6 Tips Membuat Design Kartu Nama Elegan untuk Bisnis

6 Tips Membuat Design Kartu Nama Elegan untuk Bisnis

Kartu nama merupakan salah satu tool bisnis yang bisa membantu Anda dalam melakukan networking bisnis. Bukan hanya perusahaan besar saja yang membutuhkan kartu nama, Anda yang memiliki bisnis kecil atau Anda yang sedang melakukan pekerjaan formal atau freelancer juga membutuhkan kartu nama. Jika zaman dahulu design kartu nama terlihat biasa dan standar.

Di era modern seperti saat ini, kartu nama tidak lagi memiliki desain standar yang kaku dan formal. Anda bisa dengan mudahnya mengkreasikan kartu nama dengan design yang unik, kreatif, dan juga tetap elegan. Di bawah ini adalah ide dan tips design kartu nama elegan yang bisa Anda terapkan sesuai kebutuhan.

1. Pilih Warna Hitam atau Putih yang Mendominasi

Source: www.tantrauripblog.files.wordpress.com

Bagi Anda yang ingin memiliki desain kartu nama elegan dan tetap profesional, Anda bisa memilih latar belakang kartu nama berwarna hitam. Meski begitu, pastikan tulisan dan informasi yang Anda tulis didalamnya bisa dibaca dengan jelas oleh siapapun orang yang menerima kartu nama. Anda bisa mengombinasikan warna hitam pada background dengan tulisan berwarna terang untuk menciptakan kontras warna yang tegas. 

Jika warna hitam tidak terlalu cocok dengan bisnis dan branding, Anda bisa memilih dominasi warna putih yang bisa memberikan kesan rapih. Namun, Anda juga harus pastikan mengatur kata-kata dan informasi yang harus kreatif. Jika tidak didesain dengan tepat, dominasi warna putih pada kartu nama bisa memberikan kesan yang kaku.

2. Gunakan Pola yang Simpel

Source: ballaid.com

Bagi Anda yang memiliki bisnis dan bekerja di industri kreatif, tentu Anda harus memperlihatkan sisi profesional sekaligus kreativitas lewat kartu nama. Jangan sampai Anda sebagai orang kreatif justru membuat kartu nama yang formal dan terkesan kaku. Hal ini tentu membuat calon pelanggan kurang yakin dengan tingkat kreativitas Anda sebagai perusahaan ataupun profesional. Untuk membuat kartu nama terlihat kreatif dan tetap profesional, Anda bisa menggunakan pola dan elemen simpel di dalam kartu nama. Sehingga, kartu nama yang Anda buat lebih clean dan juga tetap elegan. 

3. Menggunakan Teknik Laser Cut atau Printing Emboss

Kartu Nama laser Cut

Source: bestceocard.com

Laser cut adalah proses pemotongan material menggunakan teknologi laser. Dengan teknologi ini, Anda bisa menghasilkan kartu nama dengan kualitas tinggi dan dimensi yang akurat. Dengan menggunakan teknologi ini untuk desain kartu nama, Anda bisa berkreasi secara lebih luas dan kreatif.  Selain laser cut, Anda juga bisa menggunakan teknik emboss printing, yaitu proses finishing yang memberikan efek timbul pada permukaan kertas yang digunakan pada kartu nama. Bukan hanya tulisan yang bisa di-emboss, Anda juga bisa melakukan teknik emboss pada pattern tertentu yang menjadi ciri khas perusahaan. 

Nah, dengan menggunakan kedua desain dengan teknik ini juga bisa memakan biaya yang lebih mahal daripada kartu nama konvensional. Meski begitu, setelah mencetak kartu nama ini, bukan hanya mendapatkan kesan elegan, perusahaan Anda juga bisa terlihat lebih berkelas.

Baca Juga: Jenis Kertas untuk Cetak Kartu Nama Bisnis Berkualitas

4. Pilih Warna Terang atau Pastel

Kartu Nama Warna Terang

Source: vallet.id

Warna terang dan warna pastel kini sedang tren digunakan untuk desain kartu nama. Jika bisnis Anda memiliki kesan ceria, Anda bisa menggunakan desain yang colorful dengan menggunakan warna cerah. Di mana, desain ini juga bisa membuatnya berkelas dan elegan. Sedangkan, jika bisnis Anda tidak cocok dengan desain warna terang, Anda bisa menggunakan warna pastel yang bisa memberikan kesan simpel namun tetap elegan. Anda juga bisa menambahkan kesan berkelas dengan warna emas atau rose gold yang juga sedang jadi tren. 

5. Gunakan Desain Minimalis Vs Tipografi

Source: mockuphunt.co

Untuk desain kartu nama, kamu bisa memilih desain minmalis atau menggunakan tipografi. Meski minimalis, pastikan kartu nama bisnis Anda tetap harus informatif, sehingga penerima kartu nama bisa lebih mudah mengingat identitas bisnis Anda. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan desain tipografi yang merupakan seni cetak atau tata huruf yang memanfaatkan ruang tertentu. Namun, pastikan desain tersebut mudah dibaca dan dipahami oleh orang lain. Jangan sampai kartu nama Anda kreatif dan memiliki desain yang elegan, namun pembaca kartu nama justru tidak memahami informasi didalamnya dan sulit untuk dibaca.  

6. Gunakan Visual Menarik Sebagai Identitas Bisnis

Source: template.net

Untuk memberikan kesan kreatif dan elegan, Anda juga bisa memilih desain visual dengan menambahkan elemen profesi atau bisnis Anda. Misalnya, Anda baker atau sedang menjalankan bisnis roti, maka Anda  bisa menambahkan elemen roti atau kue. Atau ketika bisnis Anda adalah makeup artist, Anda bisa menambahkan unsure make up di kartu nama. Dengan begitu, penerima kartu lama langsung memahami bisnis apa yang Anda jalankan, juga mempermudah memudahkan orang mencari Anda ketika membutuhkan jasa atau bisnis Anda.

Selain itu, jika bisnis Anda sudah dikenal banyak orang, Anda bisa menambahkan logo pada kartu nama. Sehingga, bisnis Anda bisa lebih mudah mengenali bisnis Anda hanya dengan melihat logo. Sedangkan, Anda sebagai pebisnis sudah dikenal banyak orang, tanda tangan Anda juga bisa memberikan nilai aesthetic dan menambah sisi elegan dan juga semakin berkelas.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk mendapatkan design kartu nama elegan. Dengan kartu nama yang elegan, Anda bisa dengan mudah meningkatkan kredibilitas bisnis, sekaligus bisnis Anda lebih terlihat profesional dan berkelas. Jadi, sudah siap membuat design kartu nama elegan untuk bisnis? Kini Anda bisa membuat kartu nama dengan elegan dan berkelas lebih mudah di kartunama.net.

Baca Juga: Contoh Kartu Nama Sesuai Kebutuhan Masing-Masing

Di sini, Anda bisa memilih template yang sudah ada ataupun melakukan custom kartu nama sesuai dengan keinginan dan kebutuhan perusahaan Anda. Selain itu, di kartunama.net, Anda juga bisa membuat dan mencetaknya lebih mudah, dari mana dan kapan saja mulai dari Rp17 ribuan. Selain itu, Anda juga tidak perlu khawatir masalah kualitas. Karena, kartunama.net menjamin kartu nama yang sampai di tangan Anda adalah kartu nama dengan kualitas terbaik. Jadi tunggu apalagi? Cetak kartu nama Anda sekarang juga di kartunama.net.

0 responses