4 Strategi Bisnis untuk Bantu Bisnis Bangkit di Era New Normal

Saat ini pemerintah sedang mempersiapkan kebijakan new normal demi mempertahankan ekonomi di Indonesia. Di mana, menurut Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Susiwijono Moegiarso melalui Detik.com, menyampaikan bahwa Indonesia perlu menerapkan tatanan normal baru atau era new normal. Hal ini tidak lain untuk mengurangi risiko terdampak pandemi yang terjadi pada bisnis yang secara tidak langsung berdampak pada karyawan.

Untuk mendongkrak ekonomi Indonesia yang terus menurut karena adanya pandemi covid-19 ini, pemerintah merencanakan untuk kembali membuka sembilan sektor yang akan membantu Indonesia kembali bangkit seperti pertambangan, perminyakan, industri, konstruksi, perkebunan, pertanian dan peternakan, perikanan, logistik, dan transportasi barang. Nah, jika bisnis Anda saat ini sempat berhenti dan kurang produktif karena adanya pandemi ini, Anda bisa mulai kembali menyusun strategi bisnis di era new normal agar bisnis bisa segera bangkit.

Persiapkan SDM

Hingga 2 Juni 2020 kemarin, Kementerian Koordinator Perekonomian, Bambang Adi Winarso melaporkan bahwa terdapat sekitar 2,05 juta orang tenaga kerja terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) dampak Covid-19, angka ini diperkirakan akan bertambah hingga 5,23 juta. Untuk mempersiapkan era new normal, strategi bisnis yang juga harus kamu persiapkan adalah SDM. Seperti yang sudah sama-sama kita ketahui, SDM ataupun karyawan merupakan salah satu aset terbesar bagi perusahaan dan bisnis.

Tanpa adanya karyawan, Anda akan sulit untuk bangkit dan berkembang di era normal ini. Jadi, pastikan Anda kembali merekrut karyawan yang dirumahkan dan berikan mereka training agar bisa membantu bisnis Anda tetap bertahan. Mintalah karyawan yang memiliki skill untuk berpikir dan memberikan saran tentang strategi apa yang bisa dilakukan bisnis untuk tetap bertahan di era new normal hingga masa pandemi selesai.

Strategi Marketing

Hal kedua yang harus kamu perhatikan adalah strategi marketing. Di mana, marketing menjadi tombak yang akan membantu bisnis untuk bertahan dan dikenal banyak orang. Di era new normal seperti saat ini pasti market dan pasar di Indonesia akan berubah cukup besar jika dibandingkan saat pandemi belum terjadi. Meski bisnis Anda akan mulai dibuka kembali dan bisa melakukan aktivitas bisnis, ada banyak hal yang harus Anda perhatikan. Misalnya saja, jika dulu Anda bisa melakukan event marketing dan kini Anda hanya bisa melakukan semuanya secara online ataupun online event.

Jadi, sebelum menjalankan aktivitas bisnis di era new normal, pastikan Anda melakukan riset terhadap market Anda, mulai dari kebiasaan baru target audience, apa saja yang biasa mereka lakukan selama pandemi, berapa besar uang yang bisa mereka keluarkan selama pandemi, apa saja kebutuhan mereka, dan sebagainya. Dengan melakukan riset inilah, Anda bisa membuat strategi marketing dengan tepat.

Baca Juga: 5 Strategi Marketing yang Membantu Bisnis Bertahan di Tengah Pandemi

Promosi Bisnis

Selama pandemi berlangsung, banyak bisnis yang terkena dampaknya, misalnya saja bisnis food and beverages ataupun restoran. Di mana, mereka dilarang untuk melayani pelanggan yang makan di tempat dan hanya boleh melayani pesan antar ataupun take away. Hal inilah yang membuat Anda harus memutar otak untuk membuat promosi bisnis yang sesuai dengan keadaan di era new normal.

Di mana, meski bisnis sudah mulai dibuka, pemerintah juga tetap membatasi orang untuk melakukan makan di tempat dan tetap melarang untuk berkumpul tanpa jaga jarak. Jadi, pastikan strategi promosi yang akan kamu lakukan juga sesuai. Misalnya saja, Anda membuat promosi khusus delivery atau promosi beli 10 products sama dengan membantu menyumbang APD untuk tenaga kerja medis, dan sebagainya. Promosi CSR atau Corporate Social Responsibility kini menjadi salah satu promosi yang tepat dan mungkin bisa jadi salah satu strategi promosi bagi bisnis Anda.

Baca Juga: 4 Prediksi Bisnis Berkembang Usai Pandemi Covid-19

Lakukan Inovasi Produk

Di era new normal ini kebutuhan orang-orang kemungkinan akan berbeda jika dibandingkan dengan era sebelum pandemi covid-19 masuk ke Indonesia. Di mana, semua orang kini peduli dengan kesehatan dan juga kebersihan. Jadi, bagi Anda yang kini sedang menjalankan bisnis dan sedang mempersiapkan era new normal, pastikan Anda mulai berpikir dan melakukan inovasi produk yang akan Anda jual. Selain untuk terus mengikuti keadaan masa new normal, ini juga menjadi salah satu cara Anda untuk menarik pelanggan baru bagi bisnis Anda.

Untuk melakukan inovasi, bukan hanya inovasi produk, tapi Anda juga bisa mulai berinovasi dari segi layanan. Misalnya saja, di era new normal ini Anda mulai memerhatikan kesehatan pelanggan dengan menggunakan stiker atau checklist kesehatan. Ini akan sangat membantu Anda untuk mengambil kepercayaan pelanggan. Untuk memberikan checklist ke pelanggan, Anda bisa memanfaatkan card preparation yang berisi bahwa barang ataupun produk yang dipesan pelanggan telah memenuhi protokol kesehatan seperti seluruh karyawan hingga kurir yang mengantar telah melakukan cek suhu dan menggunakan masker serta hand sanitizer. Sehingga, pelanggan tidak perlu khawatir akan pesanan produk yang mereka beli.

Itulah beberapa strategi bisnis yang bisa Anda lakukan untuk mempersiapkan bisnis kembali bangkit di era new normal. Selain strategi di atas, Anda juga bisa mulai mencetak kartu nama bisnis kembali untuk mempersiapkan era new normal dengan lebih baik. Untuk mencetak kartu nama bisnis, Anda tidak perlu keluar dari rumah ataupun pergi ke percetakan. Karena dengan kartunama.net, Anda bisa membuat dan mencetak kartu nama kapan dan di mana saja.

Hanya dengan 2 jam, kartu nama Anda sudah siap dikirim ke lokasi yang telah Anda tentukan. Selain itu, di kartunama.net, Anda juga bisa memilih desain template kartu nama yang bisa disesuaikan dengan bisnis Anda. Hal ini tentu sangat membantu bagi bisnis yang sampai hari ini belum memiliki desain kartu nama. Jadi, tunggu apalagi? Buat kartu nama Anda sekarang juga di kartunama.net.