8 Contoh Kartu Nama Sesuai Kebutuhan

5 Contoh Kartu Nama Sesuai Kebutuhan Masing-Masing

Kartu nama menjadi kebutuhan sekaligus tool penting ketika menjalankan suatu bisnis. Dengan memiliki kartu nama, bisnis bisa lebih mudah melakukan marketing dan promosi, baik untuk pelanggan, supplier, vendor, investor, dan sebagainya. Bukan hanya terbatas pada bisnis besar, bisnis kecil pun penting untuk memiliki kartu nama. Selain tidak membutuhkan biaya yang besar, tool marketing satu ini juga bisa memberikan dampak yang cukup besar bagi bisnis, seperti meningkatkan brand awareness, kepercayaan pelanggan, hingga meningkatkan profesionalitas bisnis. Lalu siapa saja yang membutuhkan kartu nama? Di bawah ini adalah beberapa bisnis yang membutuhkan kartu nama dan peran kartu nama dalam bisnis tersebut.

Orang Pribadi

Contoh design kartu nama untuk pribadi
Source: www.youtube.com/channel/UCuw835ygY9jSDnVZnvXjShA

Ketika menjalankan bisnis sendiri sebagai seorang freelance, kartu nama menjadi hal penting untuk melakukan personal branding. Menurut Mcnally, personal branding bisa membantu memengaruhi kepercayaan orang untuk bekerja sama atau berinteraksi dengan Anda. Hal inilah yang membuat kartu nama juga dibutuhkan oleh orang pribadi sebagai freelancer.

Baca Juga: Peran Kartu Nama untuk Meningkatkan Personal Branding bagi Freelancer

Selain sebagai freelancer, kartu nama juga dibutuhkan oleh orang pribadi di dalam perusahaan, terutama bagi divisi yang pekerjaannya keluar kantor dan menjalin kerja sama bisnis, seperti tim marketing dan sales. Dengan memberikan kartu nama ke tim terkait, perusahaan akan lebih memiliki kepercayaan dan kredibilitas perusahaan pun akan ikut meningkat.

Kartu Nama Bisnis Restoran

Contoh design kartu nama untuk restoran
Source: www.otakatikide.com

Memiliki kartu nama menjadi salah satu cara membangun brand dalam bisnis restoran. Di mana, di dalam kartu nama, Anda tidak hanya memajang logo dan nama bisnis, tapi juga berbagai informasi penting yang dapat mempermudah calon pelanggan menghubungi bisnis Anda ketika dibutuhkan, mulai dari nomor kontak, alamat, dan sebagainya.

Baca Juga: 6 Cara Membangun Brand Restoran dengan Sukses

Bukan hanya itu, Anda juga bisa menambahkan QR Code yang ketika di-scan bisa menampilkan berbagai menu yang Anda jual. Hal ini tentu mempermudah calon pelanggan untuk mengecek menu dan harga yang Anda miliki. Sehingga, mereka bisa memilih menu sebelum memesannya.

Kartu nama untuk bisnis restoran bisa Anda berikan kepada setiap pengunjung restoran ataupun ke pelanggan yang melakukan pesan antar atau home delivery, sehingga mereka akan mengingat brand Anda, bahkan bisa menjadi pelanggan yang loyal.

Kartu Nama Bisnis Catering

Contoh design kartu nama untuk katering
Source: www.miudesain.files.wordpress.com

Bisnis katering biasanya dilakukan dengan sistem berlangganan, baik mingguan bahkan bulanan. Sama dengan bisnis restoran yang membutuhkan kartu nama untuk promosi. Bisnis katering juga butuh kartu nama untuk mempromosikan bisnisnya. Anda bisa memberikan kartu nama untuk setiap pelanggan yang telah melakukan pemesanan katering, sehingga mereka bisa melakukan repeat order atau pesanan ulang di kemudian hari.

Pastikan, kartu nama yang Anda berikan adalah kartu nama dengan desain yang menarik dan juga memiliki informasi lengkap. Sehingga, pelanggan bisa dengan mudah menghubungi bisnis Anda di kemudian hari untuk melakukan repeat order atau pemesanan dalam jumlah yang banyak ketika sedang ada acara besar.

Kartu Nama untuk Bayi

Contoh design kartu nama untuk bayi
Source: www.nusagates.com

Tidak hanya orang dewasa yang telah bekerja, bayi kini juga bisa memiliki kartu nama. Umumnya, kartu nama ini dibuat ketika bayi baru lahir dan telah diberikan nama. Di mana, kartu nama bayi ini biasanya dibagikan kepada tetangga atau saudara terdekat untuk mempermudah mereka mengingat nama bayi tersebut. Biasanya, kartu nama ini diberikan ketika pemberkatan atau acara selamatan bayi baru lahir. Untuk informasinya pun biasanya tidak terlalu lengkap, biasanya hanya nama lengkap, nama panggilan, nama orang tua, dan juga tanggal lahir.

Kartu Nama Pemilu

Contoh design kartu nama untuk pemilu
Source: www.percetakan-independent.com

Pada akhir tahun 2020, Indonesia akan melakukan PILKADA atau Pemilihan Kepala Desa serempak. Sebelum masa kampanye dibuka banyak calon kepala desa mempersiapkan banyak hal untuk mendapatkan dukungan dari masyarakat. Ada banyak cara yang biasa dilakukan, mulai dari membuat spanduk, brosur, dan juga kartu nama. Dengan kartu nama, kepala desa bisa mempromosikan dirinya dengan mudah kepada calon pendukungnya.

Jika Anda masuk ke dalam salah satu calon kepala desa atau menjadi tim suksesnya, pastikan Anda membuat kartu nama untuk memperkenalkan diri Anda atau calon Anda ke masyarakat luas. Hal ini akan mempermudah mereka mengenal atau memberikan saran dan masukan kepada tim sukses, yang tentunya bisa membangun kepercayaan masyarakat kepada calon kepala desa tersebut.

Kartu Nama Bengkel Las

Contoh design kartu nama untuk bengkel las
https://www.sribu.com/en/members/azhoeck

Bengkel las juga menjadi salah satu bisnis yang membutuhkan kartu nama. Di mana, calon pelanggan biasanya akan langsung menghubungi bengkel ketika mereka membutuhkan produk las ataupun jasa las. Selain itu, bisnis ini juga termasuk bisnis yang biasanya dibutuhkan seseorang dalam jangka waktu lama.

Misalnya, hari ini pelanggan membeli kanopi atau pagar untuk di rumah, kemungkinan mereka membutuhkan jasa bengkel las kembali setelah beberapa tahun kebelakang. Baik untuk memperbaiki atau membeli jasa lainnya. Hal inilah yang membuat kartu nama sangat dibutuhkan oleh bisnis bengkel las. Jika Anda memiliki bengkel las, pastikan Anda memiliki kartu nama yang mencerminkan bisnis.

Selain itu, memberikan kartu nama ke pelanggan juga membuat Anda tidak perlu khawatir kehilangan pelanggan di kemudian hari. Karena, dengan kartu nama, mereka akan lebih mudah menghubungi Anda di kemudian hari ketika mereka membutuhkan jasa Anda. Hal ini tentu membuat pelanggan menjadi setia dengan bisnis Anda. Namun, pastikan Anda memberikan kualitas dan layanan terbaik agar mereka akan datang kembali menghubungi bisnis Anda.

Kartu Nama Travel

Contoh Kartu Nama Travel
http://www.printaholic.co.id/

Tidak semua orang bisa langsung memercayakan waktu liburannya dengan sembarang travel. Biasanya, mereka akan melakukan riset terlebih dulu sebelum memutuskan untuk menggunakan jasa tour travel. Bukan hanya itu, ketika mereka sudah puas dan cocok dengan jasa dan layanan yang diberikan tour travel, mereka juga tidak akan mudah berpindah ke lain hati atau ke bisnis travel lainnya.

Untuk menarik pelanggan, Anda bisa menyebar dan memberikan kartu nama ke calon pelanggan potensial. Di mana, dengan kartu nama inilah mereka bisa menghubungi Anda secara langsung dan menanyakan segala hal yang mereka ingin ketahui. Selain itu, dengan memberikan kartu nama dan pelanggan puas dengan jasa Anda, mereka akan dengan senang hati menghubungi kembali bisnis Anda dan memercayakan liburan mereka kepada bisnis Anda.

Jangan lupa juga buat kartu nama dengan tampilan yang menarik dan membuat mereka ingin menggunakan jasa Anda. Pastikan juga Anda menuliskan situs website atau social media yang dimiliki untuk mempermudah calon pelanggan melihat portofolio tour travel Anda.

Kartu Nama Rental Mobil

Contoh Kartu Nama Bisnis Rental Mobil
Source: n2rentcar-pku.blogspot.com

Bisnis rental mobil kini semakin banyak peminatnya, terutama di daerah wisata. Selain harga yang murah, biasanya calon pelanggan memilih rental mobil yang memberikan kualitas mobil terbaik. Nah, bagi Anda yang ingin mendapatkan pelanggan dengan mudah, Anda bisa menyimpan kartu nama atau brosur ke kantor tour travel atau tour agent. Biasanya, mereka ataupun pelanggan mereka membutuhkan rental mobil untuk disewakan selama berlibur.

Jadi, pastikan kamu memiliki kartu nama yang bisa membantu calon pelanggan menghubungi bisnis Anda dengan mudah. Pastikan juga Anda memberikan kartu nama ke pelanggan potensial. Selain tour travel, Anda juga bisa membagikan kartu nama ke mahasiswa, sekolah-sekolah, hingga ke hotel tempat wisatawan menginap.

Itulah beberapa orang dan lembaga yang membutuhkan kartu nama untuk mempromosikan dirinya kepada masyarakat dan target audience. Dengan memiliki kartu nama, Anda akan dengan mudah melakukan branding baik personal branding maupun business branding. Anda juga bisa lebih mudah meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap apa yang Anda promosikan.

Untuk membuat kartu nama dengan mudah dan dengan kualitas terbaik, Anda bisa membuatnya dengan mudah melalui kartunama.net. Di sini, Anda akan menemukan desain kartu nama yang bisa Anda sesuaikan dengan industri dan kebutuhan bisnis Anda. Selain itu, kartunama.net juga menjamin seluruh hasil cetak yang akan Anda terima adalah kartu nama dengan kualitas terbaik. Jadi tunggu apalagi? Cetak segera kartu nama Anda sekarang juga di kartunama.net.

0 responses