Tips Mengembangkan Bisnis Butik dengan Mudah di 2020

Butik menjadi salah satu bisnis fashion yang banyak diincar oleh fashion designer. Di mana, dengan membuat butik, seorang fashion designer bisa menjalankan hobinya sekaligus bisa mendapatkan keuntungan dari memulai bisnis. Nah, dalam memulai bisnis ini pun seorang fashion designer tidak membutuhkan modal yang besar, dan bisa memulai bisnis dari menjual produk fashion ke kerabat dekat, rekan kerja, teman kuliah, dan sebagainya, sebelum Anda mulai membuka butik sendiri.

Dari sinilah Anda bisa belajar dan mengetahui beberapa hal yang harus diperhatikan ketika Anda membuka butik, mulai dari spesifikasi produk, layanan pelanggan, tren fashion, dan sebagainya. Lalu sudah tahukah Anda perbedaan butik dan bisnis fashion lainnya?

Apa itu Butik?

Butik berbeda dengan bisnis fashion lainnya. Di mana, bisnis fashion memiliki model yang unik dan hanya ada 2 hingga 3 style yang sama. Berdasarkan kamus KBBI, butik merupakan toko pakaian eksklusif yang menjual pakaian modern beserta segala kelengkapannya (terutama untuk wanita), tentunya sesuai dengan model yang sedang tren. Bisnis ini biasanya digeluti oleh fashion desainer sebagai tempat menjual produk rancangannya, sehingga style tidak sama dengan yang ada di pasaran. Selain menjual baju, butik biasanya juga menjual aksesoris sebagai pelengkap seperti handbag, sepatu, aksesoris, dan masih banyak lagi.

Karena didesain secara eksklusif, fashion yang dijual di butik memiliki harga yang relatif lebih mahal.

Baca Juga: 5 Tips Mempertahankan Bisnis Fashion di Tengah Krisis Pandemi

Tips Mengembangkan Bisnis Butik

Nah, bagi Anda yang ingin menjalankan bisnis butik dan ingin bisnis ini terus berkembang dan menjadi besar. Di bawah ini adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan.

1. Jenis Butik

Sebelum memulai bisnis, cobalah fokus pada jenis butik yang ingin Anda jalankan. Dengan begitu, Anda bisa menentukan jenis baju atau fashion apa yang akan Anda buat. Apakah dress dengan tema nasionalis, baju batik, baju pengantin, dan sebagainya. Pastikan Anda memilih jenis butik yang banyak dicari oleh banyak orang dan memiliki ciri khas yang membedakan butik Anda dengan butik lainnya. Sehingga, calon pelanggan bisa lebih mudah mengenal dan mengingat butik yang Anda miliki.

2. Pemilihan Lokasi

Lokasi menjadi salah satu hal penting yang harus Anda perhatikan ketika ingin membuka bisnis, terutama butik. Biasanya, pelanggan butik adalah orang menengah ke atas yang memiliki pendapatan di atas rata-rata. Jadi, cobalah pilih lokasi yang strategis dan ramai, misalnya di pinggir jalan atau bisa juga menyewa tempat di pusat perbelanjaan jika Anda memiliki modal yang besar. Ketika ingin memilih lokasi bisnis, ada baiknya Anda meninjau terlebih dulu kondisi lingkungan yang baik atau tidak. Jangan sampai Anda membuka bisnis di perkampungan yang notabene orang sekitar memiliki pekerjaan dengan penghasilan rendah.

3. Mode Pakaian

Ketika memulai bisnis butik dan Anda adalah salah seorang fashion designer, maka hal wajib yang harus Anda lakukan adalah mengikuti tren yang sedang berlangsung. Jadi, pastikan Anda membuat pakaian sesuai mode yang sedang tren. Misalnya, ketika Anda memilih mode pakaian dengan tema vintage, maka pastikan Anda melakukan modifikasi sesuai dengan tren saat ini. Atau ketika Anda ingin menciptakan tren baru tanpa memodifikasi, ini tentu lebih baik, namun pastikan Anda menyesuaikan dengan tren dan juga sesuai interest dari target audience. Jangan lupa uga perhatikan tingkat kenyamanan dari pelanggan. 

4. Miliki Ciri Khas

Seperti yang sudah sama-sama kita ketahui, bisnis butik hanya membuat produk fashion dalam jumlah terbatas, maksimal 3 untuk produk atau model yang sama. Jadi, pastikan Anda membuat desain pakaian yang belum dimiliki butik lainnya. Ciptakan ciri khas mode tertentu dalam produk yang akan Anda jual, sehingga pelanggan bisa dengan mudah mengenali baju atau produk fashion yang butik Anda buat. Semakin memiliki ciri khas, semakin besar peluang butik Anda diingat dan dikenal pasar.

5. Buat Versi Online

Di era digital seperti sekarang, selain update tren Anda juga harus memanfaatkan media digital untuk menjalankan bisnis, baik untuk berjualan ataupun mempromosikan bisnis. Ada banyak media digital yang bisa Anda manfaatkan mulai dari membuat website toko online dari  butik, memanfaatkan media sosial, hingga memanfaatkan jasa endorser untuk mempromosikan bisnis secara online. Dengan memanfaatkan media sosial, bisnis Anda bisa dijangkau dan diakses pelanggan ataupun calon pelanggan 24/7 hari. Namun, pastikan Anda memiliki admin untuk membantu Anda menjawab dan membantu pelanggan melalui online. Dengan begitu, bisnis butik Anda memiliki kredibilitas tinggi di mata pelanggan atau calon pelanggan.

Baca Juga: Peluang Bisnis Online yang Bisa Hasilkan Keuntungan di Masa Pandemi

6. Berani Hadapi Persaingan

Persaingan bisnis butik kini semakin ketat, sehingga sebagai pemilik bisnis Anda harus berani dan kreatif mungkin dalam membuat dan menawarkan produk kepada pelanggan. Buatlah desain se-unik dan kreatif mungkin, dan teruslah berinovasi dengan mengikuti tren yang ada. Di mana, semakin unik dan kreatif produk yang Anda jual, maka semakin mudah Anda menarik calon pelanggan untuk mencoba membeli produk fashion di butik Anda.

Selain itu, pastikan juga Anda memberikan layanan yang memuaskan, sehingga pelanggan lebih percaya terhadap bisnis Anda. Karena kualitas produk tidaklah cukup tanpa Anda memerhatikan layanan yang Anda berikan. 

7. Manfaatkan Event Fashion

Event fashion menjadi salah satu kesempatan besar bagi Anda yang ingin mempromosikan produk fashion ke khalayak umum. Di mana, event ini menjadi salah satu ajang bergengsi bagi para fashion designer dan pemilik bisnis butik untuk memperkenalkan produk fashionnya. Biasanya, untuk bisa masuk ke event fashion, Anda harus memiliki produk yang unik dan kreatif, dan belum dimiliki oleh brand butik lainnya.

Baca Juga: Pentingnya Event untuk Promosi Bisnis yang Lebih Efektif

Dengan memanfaatkan event fashion, produk Anda juga berkesempatan untuk digunakan langsung oleh model ternama. Ini bisa menjadi salah satu tempat yang tepat untuk Anda mulai mempromosikan bisnis fashion dengan baik. Ketika Anda berhasil masuk ke dalam event ini berarti Anda telah berhasil membuat produk fashion terbaik. Jadi manfaatkan momen ini untuk berpromosi dengan tepat, salah satunya jangan lupa untuk membawa kartu nama.

Kenapa? Karena di event fashion Anda akan bertemu banyak calon pelanggan potensial, investor, hingga orang penting lainnya yang bisa menambah networking bisnis Anda sekaligus bisa membantu Anda mengambangkan bisnis.

Untuk membuat kartu nama dengan kualitas terbaik, Anda bisa memanfaatkan kartunama.net. Di mana, dengan kartunama.net, Anda bisa membuat kartu nama yang disesuaikan dengan industri bisnis Anda seperti fashion, dan mencetaknya dengan mudah. Tanpa harus keluar rumah atau kantor, kartu nama bisnis Anda siap diantar hanya dalam waktu maksimal 2 jam. Jadi tunggu apalagi? Buat kartu nama bisnis Anda sekarang juga di kartunama.net!