4 Kisah Sukses Pengusaha Muda yang Bisa Jadi Motivasi Bisnis

Banyak orang yang kini mulai melirik dunia usaha dan ingin memulai bisnisnya sendiri. Hal ini karena mereka menganggap dengan menmbangun usahanya sendiri, mereka bisa mendapatkan kesuksesan finansial yang lebih baik jika dibandingkan hanya menjadi karyawan di perusahaan.

Banyak kisah sukses pengusaha yang mulai dari nol dan melewati banyak tantangan di depannya sebelum mencapai kesuksesan. Inilah yang sering menjadi inspirasi bagi para pengusaha baru. Apakah Anda termasuk salah satu orang yang ingin membanting setir untuk mulai menjalankan bisnis? Di bawah ini adalah beberapa kisah sukses pengusaha muda yang bisa jadi motivasi sukses bagi Anda yang ingin mulai terjun di dunia bisnis.

Bob Sadino

Siapa yang tidak kenal dengan Bob Sadino? Pria yang lahir di Lampung pada 1939 lalu termasuk salah satu pengusaha sukses yang telah menghadapi banyak rintangan dalam menjalankan bisnisnya. Sebelum menjadi pengusaha sukses, Bob pernah menjadi karyawan selama 9 tahun, kemudian memutuskan untuk banting setir menjadi pengusaha.

Pertama kali memulai usaha, ia memilih untuk merintis bisnis penyewaan mobil dengan bermodalkan satu mobil Mercedes dan ia sendiri yang menjadi supirnya. Namun, tidak lama bisnis ini berjalan, ia mengalami kecelakaan yang menimpanya saat mengemudikan mobil yang disewakan itu. Hal ini membuat ia harus berhenti di tengah jalan.

Meski begitu, ia tidak patah semangat dan kembali beralih profesi menjadi buruh bangunan yang dibayar harian. Saat menjadi kuli itulah ia melihat peluang bisnis lain, yaitu ternak ayam dan telur ayam negeri.

Hanya dengan modal pinjaman tetangganya, Bob mulai menjalankan bisnis dari rumah ke rumah di wilayah sekitar tempat tinggalnya, dan menjual ke para ekspatriat di Kemang, Jakarta Selatan.

Bisnis itulah yang membuat ia berhasil mengembangkan sayap dengan menjual daging dan sayuran hidroponik, hingga akhirnya ia sukses mendirikan Kem-Chicks, supermarket ternama yang menjual berbagai produk peternakan dan pertanian. Meski sukses, ia tidak pernah lupa akan masa lalunya dan selalu tampil sederhana dan sering melayani pelanggannya sendiri.

Yasa Singgih

Yasa termasuk salah satu pengusaha sukses di usia muda. Meski terlahir dari keluarga biasa, pengusaha kelahiran 1995 ini pertama kali memutuskan untuk terjun ke dunia bisnis sejak berusia 15 tahun, setelah ayahnya terkena serangan jantung dan harus dioperasi. Pertama kali ia mencari uang sendiri, ia mencoba untuk menjadi pembawa acara di berbagai acara ulang tahun dan musik. Tidak hanya di situ, ia juga mulai menjalankan bisnis dengan menjual lampu hias. Namun bisnis ini tidak bertahan lama karena masalah pemasok

Di usia ke 16, Yasa beralih ke bisnis mode. Saat menjalankan bisnis ini pun ia sempat jatuh bangun dan diremehkan orang, hingga rugi ratusan juta rupiah dari berbagai bisnis. Namun, kini ia berhasil membangun brand pakaian sendiri dengan mengusung nama Mens Republic. Selain itu, ia juga mengelola usaha konsultasi manajemen bernama MS Consulting dalam bentuk kavling tanah di Bogor.

Gibran Rakabuming

Tidak ada yang tidak mengenal sesosok pengusaha muda satu ini. Hampir seluruh masyarakat Indonesia pasti mengenal nama ini. Sebagai salah satu anak dari Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, Gibran tidak pernah meminta bantuan sang ayah dalam menjalankan bisnisnya sendiri.

Meski sang ayah merupakan pengusaha mebel, Gibran lebih memilih untuk merintis usahanya sendiri tanpa campur tangan sang ayah. Kini, ia berhasil menjalankan bisnis di bidang catering dan wedding organizer dengan nama Chili Pari. Untuk memulai bisnis ini, ia pernah meminjam uangnya di Bank, meski sempat ditolak beberapa kali, akhirnya ia mendapatkan persetujuan dari salah satu bank dan dengan modal pinjaman tersebut ia pun memulai Chili Pari dengan melayani pesanan partai kecil. Selain Chili Pari, ia juga memiliki banyak bisnis lainnya di bidang kuliner seperti MARKOBAR, Pasta Buntel, Goola, Mangkok Ku, Kemripik, Ngedrink, dan Madhang Indonesia.

Nadiem Makarim

Bagi pengguna transportasi online pasti sudah tidak asing lagi dengan pendiri GoJek satu ini. Selain berhasil menyukseskan GoJek, Nadiem kini juga berhasil menunjukkan kemampuannya di pemerintah sebagai Menteri Pendidikan di Indonesia di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo.

Pria kelahiran tahun 1984 ini pernah menjalani pendidikan SMA di Singapura, pendidikan sarjana di International Relations di Brown University Amerika Serikat, serta pendidikan master di Harvard Business School. Dengan latar pendidikan inilah ia berhasil bekerja di perusahaan konsultan Mckinsey & Company, Managing Editor di Zalora Indonesia, terakhir sebagai Chief Innovation officer di Kartuku.

Tidak puas sampai di sana, Nadiem akhirnya mendirikan PT GoJek Indonesia, penyedia jasa transportasi ojek yang berkembang pesat setelah aplikasi ponselnya diluncurkan pada 2015. Ide bisnis ini ia dapatkan ketika melihat permasalahan utama pengendara ojek, yaitu tidak produktifnya tukang ojek karena kerap mangkal menunggu penumpang, karena adanya giliran dalam melayani penumpang. Dari situlah Nadiem menghasilkan inovasi yang mampu menghubungkan penumpang dan pengendara ojek sehingga bisa menerima order kapan saja di mana saja. 

Itulah kisah sukses pengusaha muda yang bisa Anda jadikan motivasi dalam menjalankan bisnis. Dengan adanya motivasi kisah sukses pengusaha muda inilah diharapkan Anda tidak patah semangat ketika mengalami kegagalan dalam berbisnis. Karena sesukses apapun pengusaha hari ini, ia pasti pernah mengalami kegagalan sebelumnya. Dengan kegagalan itulah mereka belajar menghadapinya dan mulai bangkit untuk terus mencapai kesuksesan hingga hari ini.

Bagi Anda yang ingin sukses seperti mereka, jangan lupa untuk memiliki tool bisnis yang harus Anda persiapkan sejak awal memulai bisnis yaitu kartu nama. Ada banyak keuntungan dan manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan memiliki kartu nama, mulai dari memperkenalkan diri Anda dan bisnis yang dijalankan, meningkatkan citra bisnis, meningkatkan kredibilitas usaha, dan masih banyak lagi.

Untuk itu, buat dan cetak kartu nama bisnis Anda sekarang juga di kartunama.net. Di sini, Anda bisa mencetak kartu nama dengan kualitas terbaik dan bisa disesuaikan dengan bisnis yang Anda jalankan. Anda juga bisa mencetak kartu nama mulai dari Rp17 ribu, sehingga sangat cocok bagi Anda yang baru memulai bisnis. Jadi tunggu apalagi? Cetak kartu nama bisnis Anda sekarang juga di kartunama.net.