5 Langkah Melakukan Pengembangan Bisnis dengan Tepat

5 Langkah Melakukan Pengembangan Bisnis dengan Tepat

Siapa yang tidak menginginkan untuk memiliki bisnis yang terus menunjukkan perkembangan dari waktu ke waktu. Setiap pebisnis pasti memiliki harapan yang sama yaitu bisa melakukan pengembangan bisnis dan mempertahankan pasarnya tanpa batas waktu. Namun, ternyata melakukan pengembangan bisnis ini tidaklah mudah. Tidak semua pebisnis berhasil mencapai tahap ini, bahkan ada juga yang justru mengalami kebangkrutan di usia bisnisnya yang terbilang masih muda. 

Menurut SBA atau Small Business Association, terdapat 30% bisnis baru gagal di tahun keduanya sedangkan 50% gagal di tahun kelima, dan sekitar 66% gagal di tahun ke 10 pertama. Hanya tersisa 25% yang berhasil memiliki umur 15 tahun ke atas. Ada banyak faktor yang menyebabkan kegagalan bisnis atau sulitnya mengembangkan bisnis itu sendiri, salah satunya tidak fokus pada bisnis itu sendiri dan banyaknya tugas yang harus diselesaikan sendiri. Agar hal ini tidak terjadi pada bisnis Anda, di bawah ini kartunama.net akan memberikan beberapa tips dan langkah yang harus Anda ambil ketika ingin mengembngkan bisnis.

Tentukan Fokus dan Karakteristik Bisnis

Banyak bisnis yang akhirnya mengalami kebangkrutan atau kerugian karena tidak fokus menjalankan bisnis itu sendiri. Karena itulah, sebelum memulai bisnis ada baiknya Anda mulai menentukan fokus bisnis Anda terlebih dulu. Karena ini menjadi faktor penting yang memengaruhi segala elemen yang ada selama Anda membangun bisnis tersebut.

Cobalah mulai tentukan kepada siapa Anda memberikan value brand, kebutuhan yang bisa dipenuhi brand, bagaimana cara menyampaikan value tersebut kepada audiens, dan sebagainya. Setelah itu semua Anda tentukan, cobalah perlahan fokus menciptakan karakteristik brand dengan memperlakukan brand atau bisnis Anda selayaknya manusia. Mulai dari seperti apa penampilannya, karakter seperti apa yang membuat target audiens Anda tertarik dengannya,  dan masih banyak lagi. Hal inilah yang membantu Anda menentukan brand voice perusahaan di media sosial atau media lainnya yang Anda miliki. 

Kenali Pesaing dengan Benar

Ketika Anda menjalankan bisnis, hindari untuk menjadikan pesaing Anda sebagai pesaing dalam bisnis. Tapi cobalah jadikan mereka sebagai salah satu media Anda untuk berkembang. Bagaimana caranya? Cobalah mempelajari kompetitor dengan baik, sehingga Anda bisa belajar banyak dari apa yang telah mereka lakukan. Misalnya, apa nilai jual pesaing Anda, apa kekurangan mereka, bagaimana mereka melakukan promosi, apa saja yang mereka lakukan untuk mempertahankan pasar, apa inovasi yang mereka lakukan, dan masih banyak lagi yang bisa Anda pelajari. Dengan begitu, Anda bisa melakukan strategi yang lebih matang dan bisa lebih berkembang dibanding mereka. Inilah yang dinamakan persaingan sehat dalam berbisnis.

Lakukan Promosi dengan Tepat

Promosi menjadi salah satu kunci utama yang harus Anda perhatikan ketika ingin mengembangkan bisnis. Bukan hanya ketika Anda baru mulai berbisnis atau ketika Anda ingin memperkenalkan produk baru, promosi harus tetap Anda lakukan kapan pun, baik saat mulai berbisnis, 2 tahun setelah bisnis berjalan, bahkan hingga puluhan tahun bisnis itu bertahan, Anda tetap harus melakukan promosi.

Baca Juga: Tips Mengembangkan Bisnis Butik dengan Mudah di 2020

Selain itu, hindari untuk melakukan promosi dengan gencar ketika awal pembukaan bisnis saja, tapi lakukan secara konsisten secara terus-menerus untuk mempertahankan pelanggan lama dan menarik pelanggan baru. Ada banyak cara yang bisa dilakukan ketika berpromosi, mulai dari memanfaatkan media offline maupun media online. Setidaknya, di era digital seperti saat ini, bisnis harus memiliki akun social media yang berfungsi untuk berbagi informasi berupa content yang menarik untuk dikonsumsi target audiens

Anda juga bisa memanfaatkan cara promosi klasik namun tetap berpengaruh besar terhadap bisnis yaitu menyebarkan kartu nama bisnis ke calon pelanggan, rekan kerja, dan orang yang berkepentingan lainnya. Selain sebagai media promosi, kartu nama ini juga bisa membantu Anda mengembangkan bisnis, terutama ketika Anda akan melakukan networking ke calon rekan kerja dan mengajak mereka bekerja sama untuk mengembangkan bisnis. Selain itu, kartu nama ini juga bisa membantu Anda terlihat profesional, sehingga calon rekan kerja akan melihat bahwa bisnis Anda memiliki citra positif dan kredibilitas tinggi. Hal ini tentu menghapus berbagai keraguan mereka untuk tidak bekerja sama dengan bisnis Anda.

Baca Juga: Cetak Kartu Nama Hemat Hanya Rp17 Ribuan

Jaga Hubungan Baik dengan Pelanggan Maupun Rekan Bisnis

Tidak ada bisnis yang bisa berjalan sendiri tanpa bantuan orang lain, seperti pelanggan maupun rekan bisnis. Tanpa adanya pelanggan, bisnis Anda tidak akan menerima pendapatan, sehingga jika dibiarkan secara terus menerus tentu akan membuat bisnis Anda mengalami kebangkrutan. Selain itu, tanpa adanya rekan bisnis pun Anda akan sulit berkembang. Karena, dengan berkolaborasi dengan rekan bisnis lainnya, Anda bisa bekerja sama untuk mengembangkan bisnis secara bersamaan.

Misalnya, Anda membutuhkan supplier untuk menyuplai kebutuhan bisnis, atau Anda butuh investor yang bisa membantu Anda menyuntikan dana agar bisnis bisa berkembang. Jadi, pastikan Anda melakukan berbagai macam cara untuk menjaga hubungan baik kepada kedua orang tersebut, karena merekalah yang secara tidak langsung bisa membantu Anda mengembangkan bisnis.

Lakukan Evaluasi Kinerja Secara Rutin

Bukan hanya membuat strategi untuk mengembangkan bisnis. Setelah menjalankan strategi tersebut, pastikan juga Anda melakukan evaluasi untuk menilai hasil dari strategi bisnis yang telah diterapkan di lapangan. Baik buruknya hasil evaluasi tergantung kerja keras serta kondisi dalam dan luar perusahaan. Jika hasil yang didapatkan kurang baik atau tidak berhasil, jangan pantang menyerah. Teruslah untuk membuat strategi baru yang diterima pasar dan bisa membantu Anda berkembang.

Namun, jika hasil evaluasinya baik dan membuat bisnis Anda bisa berkembang secara konsisten, jangan pernah puas terhadap hasil. Pertahankan apa yang sudah Anda raih dengan terus melakukan inovasi baru. Perhatikan juga tren yang sedang terjadi, sehingga membuat Anda lebih mudah untuk menentukan strategi baru untuk terus berkembang.

Itulah kelima langkah dan cara yang  bisa Anda lakukan untuk mengembangkan bisnis. Dengan melakukan langkah-langkah di atas, diharapkan Anda bisa mengembangkan bisnis dan mempertahankan pasar hingga puluhan bahkan ratusan tahun kemudian.

0 responses