6 Manfaat Website Perusahaan di Era Digital

Saat ini teknologi sudah di tahap berkembang dan bisa dinikmati oleh segala kalangan dan usia. Kemudahan dalam mendapatkan jaringan internet menjadi salah satu faktor pentung yang membuat teknologi digital semakin berkembang setiap harinya. Dengan adanya kemajuan teknologi digital ini bisnis Anda memiliki peluang untuk dikenal oleh masyarakat luas apabila Anda memanfaatkan teknologi digital tersebut. Selain inovasi yang kreatif, salah satu pintu paling depan untuk masuk menuju ke dunia digital yaitu melalui website perusahaan.

Maka, bisnis perlu untuk memiliki websitenya sendiri yang mana berguna sebagai jalan menuju inovasi ke dunia yang lebih digital. Dengan memiliki website, tentunya banyak manfaat yang akan Anda dapatkan nantinya. Berikut beberapa hal mengenai website, serta manfaat jika Anda memiliki website perusahaan sendiri.

Apa itu Website?

Masing-masing ahli memiliki pendapatnya mengenai website, ada yang berpendapat bahwa website adalah halaman yang berisi informasi yang disediakan melalui jalur internet sehingga dapat diakses oleh seluruh dunia. Ada juga yang berpendapat, website adalah alat komunikasi online yang membutuhkan internet untuk penyebarannya.

Apapun itu pendapatnya, pasti Anda sepakat bahwa sebuah website merupakan kumpulan halaman yang menampilkan berbagai macam informasi berupa teks, gambar diam atau gerak, animasi, suara, video, atau gabungan dari semuanya, baik bersifat statis maupun dinamis yang mana membentuk satu rangkaian bangunan yang saling terkait.

Secara terminologi, website merupakan kumpulan dari halaman-halaman situs yang biasanya terangkum dalam sebuah domain atau subdomain, yang tempatnya ada di dalam World Wide Web atau disingkat WWW di internet.

Manfaat Website Untuk bisnis

Ada banyak manfaat yang Anda dapat jika memiliki sebuah website, yaitu:

1. Menjadi media informasi lengkap

Biasanya, di dalam sebuah website tidak terlepas dari company profile atau profil bisnis. Dengan memiliki website, Anda tidak perlu menjelaskan secara lisan ke banyak orang mengenai bisnis. Namun, Anda hanya perlu mengarahkan mereka ke website, dengan begitu pengunjung website Anda akan menemukan informasi lengkap mengenai bisnis Anda, mulai dari produk yang dijual, lokasi, visi misi, hingga sejarah bisnis Anda.

2. Mempermudah menjual produk atau jasa

Website juga bisa menjadi sarana untuk mempromosikan sekaligus menjual produk atau jasa Anda secara langsung. Dengan memiliki website e-commerce sendiri, tentu akan memungkinkan pengunjung untuk langsung membeli produk atau jasa Anda kapanpun secara online.

3. Meningkatkan kualitas layanan bisnis

Pelanggan adalah hal penting bagi bisnis. Dengan memiliki website, tentu memudahkan pekerjaan customer service untuk mendapatkan data pelanggan dan meningkatkan kualitas pelayanannya. Dalam website, biasanya memiliki beberapa fitur seperti form, live chat, dan lainnya, yang mana hal tersebut akan memudahkan pekerjaan customer service bisnis, guna untuk melayani konsumen Anda lebih baik lagi. Selain dapat meningkatkan kualitas pelayanan, sebuah website juga berdampak untuk mendongkrak product buying, repeat order, product recommendations, income bisnis, juga konsumen akan menilai produk dengan baik, karena adanya kemudahan yang diberikan oleh bisnis melalui website perusahaan.

4. Menjaring banyak pelanggan dengan jangkauan lebih luas

Banyak kemudahan yang diberikan oleh website, seperti kemudahan mencari informasi bisnis. Yang mana, dengan kemudahan akses tersebut merupakan salah satu strategi pemasaran untuk menjaring banyak pelanggan dengan jangkauan yang lebih luas. Bahkan, bukan hanya pelanggan saja yang akan didapatkan, namun tidak menutup kemungkinan Anda juga akan menjaring calon partner yang dapat menguntungkan bisnis Anda, atau partner yang dapat Anda ajak kerja sama nantinya.

5. Meningkatkan visibilitas dan kredibilitas bisnis

Memiliki website perusahaan sendiri artinya Anda akan mudah ditemukan oleh seluruh orang di dunia. Dengan memiliki website, tentu akan menjadi bukti bahwa bisnis ada, nyata dan terpercaya. Ditambah, jika Anda melakukan pencarian di Google dan website Anda muncul, maka otomatis kepercayaan konsumen terhadap bisnis Anda juga semakin meningkat. Oleh karena itu, memiliki website saat ini menjadi hal penting guna untuk meningkatkan kredibilitas bisnis Anda.

Baca Juga: Pentingnya Event untuk Promosi Bisnis yang Lebih Efektif

6. Sebagai media promosi bisnis

Selain menggunakan media sosial, Anda juga dapat mempromosikan dan memasarkan produk Anda melalui website. Meskipun promosi di media cetak atau media penyiaran juga dibutuhkan, namun promosi melalui internet, terutama website merupakan media paling efektif untuk saat ini. Selain dapat menjangkau pasar yang luas, mempromosikan produk melalui website juga memiliki biaya yang relatif lebih murah. Tidak berhenti disitu saja untuk mempromosikan bisnis. Namun, Anda juga dapat mempromosikan bisnis dengan kartu nama yang dapat Anda berikan secara langsung di acara atau pertemuan bisnis, ataupun Anda selipkan di saat Anda mengirimkan produk ke konsumen.

Baca Juga: 5 Hal yang Diperhatikan Rekan Bisnis Saat Menerima Kartu Nama

Kini, membuat kartu nama dapat dilakukan secara online melalui website, sehingga Anda tidak perlu khawatir ketika Anda kehabisan kartu nama. Dengan kartunama.net, Anda dapat memilih desain kartu nama yang sesuai keinginan, atau Anda bisa membawa desain kartu nama Anda sendiri. Lakukan promosi bisnis dengan maksimal dengan membuat kartu nama bisnis Anda sekarang juga hanya di kartunama.net.