Cara Tepat Bertukar Kartu Nama di Era Pandemi

Di tengah pandemi seperti saat ini mungkin Anda akan sulit melakukan networking secara offline dan bertemu langsung dengan rekan bisnis atau pelanggan. Meski begitu, Anda tetap masih bisa bernetworking secara online melalui aplikasi chat atau video meeting seperti Google Meet atau Zoom Meeting. Jika biasanya saat bernetworking langsung Anda bisa bertukar kartu nama, lalu bagaimana ketika Anda hanya bisa melakukan networking secara online seperti sekarang? Bagaimana cara bertukar kartu nama yang baik dan tepat di masa pandemi?

Bertukar Kartu Nama Digital

Di era pandemi seperti saat ini Anda akan sulit bertukar kartu nama secara langsung. Meski begitu, Anda tetap bisa bertukar kartu nama digital ke calon rekan bisnis atau calon pelanggan. Anda bisa mengirimkannya lewat email atau ketika sedang melakukan meeting online. Dengan memberikan kartu nama digital, Anda maupun penerima kartu nama tidak perlu lagi menyimpan banyak kartu nama, tapi Anda bisa tetap mencarinya di email ataupun aplikasi yang Anda gunakan. 

Lakukan Follow Up di Tempat

Ketika Anda telah menerima kartu nama, misalnya saat meeting online. Cobalah untuk memperlihatkan ketertarikan Anda kepada si pemberi kartu nama untuk menunjukkan bahwa Anda menghargai dan menerima informasi yang didapatkan dari kartu nama tersebut. Anda bisa coba memberi komentar tentang informasi bisnis didalamnya, memasukkan informasi ke dalam address book, dan sebagainya.

Jika bertemu langsung, Anda juga bisa memperlihatkan ketertarikan Anda dengan memegang kartu nama tersebut dan meletakkannya di atas meja atau menyimpannya di tempat kartu nama yang Anda miliki. Ini membantu Anda mengingat nama lawan bicara serta menunjukkan bahwa Anda tertarik dengan mereka.

Prioritaskan Atasan

Ketika Anda melakukan pertemuan dengan partner bisnis dalam kondisi berkelompok atau tim, pastikan urutan penawaran kartu nama sesuai dengan urutan jabatan. Anda bisa memberikan kartu nama pertama kali ke orang dengan jabatan tertinggi, setelah itu baru diikuti dengan para bawahannya. Ini penting untuk menunjukkan siapa yang berhak membuat keputusan dalam pertemuan tersebut.

Selain itu, sebagai tuan rumah atau orang yang mengundang pertemuan tersebut, maka ada baiknya Anda menawarkan kartu nama terlebih dahulu. Begitu juga ketika jabatan Anda lebih rendah dari orang yang Anda temui. Ini bisa jadi salah satu cara menunjukkan rasa hormat pada lawan bicara.

Baca Juga: Food Preparation Card Gratis untuk Berjuang Bersama di Tengah Pandemi Covid-19

Berikan Ketika Ada Pesanan Online

Ketika pandemi seperti sekarang Anda tidak mungkin memberikan kartu nama secara langsung atau menitipkan kartu nama di meja kasir atau meja resepsionis bukan? Karena itulah cara bertukar kartu nama di masa pandemi seperti sekarang, Anda bisa menyisipkannya langsung di dalam pesanan online yang dilakukan pelanggan. Dengan begitu, pelanggan bisa dengan mudah mengingat bisnis Anda dan bisa menghubungi Anda kembali untuk melakukan repeat order di kemudian hari.

Baca Juga: Pentingnya Kartu Nama untuk Bisnis Online di Tengah Pandemi Covid 19

Selain memudahkan mereka menghubungi Anda, ini juga bisa jadi salah satu media promosi bagi Anda, misalnya dengan memberikan QR Code dalam kartu nama yang mempermudahkan pelanggan ketika ingin melihat produk apa saja yang Anda jual atau melihat layanan yang bisa Anda berikan.

Itulah beberapa cara bertukar kartu nama yang tepat di era pandemi. Jadi, meski pandemi masih berlangsung tidak ada alasan lagi untuk tidak membuat dan mencetak kartu nama ya. Namun, pastikan juga untuk mencetak kartu nama dengan kualitas terbaik.

Kini Anda bisa dengan mudah mencetak kartu nama kapan dan di mana saja secara online lewat platform kartunama.net. Selain itu, Anda juga bisa membuat desain kartu nama yang bisa disesuaikan dengan bisnis yang Anda jalankan. Setelah membuatnya, Anda bisa mendownload softcopy kartu nama tersebut dan bisa Anda gunakan saat melakukan meeting online. 

Meski sudah di-download, Anda tetap bisa mencetaknya hanya dalam waktu 2 jam dan kartu nama yang Anda buat siap dikirim ke lokasi yang dituju. Jadi, Anda bisa menggunakan kartu nama ini jadi multifungsi, bisa dikirimkan lewat online melalui email atau aplikasi digital lainnya, atau bisa Anda berikan dengan menyelipkan di pesanan pelanggan Anda. Jadi tunggu apalagi? Buat dan cetak kartu nama Anda sekarang juga di kartunama.net!