4 Prediksi Bisnis Berkembang Usai Pandemi Covid-19

https://blog.kartunama.net/perhatikan-materi-desain-kartu-nama/

Banyak orang yang bertanya-tanya tentang kapan pandemi covid-19 berakhir di Indonesia maupun seluruh negara lainnya? Sudah banyak orang yang mengeluh dan berharap pandemi ini cepat berakhir dan kegiatan bisa berjalan normal seperti sedia kala. Seperti yang sudah sama-sama kita ketahui, pandemi covid-19 memiliki dampak yang cukup besar bagi kehidupan, mulai dari kesehatan hingga perekonomian. Belum lagi banyaknya bisnis berkembang mulai dari UKM hingga bisnis besar tutup akibat menurunnya pendapatan perusahaan, hal ini berdampak pada kasus PHK yang semakin hari jumlahnya semakin besar dan sudah tidak terhitung lagi.

Baca Juga: Tips Menjalankan Bisnis Berkembang di Tengah Pandemi Covid-19

Namun, ada banyak ahli yang memprediksi, pandemi ini akan segera berakhir di sekitar akhir bulan Mei hingga awal Juni, sehingga masyarakat bisa memulai aktivitas secara normal seperti sedia kala mulai bulan Juli. Salah satu yang memprediksi berakhirnya virus covid-19 di Indonesia adalah Guru Besar Fakultas Kesehatan Masyarakat dari Universitas Indonesia, Hasbullah Thabrany memprediksi bahwa kasus corona di Indonesia bisa selesai pada Mei 2020. Namun, hal ini bisa terjadi jika masyarakat bisa disiplin dan terus mematuhi himbauan pemerintah untuk menjaga jarak dan tidak ada kontak tatap muka.

Lalu, apa saja yang akan terjadi di dunia bisnis ketika pandemi covid-19 ini berakhir? Apakah bisnis akan dapat langsung bangkit dan berjalan seperti sebelumnya? Atau bahkan bisnis akan sulit untuk memulai bisnis dari nol? Di bawah ini adalah beberapa prediksi dunia bisnis setelah virus covid-19 hilang.

Bisnis Pariwisata & Perhotelan Kembali Ramai

Setelah berbulan-bulan diminta untuk tetap di rumah dan melakukan pembatasan sosial, masyarakat Indonesia diprediksi akan kembali memenuhi tempat wisata setelah pandemi ini selesai. Hal ini juga disampaikan oleh Presiden Joko Widodo, di mana beliau memprediksi bahwa di Tahun 2021 atau setelah pandemi ini selesai, sektor pariwisata akan kembali booming dan diserbu banyak wisatawan lokal maupun internasional. Joko Widodo menyampaikan bahwa masyarakat pasti ingin keluar dari rumah dan menikmati keindahan dan pariwisata di daerah pada akhir tahun atau awal tahun, juga bertemu dengan saudara maupun teman-teman. 

Sehingga, bagi Anda yang kini menjalankan bisnis pariwisata dan perhotelan jangan pernah untuk pesimis, cobalah untuk mempersiapkan strategi dengan matang mulailah bersiap diri untuk hadapi lonjakan pelanggan ataupun bisnis setelah pandemi ini selesai.

Bisnis Restoran Akan Kembali Dipenuhi Pelanggan

Bisnis restoran ataupun kuliner menjadi salah satu bisnis yang terdampak pandemi virus covid-19 ini. Di mana, setiap orang dilarang untuk makan di tempat dan hanya melayani takeaway ataupun delivery order. Belum lagi banyak orang yang menjadi khawatir tertular virus covid ketika membeli makanan di luar dan memutuskan untuk memasak sendiri di rumah. Ini tentu sangat merugikan pemilik bisnis. Bahkan ada beberapa bisnis restoran atau kuliner yang melakukan PHK ataupun merumahkan sebagian atau seluruh karyawannya.

Namun, setelah pandemi covid 19 ini usai, bisnis inilah yang akan kembali maju dan booming di Indonesia. Di mana, banyak masyarakat yang mulai rindu untuk bertemu teman-temannya untuk sekedar makan dan mengobrol, ataupun mengajak keluarganya makan di restoran untuk menghibur anak-anak. Hal ini terlihat ketika beberapa minggu lalu viral seorang netizen yang memparodikan karyawan di 2 restoran yang seolah mereka sedang melayani pembeli. Jadi, bagi Anda pemilik bisnis restoran, food and beverages, maupun kuliner lainnya, pastikan Anda sudah memikirkan strategi-strategi apa yang akan Anda lakukan setelah pandemi ini selesai.

Event Kembali Diselenggarakan & Kembali Ramai

Banyak orang yang menunda untuk menikah, ada juga beberapa event yang sudah direncanakan jauh-jauh hari batal. Pandemi ini menjadi salah satu mimpi buruk bagi perusahaan ataupun pemilik bisnis di bidang event organizer, wedding organizer, dan sebagainya. Namun, percaya atau tidak setelah pandemi ini usai masyarakat akan rindu hiburan, perkumpulan, dan juga pertemuan. Hal ini tentu membuat bisnis ini berkembang kembali berjaya dan ditunggu-tunggu oleh masyarakat Indonesia. Selain menjalankan rencana yang ditunda akibat covid-19, bersiaplah juga untuk mengadakan event-event kreatif lain yang bisa mengobati rasa rindu masyarakat di Indonesia.

Industri Kreatif Akan Kembali Berinovasi

Industri kreatif juga menjadi korban adanya pandemi virus corona ini, mulai dari periklanan, perfilman, fotografi, arsitek, musik, dan masih banyak lagi. Berdasarkan informasi yang dikutip dari Detik Finance pada 3 Mei 2020, Chand Parwez Servia, Produser film di Indonesia mengatakan bahwa situasi pandemi ini sangat mempengaruhi industri perfilman di Indonesia. Di mana, bioskop di sejumlah wilayah terpaksa harus tutup setelah adanya larangan aktivitas di luar rumah untuk memutus mata rantai penyebaran virus. Pada tahun 2020, ia memprediksi sedikitnya 60 juta penonton film Indonesia di bioskop dan diharapkan film Indonesia bisa meningkat dari tahun sebelumnya. Namun, kenyataannya justru tidak, sejak adanya pandemi ini dari awal Januari 2020, mereka baru mencapai angka kurang dari 20%.

Meski begitu, bisnis di industri kreatif ini menjadi salah satu bisnis berkembang yang bisa kembali booming dengan cepat dan ditunggu-tunggu banyak orang. Seperti yang sudah sama-sama kita ketahui, banyak orang yang mulai bosan di rumah dan membutuhkan hiburan lainnya. Inilah peluang besar bagi bisnis di industri kreatif untuk memikirkan strategi dan inovasi baru yang bisa membuat masyarakat Indonesia tertarik dan juga menunggu-nunggu hari itu tiba.

Itulah beberapa prediksi bisnis berkembang yang mungkin akan terjadi setelah pandemi covid-19 berakhir di Indonesia. Apakah Anda termasuk orang yang sudah tidak sabar masalah ini usai dan bisa menjalankan kegiatan normal seperti sebelumnya. Pasti jawabannya iya. Nah, bagi Anda yang ingin mempersiapkan ini dengan matang, jangan lupa juga untuk mencetak kartu nama yang bisa Anda berikan setelah pandemi usai. Ini akan sangat bermanfaat terutama ketika Anda ingin menjalankan promosi secara efektif secara langsung kepada calon pelanggan.

Untuk membuat dan mencetak kartu nama, Anda bisa lakukan sekarang juga secara online melalui kartunama.net. Di mana, dengan kartunama.net, Anda bisa memilih desain sesuai dengan bisnis Anda sekaligus mencetak kartu nama dengan kualitas terbaik. Jadi tunggu apalagi? Persiapkan strategi bisnis berkembang Anda dengan matang dan tetap optimis pandemi ini akan segera usai, serta jangan lupa untuk cetak kartu nama bisnis Anda sekarang juga di kartunama.net!

0 responses