliki banyak manfaat dan fungsi. Di bawah ini, kartunama.net akan menjabarkan beberapa manfaat dan fungsi kartu nama bagi bisnis.

Profil Diri

Fungsi pertama kartu nama adalah sebagai profil diri pemilik kartu yang menyampaikan dan menginformasikan identitas dari si pemilik kartu yang penting terkait status seseorang dalam pekerjaan yang akan disampaikan ke orang lain sebagai penerima kartu. Kartu nama berisi informasi penting dari pemilik kartu yang lengkap dan detail, namun disajikan secara singkat, seperti nama lengkap, jabatan, alamat email, nomor telepon, dan sebagainya.

Kartu nama juga bisa menjadi satu bukti ketika Anda sebagai pribadi atau membawa nama perusahaan ingin meyakinkan calon klien dan lain sebagainya. Hanya dari kartu nama, calon klien atau pelanggan akan dengan mudah mencari tahu kebenaran mengenai perusahaan yang tercantum.

Biasanya, kartu nama ini sering digunakan oleh orang atau perusahaan ketika ingin berkenalan dengan orang baru atau ketika ingin melakukan networking. Sehingga, Anda tidak perlu berkenalan secara detail, karena penerima kartu akan langsung mengetahui beberapa informasi penting mengenai diri Anda dan perusahaan, tanpa perlu menjabarkan satu per satu.

Personal Branding

Saat Anda bertemu dengan banyak orang di suatu pertemuan atau event, Anda pasti tidak akan bisa mengingat semua orang yang Anda temui, begitu juga orang lain. Karena itulah dengan memberikan kartu nama, Anda bisa menambah networking bisnis dengan mudah. Karena mereka yang menerima kartu nama Anda akan lebih mudah mengingat siapa Anda dan kemungkinan akan menghubungi Anda di kemudian hari semakin besar, terutama ketika mereka membutuhkan bisnis Anda.

Selain itu, kartu nama juga bisa menjadi salah satu tool yang membantu Anda melakukan personal branding secara eksklusif. Dengan kata lain, diri Anda dan nilai profesionalitas menjadi yang utama ketika memberikan kartu nama ke calon pelanggan ataupun rekan bisnis lainnya. Mereka akan lebih percaya dengan Anda dan perusahaan, sekaligus membantu Anda meningkatkan kredibilitas perusahaan. Namun, pastikan Anda memperkenalkan diri Anda secara singkat dan jelas saat ingin memberikan kartu nama.

Informasi Mengenai Bisnis

Dalam kartu nama, Anda bisa menampilkan berbagai informasi mengenai bisnis seperti nama perusahaan, logo perusahaan, alamat website, alamat kantor, dan profil singkat bisnis yang dijalankan. Sehingga, ketika orang membaca kartu nama Anda, mereka bisa langsung mengetahui tentang bisnis yang sedang Anda jalankan. Sehingga mereka tidak salah mengingatnya dan sewaktu-waktu bisa menghubungi Anda saat ingin bekerja sama.

Untuk pemilik kartu nama, tool bisnis satu ini bisa membantu meningkatkan  citra perusahaan dan juga kredibilitas bisnis. Sedangkan, untuk penerima kartu nama, mereka dapat dengan mudah mengetahui kebenaran perusahaan dan posisi Anda sebagai pemilik kartu nama, sehingga mereka bisa lebih percaya dan bisa menjalin kerja sama dengan bisnis Anda

Menunjukkan Profesionalitas

Orang dengan kartu nama bisa terlihat lebih profesional dibandingkan orang yang tidak memilikinya. Hal inilah kenapa budaya tukar kartu nama masih melekat di lingkungan bisnis. Namun, ketika membuatnya, pastikan juga Anda memerhatikan design kartu nama tersebut dan isi dari kartu nama itu sendiri. Anda harus membuat kartu nama yang menarik agar terlihat elegan namun tetap memerhatikan informasi didalamnya. Jika desain kartu nama Anda terlihat biasa-biasa saja, orang lain terkadang kurang memperhatikan dan malas menyimpannya.

Dengan kartu nama, Anda juga bisa memberikan gambaran jelas terhadap seseorang yang memiliki kartu nama. Hal inilah yang akan memberikan poin tambah bagi Anda sebagai profesional yang memiliki nilai dan value pekerjaan yang baik, sekaligus membuat perusahaan atau bisnis terlihat profesional.

Itulah beberapa fungsi kartu nama bagi Anda sebagai profesional maupun untuk perusahaan. Kesimpulannya, dengan memiliki kartu nama Anda bisa dengan mudah memperkenalkan perusahaan ke rekan bisnis maupun pelanggan, sekaligus bisa membantu perusahaan untuk dapat kepercayaan calon pelanggan maupun rekan bisnis.

Bagi Anda yang ingin membuat kartu nama, kini Anda bisa membuatnya dengan mudah dan cepat di kartunama.net. Di sini, Anda bisa membuat kartu nama dengan design yang sudah ada ataupun disesuaikan dengan kebutuhan bisnis. Hanya dengan RP17 ribu, Anda juga sudah bisa membuat kartu nama dengan kualitas terbaik, sehingga bisnis Anda pun akan terlihat lebih profesional. Jadi tunggu apalagi? Buat kartu nama bisnis Anda sekarang juga hanya di kartunama.net.