10+ Jenis Marketing Tools yang Wajib Dimiliki Bisnis

Di era digital saat ini banyak teknologi yang membantu Anda dalam mempromosikan sebuah bisnis, salah satunya marketing tools yang membantu tim marketing dan sales dalam mempromosikan sebuah produk maupun jasa. Marketing tools bukan hanya tentang iklan dan media sosial saja, namun ada banyak jenis-jenis marketing tools yang dapat digunakan untuk meningkatkan penjualan bisnis Anda.

Marketing tools adalah teknik dan bahan yang digunakan untuk mempromosikan atau menjual barang dan jasa. Banyak pebisnis besar yang menjual produk atau jasa mereka menggunakan marketing tools. Berikut beberapa jenis marketing tools yang perlu Anda miliki untuk memasarkan bisnis Anda.

Website

Dengan memiliki dan memaksimalkan penggunaan website, Anda dapat menjual dan mempromosikan bisnis dengan baik. Di sini, Anda bisa menuliskan konten terkait produk yang dijual, harga, testimoni, maupun blog yang memanfaatkan Search Engine Optimization (SEO).

Baca Juga: 6 Manfaat Website Bagi Perusahaan di Era Digital

Dalam mengelola website sendiri, Anda bisa memonitor perkembangan website melalui Google Analytic untuk mengetahui berapa banyak seperti kunjungan (traffic) dan konversi pengunjung. Jika Anda dapat memanfaatkan marketing tools dan mengerti fitur-fitur di dalamnya dengan baik, maka bisnis dan produk Anda akan memiliki kenaikan penjualan setiap harinya.

Kartu Nama

Salah satu marketing tools yang mendukung Anda sebagai bisnis yang profesional, yaitu kartu nama. Mungkin kini penggunaan kartu nama sudah mulai jarang karena tergeser oleh media lain yang lebih sederhana, namun ternyata kartu nama ini masih menjadi marketing tools yang menyimpan banyak potensi untuk meningkatkan citra bisnis Anda.

Dengan penggunaan kartu nama juga Anda bisa meningkatkan profesionalitas bisnis, terutama ketika sedang berada dalam event ataupun meeting dengan calon klien atau rekan kerja. Memberikan kartu nama bisa jadi salah satu alat promosi yang efektif meski di era digital seperti sekarang.

Dalam memberikannya pun Anda harus memerhatikan kualitas dan informasi dari kartu nama itu sendiri. Pastikan Anda membuat kartu nama bisnis di kartunama.net yang bisa menjamin seluruh informasi penting tertulis dengan kualitas terbaiknya. Melalui kartunama.net, Anda juga bisa membuat kartu nama kapan dan di mana saja, tanpa harus mengganggu aktivitas bisnis. Selain itu, banyak pilihan desain kartu nama yang bisa dicetak sesuai keinginan Anda, atau Anda bisa membawa desain kartu nama Anda sendiri. Buat kartu nama bisnis Anda sekarang juga hanya di kartunama.net.

Baca Juga: Kartunama.net Hadir di Tokopedia untuk Kemudahan Pelanggannya!

Spanduk

Selembar kain yang biasanya berisikan promosi suatu usaha yang sering Anda temui disebut juga spanduk. Biasanya spanduk ini ditempatkan di depan toko, juga pinggir jalan. Spanduk menjadi marketing tools yang cukup komersial untuk menarik konsumen baru, terutama jika diletakkan di jalan sekitar lokasi bisnis. Misalnya, ketika Anda mempromosikan bisnis properti di kota Bogor, maka Anda bisa memasang spanduk di jalan menuju lokasi properti tersebut. Ini akan membantu pengguna jalan ataupun target audience Anda menuju lokasi dan melihat properti yang dijual.

Brosur

Brosur merupakan sebuah selebaran yang bisa digunakan untuk Anda yang ingin memasarkan bisnis secara offline. Dengan hanya selembar kertas yang berisikan promosi dan gambar yang menarik, Anda dapat memengaruhi konsumen untuk mendatangi bahkan membeli produk atau jasa yang Anda tawarkan. Biasanya, marketing tools ini digunakan ketika Anda sedang menghadiri pameran bisnis dan diberikan ke seluruh pengunjung. Sehingga, Anda bisa dengan mudah menarik pengunjung untuk datang ke lokasi Anda dan melakukan pembelian di tempat.

Billboard

Billboard adalah sebuah papan promosi yang sering Anda temui di jalan yang berisi iklan produk, bisnis atau usaha lainnya. Billboard ini biasanya diletakkan di tempat ramai, padat lalu lintas, jalan tol, dan di tempat-tempat tinggi sehingga cukup efektif untuk membuat pengendara melihat isi iklannya.

Untuk menggunakan marketing tool ini, Anda harus mengocek biaya yang cukup besar, dan biasanya ratusan juta hingga miliaran rupiah. Jadi, ketika Anda ingin memasang billboard pastikan Anda memilih jalan-jalan ramai dan sering dilewati banyak orang, sehingga biaya yang Anda keluarkan tidak sia-sia dan bisa memberikan konversi bagi bisnis.

Social Media

Dengan menggunakan media sosial sebagai marketing tools, bukan hanya untuk media promosi saja. Kini, media sosial ramai digunakan pebisnis karena memiliki banyak keuntungannya. Dengan media sosial, Anda dapat menarik pasar potensial, membangun kredibilitas, membangun relasi, bahkan berinteraksi dengan konsumen Anda.

Ada banyak jenis media sosial yang bisa Anda gunakan, mulai dari Facebook, Instagram, Twitter, LinkedIn, dan masih banyak lagi. Anda bisa memilih sesuai kebutuhan bisnis dan juga target market yang ingin Anda tuju. Misalnya, ketika bisnis Anda memiliki target market remaja, maka Anda bisa memanfaatkan Instagram, sedangkan jika target market Anda adalah profesional, cobalah gunakan LinkedIn, dan sebagainya.

Iklan Televisi dan Surat Kabar

Iklan televisi dan surat kabar memiliki bentuk promosi yang berbeda. Biasanya, televisi menampilkan efek dramatis yang mengagumkan dalam beberapa detik, bahkan mampu menghipnotis penonton untuk membeli produk yang baru saja mereka lihat di iklan televisi. Sedangkan iklan surat kabar/koran, biasanya menampilkan iklan dalam bentuk tulisan kreatif yang mampu menggerakkan pembaca koran untuk mencoba bisnis atau produk yang sedang dipromosikan.

Video Marketing

Video marketing merupakan alat yang dapat digunakan untuk mempromosikan sebuah bisnis yang kini cukup populer dan banyak yang memanfaatkan tools ini. Video marketing ini bisa Anda gunakan untuk memperkenalkan semua bisnis Anda yang dibuat dalam bentuk video blog, video website, juga video YouTube.

Email Marketing

Bukan hanya dimanfaatkan untuk berkomunikasi saja, namun email juga dapat dimanfaatkan untuk menjadi alat promosi yang cukup efektif. Oleh karena itu, segeralah Anda mengumpulkan daftar email potensial yang dapat dihubungi untuk memperkenalkan bisnis yang sedang Anda jalani. Selain itu, email ini bisa Anda gunakan untuk mempromosikan bisnis.

Kini untuk menjaring pelanggan baru dan membangun relasi baik dengan pelanggan secara sekaligus melalui email lebih mudah karena adanya tools email marketing yaitu Mailchimp. Dengan menggunakan Mailchimp, Anda dapat mengirim ratusan bahkan ribuan email secara otomatis secara gratis.

Company Profile

Ketika Anda mendekati calon konsumen, sebaiknya Anda sudah menyiapkan company profile yang sudah dicetak, lalu berikan company profile tersebut ke calon konsumen. Hal ini dikarenakan, company profile juga marketing tools yang wajib Anda miliki. Biasanya company profile berisi informasi penting untuk membantu promosi sebuah bisnis, seperti mengenai layanan yang diberikan kepada konsumen, ataupun produk-produk yang Anda jual.

Merchandise

Sebuah merchandise adalah salah satu marketing tools yang bisa digunakan untuk menarik calon konsumen dengan cara memberikan merchandise tersebut. Memberikan merchandise, dapat meningkatkan brand awareness oleh calon konsumen Anda nantinya. Merchandise ini bisa Anda berikan cuma-cuma saat ada pameran atau bisa juga dibagikan sebagai hadiah giveaway melalui social media. Dengan memberikan merchandise inilah, Anda bisa mendapatkan exposure secara gratis dari setiap merchandise yang digunakan. Jadi, pastikan Anda memilih merchandise yang berguna dan tidak terkesan terlalu jualan. Misalnya, memberikan tote bag yang kini dibutuhkan untuk belanja ke supermarket.

Itulah beberapa marketing tools yang dapat Anda gunakan untuk memasarkan bisnis lebih luas lagi. Jadi, marketing tools mana yang akan Anda gunakan?