4 Poin yang Harus Dipersiapkan Sebelum Membuat Event Marketing

Event marketing merupakan salah satu jenis promosi yang membantu perusahaan menyampaikan pesan dengan mengajak customer dan potential customer untuk terlibat. Sebagai jenis promosi, event marketing harus bisa memiliki pengaruh (impact) serta memberikan kesan mendalam kepada setiap orang yang hadir, sehingga pelanggan maupun calon pelanggan bisa mendapatkan pengalaman yang menyenangkan tersebut.

Untuk memberikan pengalaman yang baik kepada audience sekaligus mencapai tujuan bisnis, sebuah event harus dipersiapkan dengan baik dan juga matang. Di bawah ini, kartunama.net akan menjabarkan beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membuat event marketing.

Baca Juga: Pentingnya Event untuk Promosi Bisnis yang Lebih Efektif

Tentukan Tujuan & Rencanakan Event

Hal pertama yang harus Anda perhatikan ketika ingin membuat event adalah menentukan tujuan event, apakah untuk menjual produk, memperkenalkan produk baru, atau hanya sekedar membangun jaringan? Apapun tujuan event, pastikan Anda menentukannya di awal sebelum merencanakan event. Setelah mengetahui tujuan, Anda akan lebih mudah dalam merencanakan event. Mulai dari jenis event apa yang ingin diselenggarakan, siapa target audience yang diharapkan datang ke event, tema yang akan diangkat, dan sebagainya.

Tentukan Target yang Ingin Dicapai

Selain menentukan tujuan event, Anda juga harus menentukan target apa saja yang ingin Anda capai dalam sebuah event. Ada banyak target yang bisa Anda buat, misalnya ketika tujuan event Anda adalah penjualan, Anda bisa menentukan target berapa besar pendapatan yang harus Anda dapatkan selama event. Atau ketika tujuan event adalah brand awareness, Anda bisa membuat target dalam bentuk berapa banyak pengunjung yang datang dan mencoba produk yang Anda pasarkan selama event.

Persiapkan Tim yang Dapat Diandalkan

Agar event marketing bisa berjalan dengan baik dan sesuai dengan tujuan yang telah dibuat di awal, hal selanjutnya yang harus dipersiapkan adalah sebuah tim yang bisa diandalkan. Tanpa adanya tim yang solid dan dapat diandalkan, konsep event yang telah Anda buat tidak akan bisa berjalan dengan lancar. Jadi, pastikan, sebelum memulai event, cobalah persiapkan tim yang bisa diandalkan. Cari dan temukan tim yang bisa diajak kerja sama dengan baik dan diandalkan, karena event membutuhkan banyak tenaga dan tim dalam berbagai sesi acara.

Tentukan Alat Promosi yang Digunakan

Dalam menjalankan event marketing, ada beberapa tools atau alat promosi yang bisa digunakan untuk menarik pelanggan. Di mana, dengan tools inilah calon pengunjung dapat melihat gambaran tentang menarik dan serunya event yang dibuat. Selain itu, pengunjung juga bisa mengetahui apa saja yang bisa mereka dapatkan selama event tersebut. Ada beberapa alat promosi yang bisa Anda gunakan, misalnya banner, poster, flyer, brosur, direction signs, dan media promosi lainnya. Jadi, pastikan Anda membuat desain alat promosi yang menarik. Setelah menentukan alat promosi, pastikan juga Anda memerhatikan desain dan juga susunan acara ataupun sesi yang akan ada di event tersebut. 

Persiapkan Tempat untuk Menyimpan Kartu Nama

Event merupakan salah satu tempat yang dimanfaatkan beberapa pengusaha maupun bisnis untuk menjalin networking dengan pengusaha atau bisnis lainnya. Tidak semua pengunjung yang datang ke event hanyalah audience, tapi bisa juga seorang investor, supplier, reseller, distributor, maupun orang pemerintahan.  Jadi, pastikan Anda mempersiapkan tempat khusus kartu nama di depan meja tamu saat event berlangsung. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan kartu nama dari pengusaha lainnya dan bisa Anda gunakan untuk menjalin kerja sama di kemudian hari.

Baca Juga: Tips & Poin yang Perlu Diperhatikan Ketika Membuat Kartu Nama Online

Selain mendapatkan kartu nama, pastikan juga Anda menyiapkan kartu nama untuk diberikan kepada calon pelanggan atau klien potensial selama event berlangsung. Sehingga, bukan hanya Anda yang mendapatkan kartu nama mereka, namun Anda bisa menjalin networking di lokasi tersebut secara langsung tanpa harus menunggu event tersebut selesai.

Untuk membuat kartu nama dengan mudah dan cepat, Anda bisa memanfaatkan platform kartunama.net. Hanya dengan 2 jam, Anda bisa membuat dan mencetak kartu nama dengan mudah, kapan dan di mana saja. Selain itu, melalui kartunama.net, Anda juga bisa memilih desain kartu nama yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan maupun industri bisnis yang Anda jalankan. Segera buat kartu nama bisnis Anda sekarang juga di kartunama.net sekarang!